fbpx

info@dailyhoney.co.id

100+ Fakta Unik dan Menarik Tentang Lebah Madu

100+ Fakta Unik dan Menarik Tentang Lebah Madu

100+ Fakta Unik dan Menarik Tentang Lebah MaduLebah adalah hewan kecil yang termasuk ke dalam suku/famili Apidae (serangga  bersayap selaput) dan biasa dikenal karena menghasilkan madu. Madu merupakan cairan manis alami yang disekresikan oleh lebah dengan bantuan enzim dari bahan nektar bunga tanaman. Kebanyakan lebah hidup secara berkelompok dan membuat sarang dengan sistem sosialnya yang kompleks.

apis mellifera
Gambar. Lebah madu jenis Apis mellifera yang banyak dibudidayakan manusia (shutterstock.com)

Dan tahukah kamu?

Lebah merupakan salah satu hewan yang paling banyak diteliti, dipelajari dan ditulis oleh manusia. Setiap penelitian yang dilakukan, selalu memberikan kita sesuatu yang baru untuk diketahui, baik itu tentang lebah maupun madu, yang mana bukan tidak mungkin dapat berpengaruh terhadap aspek kehidupan manusia.

Lalu, apa saja fakta yang sudah kita ketahui tentang lebah madu sejauh ini?

Berikut ini adalah 100+ fakta menarik tentang lebah dan madu yang berhasil dailyhoney himpun dari berbagai sumber terpercaya (pastinya!).

Apa sajakah itu? Mari kita simak daftar berikut ini.

Fakta tentang lebah dan koloni

  1. Seekor lebah tunggal hanya memiliki berat 0.00025 pound. 4.000 lebah bersama-sama memiliki berat hanya satu pon. Masing-masing sarang kami memiliki 50.000 lebah, beratnya 12 pon.
  2. Tidak semua lebah hidup secara berkolompok. Ada juga lebah yang hidup secara soliter dan membuat sarangnya sendiri.
  3. Tidak semua lebah menghasilkan madu. Menurut ilmuwan, ada sekitar 20.000 spesies lebah yang ada di dunia, dan hanya sekitar 9 jenis saja diantaranya yang diketahui dapat menghasilkan madu.
  4. Sebanyak 6 dari 9 spesies lebah penghasil madu tersebut ada di Indonesia dan juga tersebar khususnya di Asia Tenggara.
  5. Nama ilmiah untuk lebah madu adalah “Apis mellifera,” yang berarti “lebah pembawa madu.” Nama ‘melissa’ berasal dari bahasa Yunani untuk lebah madu.
  6. Apis melllifera (lebah madu Eropa) adalah spesies lebah yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan produktivitasnya yang tinggi dan sengatnya yang tidak mematikan (tidak ganas seperti lebah hutan).
  7. Hari Lebah Sedunia (World Bee Honey) diperingati pada setiap tanggal 20 Mei, sesuai hari kelahiran Anton Jansa, pelopor peternakan lebah, yang lahi pada tanggal yang sama di tahun 1734. Tujuan dari perayanaan ini adalah untuk mengakui peran lebah terhadap ekosistem dunia. Melalui proposal Slovenia, PBB akhirnya menyetujui peringatan Hari Lebah Sedunia pada 2017 lalu.
  8. Lebah madu harus mengumpulkan nektar dari 2 juta bunga tanaman hanya untuk membuat 1 pon madu mentah (1 pon = 453.6 gram).
  9. Dalam jangka waktu 6-8 minggu, seekor lebah pekerja akan terbang dengan jarak yang setara dengan 1 ½ kali keliling Bumi.
  10. Secara akumulatif, berarti seekor lebah harus terbang sejauh 90.000 mil atau 3 kali keliling Bumi untuk menghasilkan 1 pon madu ( 1 mil = 1.6 km).
  11. Rata-rata lebah hanya membuat 1/12 sendok teh madu seumur hidupnya.
  12. Seekor lebah madu mengunjungi sekitar 50 hingga 100 bunga tanaman selama perjalanannya mengumpulkan nektar.
  13. Seekor lebah dapat terbang hingga sejauh 6 mil dan kecepatan hingga 15 mil per jam selama perjalanan mengumpulkan serbuk sari.
  14. Otak lebah berbentuk oval (lonjong) dan berukuran sekitar satu biji wijen, dan memiliki kapasitas yang luar biasa untuk belajar dan mengingat banyak hal. Sebagai contoh, otak  lebah mampu melakukan perhitungan yang rumit mengenai jarak tempuh untuk mencari sumber makanan secara efisien.
  15. Satuk koloni lebah dapat berjumlahkan 20.000-60.000 lebah madu, yang terdiri dari seekor ratu lebah (queen), lebah pekerja (workers) dan lebah jantan (drones). Semua lebah pekerja (workers) adalah betina, hidup hanya selama 6 minggu dan melakukan hampir semua pekerjaan.
  16. Lebah ratu (queen) dapat hidup selama 5 tahun dan merupakan satu-satunya lebah yang menghasilkan telur (untuk bereproduksi).
  17. Lebah ratu paling sibuk pada bulan-bulan musim panas, dan ketika sarang berada pada  kekuatan maksimumnya, ratu lebah dapat bertelur sebanyak 2000-2500 butir per harinya.
  18. Seekor ratu lebah akan bertelur 800.000 telur selama hidupnya! Kehidupan ratu didedikasikan untuk reproduksi dan dia hanya meninggalkan sarang sekali dalam hidupnya untuk kawin.
  19. Seekor ratu lebah melanjutkan apa yang disebut “kawin terbang” di mana ia meninggalkan sarang, dan kawin dengan pasangannya 5 hingga 45 drone yang berbeda. Dia menyimpan sperma dalam spermatheca-nya yang memiliki persediaan seumur hidup. Oleh karena itu, ratu lebah hanya perlu melakukan 1 kali kawin seumur hidupnya.
  20. Lebah jantan (drone) akan mati setelah selesai kawin dengan ratu lebah.
  21. Lebah betina (worker) akan mati setelah selesai menyengat.
  22. Sementara lebah pekerja akan mati setelah menyengat, sang ratu lebah tetap dapat bertahan hidup dari sengatan.
  23. Sementara sang ratu memiliki penyengat halus, yang kebanyakan ia gunakan untuk membunuh calon ratu lainnya.
  24. Kecepatan rata-rata lebah madu pekerja sekitar 15-20 mph saat terbang ke sumber makanan. Pada perjalanan pulang, saat membawa nektar, itu sedikit lebih lambat, pada 12 mph (19 kph).
  25. Ketika lebah ratu perawan muncul dari telurnya, ia akan menemukan calon ratu perawan lainnya dan membunuh mereka satu per satu.
  26. Ratu lebah madu mengendalikan sarangnya dengan melepaskan feromon (zat kimia yang memungkinkannya berkomunikasi dengan lebah lain) yang dikenal sebagai aroma ratu.
  27. Ketika lebah ratu menjadi terlalu tua untuk bertelur, lebah madu lainnya akan menggantikan atau membunuhnya.
  28. Jumlah dan kecepatan di mana seorang ratu bertelur sangat dikendalikan oleh cuaca dan ketersediaan makanan. Telur-telurnya yang dibuahi menjadi calon lebah pekerja atau calon ratu lebah masa depan. Telurnya yang tidak dibuahi menjadi lebah madu jantan atau drone.
  29. Lebah jantan (drone) berukuran lebih besar daripada lebah pekerja, tidak punya sengat dan juga tidak melakukan pekerjaan apapun. Satu-satunya tugas mereka adalah membuahi sang ratu.
  30. Lebah memiliki indera penciuman yang baik sehingga dapat membedakan antara ratusan bunga yang berbeda. Bahkan, dari jarak beberapa kaki mereka bisa mengetahui apakah bunga tersebut membawa serbuk sari atau nektar.
  31. Lebah madu telah memproduksi madu dengan cara yang sama selama 150 juta tahun.
  32. Lebah madu adalah satu-satunya serangga yang menghasilan makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia.
  33. Dengungan lebah adalah suara yang dihasilkan oleh sayap lebah dengan kecepatan hingga 11.400 kali per menit.
  34. Lebah berkomunikasi satu sama lain dengan cara menari. Ketika seekor lebah menemukan sumber nektar yang bagus dia terbang kembali ke sarang dan menyampaikan pada lebah-lebah lain tentang lokasi sumber tersebut dengan melakukan tarian, yang mana hal itu menunjukkan posisi bunga relatif terhadap matahari dan sarang. Tarian lebah itu disebut juga dengan ‘waggle dance’’.
  35. Setiap spesies lebah melakukan tarian komunikasi mereka secara berbeda.
  36. Para ilmuwan percaya bahwa dibutuhkan 1.100 lebah madu untuk membunuh manusia dewasa yang tidak alergi.
  37. Lebah madu berhati-hati untuk tidak buang air besar dalam madu. Mereka buang air besar di luar sarang.
  38. Lebah termasuk hewan berdarah dingin dan harus menjaga sarangnya pada suhu konstan. Lebah akan memanaskan dan mendinginkan sarang mereka sendiri untuk mempertahankannya antara 93ᵒ dan 95ᵒ F sepanjang tahun.. Dalam cuaca dingin, lebah menjaga sarang tetap hangat dengan menyatukannya untuk menghasilkan panas tubuh dan dengan menyegel retakan di dalam sarang dengan propolis. Dalam cuaca hangat, lebah mengumpulkan air dan berbaris membentuk lingkaran di sekitar pintu masuk sarang. Menggunakan sayapnya, lebah mengipasi air sehingga menguap ke udara. Mereka kemudian mengipasi udara dingin sehingga bersirkulasi di sekitar sarang sebagai semacam pendingin udara sentral.
  39. Lebah merupakan pekerja yang sangat rapi dan juga teliti. Mereka saling merawat dan menjaga sarang mereka dengan bersih.
  40. Bentuk heksagonal dari sarang lebah adalah bentuk paling efisien di dunia. Pola ini memungkinkan sel untuk dikemas tanpa ruang kosong di antaranya. Meskipun lilin itu tipis dan halus, struktur sel-sel heksagonal dapat menampung banyak sekali berat.
  41. Lebah diketahui menyerang sarang lainnya dan mencuri madu! Lebah “merampok” madu dari lebah lain jika madu dari sarang lain tersedia (katakanlah, jika peternak lebah meninggalkan sarang terbuka). Namun, jika seorang penjaga lebah dari sarang yang dirampok menangkap seorang penyelundup (mendeteksi bau asing si penyusup), keduanya akan terlibat dalam perkelahian — sengatan sampai mati. Jika perampok berhasil masuk ke dalam sarang tanpa diketahui, ia akan mendapatkan aroma sarangnya (dan mempelajari pintu masuknya dengan cukup baik) sehingga ia bisa masuk dan keluar tanpa terdeteksi sebagai penyusup.
  42. Makanan lebah terdiri dari madu dan serbuk sari. Madu dan serbuk sari adalah unsur pembangun diet lebah. Lebah memakan madu karena memberi mereka karbohidrat yang sarat energi, sedangkan protein dari serbuk sari memberikan lebah asam amino esensial.
  43. Makanan pokok ratu lebah adalah campuran madu dan serbuk sari khusus yang disebut “royal jelly.” Royal jelly mengandung lebih banyak tepung sari dan madu daripada jeli larva (makanan yang dimakan oleh lebah biasa). Ungkapan “kamu adalah apa yang kamu makan” sangat cocok di sini, karena lebah ratu akan mandul dan tidak dapat dibedakan dari lebah pekerja yang lebih kecil, jika itu bukan karena diberi makan royal jelly dari larva hingga dewasa.
  44. Sekitar sepertiga dari makanan yang kita makan adalah hasil penyerbukan lebah madu. Sebuah permodelan analisis pasar tanaman dunia menemukan bahwa peran lebah sebagai penyerbuk sangat vital bagi 91 sumber makanan manusia, 80% bunga liar dan 84% hasil panen.
  45. Lebah tertarik oleh kafein. Lebah suka dengan bunga dari tanaman kopi.
  46. Meskipun lebah memiliki kaki yang bersendi, mereka tidak memiliki sesuatu seperti tempurung lutut, dan karenanya tidak memiliki lutut.
  47. Lebah madu tidak tidur. Sebagai gantinya, mereka menghabiskan malam mereka tanpa bergerak, menghemat energi untuk kegiatan hari berikutnya.
  48. Lebah madu tidak dilahirkan mengetahui bagaimana membuat madu dengan sendirinya. Sebaliknya, mereka diajarkan di dalam sarang oleh lebah pekerja yang lebih tua.
  49. Racun lebah digunakan sebagai pengobatan untuk beberapa penyakit, termasuk radang sendi dan tekanan darah tinggi.
  50. Sarang lebah tunggal dapat menghasilkan 60 hingga 100 pon madu setiap tahun.
  51. Manusia terkadang menggunakan Burung Greater Honeyguide untuk menemukan sarang lebah di alam liar. Burung ini sebenarnya adalah spesies burung yang ditemukan di seluruh benua Afrika. Ini sedang dipelajari oleh beberapa peneliti dalam kaitannya dengan masyarakat Audubon.
  52. Di Kekaisaran Het (Turki dan Suriah saat ini), nilai segerombolan lebah sama dengan domba, dan hukuman untuk pencuri lebah adalah denda 6 syikal perak.
  53. Orang-orang zaman dahulu percaya bahwa lebah diciptakan dari bangkai hewan yang mati.
  54. Lebah tidak suka dengan bau napas manusia.
  55. Lebah digunakan untuk mempelajari demensia (penurunan kognitif). Ketika seekor lebah melakukan pekerjaan baru yang biasanya dilakukan oleh seekor lebah yang lebih muda, otaknya berhenti menua!
  56. Lebah memiliki “perangkat lunak pengenalan wajah” sendiri dan dapat mengenali wajah manusia. Satu otak lebah madu memiliki sejuta neuron dibandingkan dengan 100 miliar neuron manusia. Namun, peneliti melaporkan, lebah bisa mengenali wajah manusia (dikutip dari New York Times).
  57. Lebah menggunakan matahari sebagai kompas, dan pada hari berawan, mereka memanfaatkan cahaya terpolarisasi untuk menemukan jalan kembali ke sarang.
  58. Lebah menyukai aroma kafein pada bunga. Beberapa tanaman menambahkan nikotin dan kafein ke dalam nektar mereka dengan tujuan untuk mengundang lebah datang kembali. Bunga kopi adalah contohnya.
  59. Lebah membentuk muatan positif selama mereka terbang dan bunga tanaman mengandung sedikit muatan negatif. Sehingga, serbuk sari akan melompat ke tubuh lebah ketika mereka menghinggapi bunga.
  60. Lebah madu Jepang telah berevolusi dengan membentuk mekanisme pertahanan dengan suhu panas. Jika sarang mereka diganggu, sekitar 500 lebah akan turun menyerang si penganggu tersebut dan secara cepat akan mengepakkan sayap pembunuh mereka dengan panas.
  61. Lebah dapat dilatih untuk menemukan ranjau darat yang terkubur.
  62. Satu ons racun lebah madu lebih mematikan daripada racun kobra. Namun, jangan khawatir – dibutuhkan 19 sengatan lebah untuk setiap kilogram berat badan seseorang sehingga menjadi mematikan.
  63. Sarang lebah akan mengumpulkan sekitar 66 pon serbuk sari per tahun.
  64. Lebah pekerja dapat membawa muatan nektar atau serbuk sari sebesar 80% dari berat tubuhnya sendiri.
  65. Lebah madu tidak menyebar ke Alaska sampai 1927.
  66. Selama Revolusi Amerika, George Washington berkata, “Angsa-angsa yang terkekehlah yang menyelamatkan Roma, tetapi lebahlah yang menyelamatkan Amerika.” Hal ini dilatarbelakangi oleh sifat defensif dari lebah yang menjaga dan mempertahankan sarag mereka, sehingga menginspirasi para tentara dan warga sipil Amerika selama masa Revolusi. Karena itulah, lebah selalu mendapat tempat dalam buku-buku sejarah negara tersebut.
  67. Lebah madu memiliki 170 reseptor bau, dan memiliki indra penciuman 50 kali lebih kuat dari seekor anjing.
  68. Setiap koloni lebah memiliki aroma yang berbeda sehingga setiap anggota koloni dapat saling mengidentifikasi satu sama lain.
  69. Sarang adalah tanaman tahunan, artinya sarang itu menjadi tidak aktif di musim dingin tetapi “terbangun” lagi di musim semi. Ketika seekor lebah meninggal, mereka dengan cepat menggantikan – pekerja setiap 6-8 minggu, dan ratu setiap 2-3 tahun. Karena itu, sarang lebah secara teknis bisa abadi!
  70. Lebah memiliki 2 perut – satu untuk makan, dan satu untuk menyimpan nektar.
  71. Lebah telah ada di muka Bumi selama sekitar 30 juta tahun.
  72. Sarang lebah menghasilkan 5 zat berbeda: madu, lilin lebah, propolis, serbuk sari, dan royal jelly.
  73. Lebah yang baru lahir meminta makanan dengan menjulurkan lidah pada lebah pekerja yang lewat.
  74. Lebah memiliki lidah panjang seperti jerami yang disebut belalai yang mereka gunakan untuk mengisap cairan nektar dari bunga.
  75. Selama musim dingin, beberapa lebah pekerja melakukan pekerjaan “lebah pemanas,” di mana mereka menggetarkan tubuh mereka untuk menjaga sarang pada suhu optimal 95ºF.
  76. Lebah membuat madu dengan memuntahkan nektar yang telah dicerna ke dalam sel sarang lebah dan kemudian mengipasinya dengan sayapnya.
  77. Sel-sel sarang lebah memiliki banyak kegunaan selain menyimpan madu. Mereka juga digunakan untuk menyimpan nektar, serbuk sari, dan air, serta pembibitan untuk larva!
  78. Lebah memiliki 5 mata – 3 mata sederhana, dan 2 mata majemuk.
  79. Lebah memiliki metemorfosis sempurna dengan melewati 4 tahap kehidupan: telur, larva, kepompong, dan lebah dewasa.
  80. Lebah ratu (dan hanya ratu) yang makan royal jelly selama hidupnya. Zat susu ini diproduksi di kelenjar khusus yang terletak di kepala lebah pekerja.
  81. Lebah menggunakan propolis, zat lengket yang dikumpulkan dari kuncup-kuncup pohon, untuk mengisi celah-celah pada sarang dan membuat sarang mereka tahan cuaca.
  82. Lebah membuat lilin di kelenjar khusus di perutnya, yang kemudian mereka kunyah untuk membentuk sarang lebah.
  83. Lebah berkomunikasi dalam 2 cara: tarian bergoyang (oleh lebah pekerja), dan melalui penggunaan feromon (oleh ratu lebah).
  84. Pada tahun 1984, lebah madu di pesawat ulang-alik membangun sebuah sarang lebah tanpa gravitasi. The Bee Enclosure Module (BEM) adalah kotak aluminium yang dirancang untuk menampung lebih dari 3400 lebah pekerja dan satu ratu untuk percobaan “Perbandingan Struktur Sarang Lebah yang Dibangun oleh Apis millifera (SE82-17).” Peneliti mempelajari efek dari gaya berat mikro pada kegiatan membangun sisir lebah madu.
  85. Kerumunan lebah terjadi ketika sebuah koloni telah melampaui kapasitas sarangnya dan sedang bersiap untuk berpisah menjadi 2 atau lebih sarang baru yang lebih kecil.
  86. Selama musim dingin, lebah pekerja akan mengambil “penerbangan pembersihan” singkat untuk buang air besar dan menghilangkan puing-puing dari sarang.
  87. Beberapa lebah pekerja memiliki pekerjaan menjadi “lebah pengurus” dan bertugas untuk mengeluarkan lebah yang mati dari sarang.
  88. Biarpun lebah bukan satu-satunya penyerbuk dalam ekosistem, mereka adalah yang terbaik dalam urusan penyerbukan. Ini karena mereka membutuhkan serbuk sari untuk memberi makan bayi-bayi mereka, jadi secara biologis memang mereka terdorong untuk melakukan tugas ini. Jenis penyerbuk lainnya menyambangi bunga hanya untuk menghisap madu atau serbuk sari semata.
  89. Selain menghasilkan madu, sebagian tanaman berbuah seperti almond, persik, plum, apel, tomat, ceri dan lain sebagainya diserbuki oleh lebah. Bahkan, peran lebah sebagai penyerbuk sangat vital bagi sumber makanan sehat dalam diet manusia.
  90. Tanaman seperti tomat, terong dan kiwi memiliki serbuk sari yang lengket dan lebahlah satu-satunya serangga yang dapat membuatnya berpisah dengan serbuk sarinya – mereka menggetarkan otot terbang mereka untuk melepaskannya.

