fbpx

info@dailyhoney.co.id

5 Jenis Tanaman ini Akan Punah Kalau Saja Tidak Dibantu oleh Lebah

5 Jenis Tanaman ini Akan Punah Kalau Saja Tidak Dibantu oleh Lebah

5 Jenis Tanaman ini Akan Punah Kalau Saja Tidak Dibantu oleh Lebah Salah tidak, ya kalau kita menganggap lebah madu adalah serangga yang sangat baik hati? Anggapan ini bukan tanpa alasan karena selain menghasilkan madu lebah juga berperan penting dalam proses penyerbukan alami setiap tanaman yang ia singgahi untuk diambil nektarnya.

Apalagi setelah kita tahu bahwa ternyata madu yang serangga kecil ini hasilkan tidaklah sedikit malah berkali-kali lipat dari madu yang mereka butuhkan untuk kehidupan mereka sendiri, sehingga kita manusia dan hewan lainnya bisa menikmati dan merasakan juga cairan kental menyerupai sirup yang lebah hasilkan tersebut.

Sebagaimana yang dilansir dari This is Insider (25/9), lebah mempunyai andil yang cukup besar pada banyak tanaman tidak terkecuali buah-buahan. Proses penyerbukan alami yang dibantu oleh lebah madu membuat beragam tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan berlimpah buah.

Sekurang-kurangnya terdapat 40.000 ekor lebah madu dalam satu sarang yang berjibaku membantu proses penyerbukan beberapa hektar kebun buah.

Pollinator Partnership berpendapat bahwa menjaga keberlangsungan hidup lebah madu merupakan hal yang penting sebab beberapa tumbuhan berbuah diprediksi akan mengalami kepunahan dan terganggu proses pertumbuhannya apabila tidak dibantu lebah madu.

Saking pentingnya peranan lebah madu ini, digadang-gadang setidaknya ada 5 jenis tanaman yang akan punah sekirannya tidak ada lebah madu. Kelima jenis tanaman ini antara lain:

#5. Apel

1 Apel pixabay-Capri23auto
Gambar. Buah Apel (pixabay.com/Capri23auto)

Sebenarnya selain lebah madu ada hewan lain yang membantu proses penyerbukan apel seperti kupu-kupu dan lebah blue mason orchad atau lebah kebun biru, namun yang dominan perannya tentunya lebah madu dan lebah kebun biru.

Hal ini dibuktikan dengan panen buah apel yang berlimpah dan dan berkualitas tinggi dihasilkan dari pohon apel yang disekitarnya terdapat sarang lebah.

Hingga saat ini China dan Amerika Serikat masih tercatat sebagai negara penghasil apel terbanyak.

#4. Alpukat

2 Alpukat-pixabay-Alice_Alphabet
Gambar. Buah Alpukat (pixabay.com/Alice Alphabet)

Alpukat memiliki rasa yang khas, lezat jika dilahap langsung ataupun diolah menjadi berbagai olahan sebutlah seperti jus, ice cream, tambahan smoothies, topping roti  dan makanan lain.

Meksiko merupakan negara penghasil Alpukat terbesar di dunia. Kekayaan buah alpukat di negara ini tentu saja tidak yang lepas dari peran besar lebah madu dalam proses penyerbukan di hamparan kebun alpukat tersebut.

#3. Aprikot

3 Aprikot - Pixabay-1010888
Gambar. Buah Aprikot (pixabay.com/1010888)

Kesadaran akan pentingnya peran lebah madu bagi tanaman aprikot membuat petani dengan sengaja memancing lebah datang dan membangun sarangnya di area sekitar kebun. Alhasil panen buah aprikot jadi melimpah.

Buah ini biasanya tumbuh liar dan dibudidayakan di negara yang beriklim kering seperti Armenia hingga lembah California.

#2. Blueberry

4 Blueberry pixabay-heidelbergerin
Gambar. Buah Blueberry (pixabay.com/heidelbergerin)

Tanaman blueberry tidak dapat sepenuhnya mengandalkan proses penyerbukan dengan bantuan angin dikeranakan sifat serbuk sarinya yang berat dan lengket, peran serta lebah madu sangatlah penting disini.

Blueberry merupakan tumbuhan asli Amerika Utara, dan Oregon menjadi penghasil buah yang kaya antioksidan terbesar di kawasan Amerika.

#1. Kiwi

5 kiwi Pixabay-idaun
Gambar. Buah Kiwi (pixabay.com/idaun)

Tanaman dengan ciri daging buah hijau dengan kombinasi warna hitam yang cantik dengan kulit buahnya yang berbulu ini membutuhkan bantuan lebah madu untuk membuat bunga-bunga kiwi tumbuh dan berkembang menjadi buah yang bermutu tinggi.

Kelima tanaman yang mengandalkan lebah madu dalam proses pernyebukannya ini selain menghasilkan buah organik berkualitas baik, seperti halnya sayur, buah-buahan organik dihargai lebih mahal dbanding buah-buahan lainnya.

 Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan kamu, ya honey lover!


*) Dikutip dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan