fbpx

info@dailyhoney.co.id

3 Hal Ini Wajib Tahu Kalau Kamu Ingin Mengkonsumsi Madu Mentah…

3 Hal Ini Wajib Tahu Kalau Kamu Ingin Mengkonsumsi Madu Mentah…

Ketika mendengar istilah madu mentah (raw honey), mungkin masih banyak diantara kita yang bertanya-tanya: Apa itu madu mentah? Apa yang ada dalam madu mentah? Mengapa tidak semua madu itu mentah? Dan apa yang membedakannya dengan madu komersial yang biasa dijual di supermarket?

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk memahami dengan baik arti kata “mentah”, sebagaimana kita mengasosiasikannya dengan sayuran dan daging yang tidak dimasak, di mana segala bentuk pemanasan dihindari untuk memastikan semua vitamin dan enzim tetap terjaga. Begitu juga dengan makanan mentah lainnya yang mengandung berbagai nutrisi alaminya dan dipercaya bermanfaat terhadap kesehatan.

Apa saja manfaat dari mengkonsumsi madu mentah? Mengapa ini disebut spesial?

Madu mentah adalah cairan manis paling orisinal yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar bunga, dimana madu yang dihasilkan benar-benar adalah madu murni yang tidak dipanaskan, tidak dipasteurisasi, atau tidak diproses lebih lanjut. Dengan kata lain, untuk mempertahankan keaslian nutrisinya, madu ini tidak perlu lagi dicampur dengan berbagai zat tambahan atau bahan lainnya. Termasuk juga dengan berbagai modus pemalsuan lainnya.

Sebagai makanan pembentuk basa, madu mentah mengandung bahan yang mirip dengan yang ditemukan pada buah-buahan, yang menjadi basa dalam sistem pencernaan kita. Madu tidak mengalami fermentasi di lambung dan dapat digunakan untuk menangkal asam berlebih pada pencernaan. Ketika madu dicampur dengan jus jahe dan lemon, secara efektif dapat mengurangi mual dan memasok energi.

Raw, Local Wildflower Honeycomb – Primal Pastures
Gambar. Madu mentah diyakini mengandung banyak nutrisi alami yang masih terjaga, sehingga memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah (shutterstock.com)

Para pecinta makanan mentah pun biasanya tak jarang mengkonsumsi madu mentah dari sarangnya langsung, karena menilai kandungan gizinya yang luar biasa. Selain itu, madu mentah juga diketahui menyimpan suatu enzim yang terkonsentrasi dalam serbuk sari bunga, yaitu enzim amilase yang berfungsi sebagai agen untuk mempercepat pemecahan molekul pati dari karbohidrat menjadi gula. Sehingga, dengan bantuan enzim ini madu murni yang kita konsumsi akan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Kegunaan populer lain dari madu mentah antara lain termasuk menghilangkan alergi musiman (menggunakan madu mentah lokal), menghilangkan batuk, merawat kulit berjerawat, dan sebagai makanan bergizi selama kehamilan, dan bahan masker wajah yang efektif.

Mengapa sebagian besar madu yang dijual di supermarket bukanlah madu mentah?

Banyak madu yang ditemukan di supermarket bukanlah madu mentah, tetapi madu “komersial” biasa. Bahkan, beberapa di antaranya telah dipasteurisasi (dipanaskan pada 70ᵒ C atau lebih, lalu diikuti pendinginan cepat) untuk memudahkan penyaringan dan pembotolan, sehingga terlihat lebih bersih dan lebih halus, lebih menarik di rak, dan lebih mudah untuk ditangani dan dikemas.

Pasteurisasi bertujuan untuk membunuh sel ragi dalam madu dan mencegah fermentasi, yang mana itu menjadi perhatian utama ketika menyimpan madu dengan kadar air yang tinggi dalam jangka waktu lama (terutama dalam cuaca hangat). Meskipun kebanyakan fermentasi tidak menimbulkan bahaya kesehatan (sebagai contoh, mead adalah madu hasil fermentasi), hal itu tidak memengaruhi rasa madu.