Fakta tentang peternakan lebah

  1. Praktik pembudidayaan lebah diduga berasal dari (setidaknya) 4.500 tahun lalu.
  2. Diperkirakan ada hampir 212.000 peternak lebah di Amerika Serikat.
  3. Sarang lebah primitif (budidaya lebah kuno) dibuat dari tembikar, lumpur, atau batang berlubang.
  4. Ada orang-orang di Afrika yang menjaga gajah keluar dari ladangnya dengan memelihara sarang lebah madu di sekitar ladang dalam apa yang disebut “pagar lebah.”
  5. Peternakan lebah dikatakan sebagai profesi tertua kedua  di dunia.
  6. Dalam mitologi Yunani, Apollo dikreditkan sebagai peternak lebah pertama.
  7. Lukisan-lukisan gua Zaman Batu telah ditemukan adanya jejak peternakan lebah kuno. Seni tertua yang diketahui menggambarkan pengumpulan madu dapat ditemukan di Gua Laba-laba dekat Valencia, Spanyol sekarang.
  8. Karena meningkatnya popularitas peternakan lebah di perkotaan, diperkirakan lebah madu melebihi jumlah penduduk London pada bulan-bulan musim panas.
  9. Pernah bertanya-tanya mengapa setelan peternak lebah selalu putih? Itu karena lebah bereaksi kuat terhadap warna gelap!
  10. Di Wisconsin, peternak lebah dapat mengajukan permohonan untuk memiliki madu yang disertifikasi sebagai murni dan menggunakan “madu bersertifikasi Wisconsin” pada kemasan mereka.
  11. Ilmu tentang beternak lebah disebut dengan “apikultur”. Metode dan desain pembuatan sarang lebah yang banyak digunakan sampai hari ini dipopulerkan pertama kali oleh Jan Dzierzon di Jerman pada 1859 lalu, sehingga ia sering dijuluki sebagai Bapak apologi dan apikultur modern.
  12. Metode ilmiah peternakan lebah baru populer digunakan pada abad ke-19 di seluruh dunia. Di Indonesia, teknik apikultur modern diperkenalkan oleh kolonial Belanda sekitar tahun 1860-an.

Fakta tentang CCD/Colony Collapse Diorders

  1. Sejak 2006, para ilmuwan menjadi waspada dengan apa yang mereka sebut sebagai CCD/Colony Colapse Diorders atau “gangguan keruntuhan koloni” pada lebah. Beberapa penyebab yang mungkin mereka jelajahi antara lain pemanasan global, polusi, penggunaan insektisida, dan peningkatan radiasi elektromagnetik atmosfer akibat ponsel.
  2. Koloni lebah yang terkena dampak CCD dapat tampak sehat-sehat saja, tetapi kemudian lebah dewasa tiba-tiba menghilang dari sarang karena gangguan pada neuron mereka (akibat penggunaan insektisida), sehingga tidak bisa menemukan jalan pulang.
  3. Setelah lebah jantan dan ratu lebah kawin, lebah jantan mati dengan cepat karena perutnya terbuka ketika endophallus diangkat. Bahkan jika dia selamat, dia diusir dari sarangnya karena dia telah melayani satu-satunya tujuan kawin.
  4. Karena gangguan CCD, jumlah spesies lebah mati sekitar 30% per tahunnya di Eropa.
  5. Ungkapan yang menyatakan bahwa “jika semua lebah di dunia mati, maka umat manusia akan punah dalam 4 tahun ke depan” sebenarnya terlalu berlebihan. Lebah memang berperan membantu penyerbukan tanaman di alam, tapi tidak semuanya. Makanan pokok manusia seperti padi dan gandum justru diserbuki oleh angin.
  6. Yah, walaupun sumber makanan pokok kita tidak diserbuki oleh lebah, namun dengan hilangnya lebah dari muka Bumi akan membuat kita kehilangan banyak sumber makanan bernutrisi yang menjadi pilar penting dalam diet sehat kita.
  7. Koloni lebah bahkan menyumbang nilai ekonomi sekitar £510 juta (Rp9,7 triliun) per tahunnya di Inggris karena membantu meningkatkan produktivitas pertanian sekaligus sebagai kompesaasi dalam menggantikan peran teknologi terhadap penyerbukan lahan. Dan lebah melakukan itu semua secara sukarela!

Fakta tentang madu

  1. Madu telah digunakan sejak lama oleh manusia dari berbagai peradaban kuno, seperti Mesopotamia, Mesir kuno, suku Aztek, Mediterania hingga peradaban modern saat ini. Penemuan terbaru di Turki menunjukkan bahwa paling tidak manusia telah memanfaatkan lebah madu sekitar 9000 tahun lamanya.
  2. Tidak semua madu itu sama. Para peneliti lebah menyebutkan ada sekitar 320 jenis madu yang bisa dihasilkan oleh spesies lebah madu, tergantung dari sumber flora (nektar bunga), kondisi geografis, vegetasi dan iklim setempat. Sumber nektar dari bunga berbeda menghasilkan jenis madu yang berbeda pula.
  3. Secara umum kandungan nutrisi pada 100 gram madu terdiri dari 77,9% gula (fruktosa, glukosa, maltosa dan sukrosa), 17,2% air dan 4,9% sisanya adalah vitamin, mineral dan sejumlah kecil senyawa antioksidan (Data Nutisi USDA).
  4. Madu seringkali dipercaya bermanfaat sebagai obat yang dapat menyembuhkan hampir segala peyakit, mulai dari radang tenggorokan dan penyakit pencernaan hingga masalah kulit dan sulit tidur.
  5. Madu memiliki sifat antiseptik/antibakteri dan telah sejak lama digunakan sebagai obat penyembuhan luka dan pertolongan pertama untuk luka bakar maupun luka sayat (bekas operasi, misalnya).
  6. Madu telah diketahui mengandung senyawa antioksidan penting (fenol, falvonoid, dan asam organik) yang berguna dalam menangkal radikal bebas untuk menurunkan resiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.
  7. Gula alami yang terdapat di dalam madu — fruktosa dan glukosa — lebih cepat diserap oleh tubuh. Inilah alasan kenapa para atlet dan olahragwan menggunakan madu untuk memberikan mereka peningkatan energi secara alami.
  8. Rasa madu dapat awet selama periode waktu yang sangat lama. Seorang penjelajah yang menemukan madu dalam botol berusia 2000 tahun di sebuah situs makam Mesir kuno, mengatakan bahwa rasanya tetap nikmat layaknya madu segar (walaupun sudah lama tertimbun).
  9. Madu merupakan makanan ajaib yang mengandung hampir semua nutrisi penting yang menyehatkan, yaitu karbohidrat, protein, air, termasuk juga enzim, asam organik, anti-oksidan, vitamin, dan mineral.
  10. Madu tidak mengandung lemak, sehingga cocok digunakan untuk diet sehat. Diet madu telah diketahui secara efektif dapat menurunkan berat badan dalam waktu dua minggu.
  11. Madu adalah satu-satunya sumber makanan yang mengandung ‘pinocembrin’, yaitu senyawa antioksidan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi otak.
  12. Perbedaan madu dan royal jelly terletak pada kandungan lemaknya. Royal jelly mengandung 12% lemak dan lebih kaya protein, sedangkan madu tidak mengandung lemak dan 80%-nya adalah karbohidrat.
  13. Untuk membuat satu pon madu, sekelompok lebah harus terbang sejauh 55.000 mil
  14. Nektar dan serbuk sari (pollen) bukanlah hal yang sama. Pollen adalah protein dan nektar adalah karbohidraat. Pollen diumpankan ke larva lebah dan ratu lebah. Nektar disimpan di sarang madu dan merupakan makanan harian biasa untuk lebah pekerja dan lebah jantan..
  15. Kemampuan madu untuk menarik dan mempertahankan kelembapan telah lama dimanfaatkan sebagai perwatan kecantikan. Bahkan, dikatakan madu merupakan bagian dari ritual kecantikan sehari-sehari oleh Cleopatra.
  16. Dua sendok madu akan cukup untuk memicu seluruh penerbangan lebah di seluruh dunia.
  17. Mead, yang terbuat dari madu fermentasi, adalah minuman fermentasi tertua di dunia.
  18. Rata-rata, orang Amerika mengkonsumsi 1,31 pon madu setiap tahun.
  19. Madu 25% lebih manis dari gula makan.
  20. Orang-orang Yunani dan Romawi kuno memandang madu sebagai simbol cinta, keindahan, dan kesuburan.
  21. Di Mesir kuno, orang-orang membayar pajak dengan madu.
  22. Orang Yunani kuno mencetak koin dengan lebah di atasnya.
  23. Lilin lebah ditemukan di banyak produk kita sehari-hari, termasuk semir furnitur, kosmetik, dan obat-obatan.
  24. Semakin gelap warna madu, semakin banyak sifat antioksidan yang dimilikinya.
  25. Kata “bulan madu” berasal dari tradisi kuno memasok pasangan pengantin baru dengan pasokan mead selama sebulan untuk memastikan kebahagiaan dan kesuburan.
  26. Magna Carta adalah piagam hutan pertama yang mengesahkan panen madu liar oleh rakyat biasa, disahkan pada tahun 1225. Pada 1217, Raja Henry III (memerintah 1216–72) mengeluarkan versi baru Magna Carta, bersama dengan piagam baru yang berurusan dengan hutan kerajaan. Dalam proklamasi Februari 1218, nama ‘Magna Carta’ pertama kali muncul, untuk membedakan Piagam Besar dari saudara lelakinya yang pendek. Pada 11 Februari 1225, pada saat yang sama dengan menerbitkan versi final dan definitif Magna Carta, Henry juga mengeluarkan versi baru Piagam Hutan.
  27. Hingga pertengahan tahun 1700-an di Inggris, adalah kebiasaan umum untuk membunuh semua lebah dalam sarang selama pengumpulan madu.
  28. Untuk setiap pon madu yang diproduksi, sarang lebah harus mengumpulkan 10 pon serbuk sari.
  29. Di Amerika Serikat, lebih dari 300 jenis madu diproduksi setiap tahun. Variasi dalam warna dan rasa ditentukan oleh jenis bunga dari mana lebah mengumpulkan nektar.
  30. Sementara beruang menikmati madu, mereka sebenarnya lebih suka makan larva lebah.
  31. Negara-negara penghasil madu teratas adalah North Dakota, California, dan South Dakota pada 2016.
  32. Satu ons madu dapat memicu penerbangan lebah madu ke seluruh dunia.
  33. Madu yang terbuat dari nektar bunga rhododendron atau azalea diketahui beracun, meskipun jarang berakibat fatal.
  34. Madu murni yang dipanaskan pada suhu tinggi (di atas 65ᵒ C) akan menyebakan rusaknya nutrisi pada madu tersebut, sehingga manfaat madu yang kita peroleh menjadi kurang optimal.
  35. Saking banyaknya variasi dari madu, maka ditetapkanlah Standar Internasional untuk pedoman mutu madu yang tercantum dalam Codex Standard for Honey. Sejumlah negara juga diketahui menetapkan standar mutu madu nasionalnya secara mandiri, karena memang produk madu yang dihasilkan tergantung wilayah geografis setempat.
  36. Di Indonesia, standar kualitas madu nasional terbaru telah diatur secara resmi dalam Standar SNI 8664:2018.
  37. Sekitar 80% madu yang beredar di pasaran adalah madu tidak asli dengan modus pemalsuan jumlah, mutu dan menyeluruh (riset pasar 2013).
  38. Salah satu penanda dari madu asli adalah adanya enzim konvertase (diastase dan invertase) yang disekresikan dari perut lebah selama proses pembuatan madu. Pada madu palsu tidak ditemukan adanya enzim tersebut.
  39. Kebanyakan cara-cara pengujian madu asli dan madu palsu yang populer di masayarakat — seperti uji bakar, uji lengket, uji semut, uji kertas, dsb — tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Satu-satunya cara paling nyata yang bisa menentukan keaslian madu adalah melalui uji senyawa di laboratorium.
  40. Madu telah lama dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kesuburan. Masyarakat Mesir kuno menggunakan madu untu menjaga stamina dan meningkatkan vitalitas. Percobaan pada kelinci jantan  dalam sebuah studi pada 2011 menemukan bahwa kelinci yang diberi makan bee pollen mengalami peningkatan kesuburan dan kualitas semen. Bahkan, kelinci muda yang diberi makan bee pollen bertambah berat badannya dan tingkat kelangsungan hidupnya pun juga lebih tinggi
  41. Mengkonsumsi madu untuk balita usia di bawah 1 tahun adalah tidak dianjurkan karena sistem pencernaan anak pada usia tersebut masih belum sempurna sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan reaksi keracunan/botulisme.
lebah madu
Gambar. Lebah dan madu (pexels.com)

Nah, itulah 100+ fakta tentang lebah dan madu yang sejauh ini dapat diketahui. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa daftar ini akan terus bertambah atau diperbaharui seiring ditemukannya penemuan-penemuan baru dari hasil penelitian selanjutnya.

Bagaimana menurutmu? Apakah sejumlah fakta acak diatas cukup membuatmu terkesan?

Mungkin iya, mungkin juga tidak, tergantung bagaimana persepsi subjektif kamu dalam menilai fakta tersebut. Namun, bagi saya filosofi lebah madu dan etos kerjanya cukup menginspirasi, yaitu ‘tidak pernah mengusik apapun yang dihinggapinya, selalu bermanfaat untuk sekitar dengan manghasilkan sesuatu yang bernilai dan melindungi apapun yang baginya berharga.

Honey bees are nature’s way of showing us that you don’t have to be big to be mighty!


Sumber:

  1. https://matteroftrust.org/20-amazing-honey-bee-facts/
  2. https://www.factretriever.com/honey-bee-facts
  3. https://www.factretriever.com/honey-bee-facts
  4. https://www.youtube.com/watch?v=hRk7tNPnBvA
  5. https://www.beepods.com/101-fun-bee-facts-about-bees-and-beekeeping/

Tinggalkan Balasan