APIA Marrakech store- view from inside-honey - Picture of Apia ...
Gambar. Madu komersial yang dijual di supermarket bukan termasuk madu mentah, namun madu yang dihangatkan untuk memudahkan pengaliran ke dalam botol masih bisa dianggap sebagai madu murni (via tripadvisor.com)

Pemanasan juga dimkasudkan untuk memperlambat kecepatan kristalisasi dalam madu cair. Namun, pada sisi negatifnya, ketika madu dipanaskan, aromanya yang lembut, ragi dan enzim yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan vitamin dan mineral dalam sistem tubuh sebagian akan hancur atau rusak.Di antara produsen madu, biasanya tidak ada kode seragam untuk menggunakan istilah “madu mentah” dalam produk mereka. Tidak ada persyaratan hukum yang ketat untuk mengklaim dan memberi label madu sebagai “madu mentah”.

Namun demikian, pemasok yang memahami bahwa madu yang telah dilakukan proses pemanasan tidak akan bergizi sama lagi dengan madu mentah. Kalaupun memperhatikan kebutuhan konsumen, berarti si pemasok juga harus memastikan madu mereka hanya sedikit dihangatkan (tidak dipasteurisasi pada suhu tinggi), atau cukup untuk memungkinkan madu mengalir untuk pembotolan.

Dengan demikian, kita masih dapat menemukan madu mentah yang tidak diproses, tetapi sedikit dihangatkan untuk memperlambat granulasi (pengkristalan madu) dalam waktu singkat dan memungkinkan penuangan ringan dan pengemasan ke dalam wadah untuk dijual. Menggunakan sesedikit mungkin panas adalah tanda penanganan yang hati-hati oleh pemasok madu, dan itu tidak apa-apa.

Bagaimana tekstur asli dari madu mentah? Dan dimana kita bisa mendapatkannya?

Biasanya madu mentah tanpa filter (penyaringan) hanya dapat dibeli langsung dari peternakan lebah. Tekstur madu ditandai dengan kristal bertekstur halus, terlihat lebih suram, dan mengandung partikel atau bintik-bintik yang terbuat dari polen lebah, sisa-sisa sarang, propolis, dan bahkan pecahan sayap lebah yang patah dan terbawa saat pengambilan madu. Manfaat kesehatan madu mentah tanpa filter termasuk tinggi, karena kaya dengan enzim alami, kandungan energi yang lebih tinggi, pencernaan yang lebih baik, dan tingkat antioksidan yang juga tinggi, tentunya.

Madu mentah yang tidak dipasteurisasi biasanya akan mengental dan mengkristal hingga membentuk larutan yang kental setelah beberapa bulan. Hal ini biasanya dimanfaatkan sebagai olesan roti dan wafel, atau dilarutkan ke dalam kopi atau teh panas. Namun, karena sebagian besar konsumen secara alami tertarik untuk membeli dan makan madu yang jernih dan bersih, madu tanpa filter yang terlihat keruh dan tidak menarik, tidak tersedia secara komersial di sebagian besar rak supermarket.

10 Things You Need to Know About Raw Honey - Nature Nate's
Gambar. Madu mentah dapat diperoleh langsung dari sarang lebah dengan mendatangi peternak lebah madu lokal di daerah Anda (naturenates.com)

Jadi, satu-satunya cara cara untuk mendapatkan madu mentah tanpa filter maupun pasteurisasi adalah dengan membelinya langsung ke tempat budidaya lebah atau peternak lokal yang ada di daerahmu.

Madu yang diambil dari sarang lebah langsung juga bisa disebut madu mentah. Namun, sayangnya beberapa peternak lebah memberi makan lebah-lebah mereka dengan larutan gula atau sirup buatan, yang mana hanya akan menghasilkan madu yang telah bercampur dengan bahan lain (adulturated honey) meskipun dihasilkan langsung dari sarang lebah.

Akan tetapi, kabar baiknya adalah — sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya — madu yang dihangatkan untuk dikemas dalam botol kualitasnya juga masih baik, kok. Karena dalam prosesnya, madu mentah dihangatkan dibawah suhu pasteurisasi standar agar mudah dialirkan saat dikemas, sehingga kandungan nutrisinya tidak rusak. Jadi, belilah madu dari tempat yang kamu percaya dan tersertifikasi SNI atau BPOM-RI, serta juga transparan soal informasi tentang darimana sumber madunya.


Disadur dari artikel 3 Things You Need to Know About Raw Honey (Buying Tips)

Tinggalkan Balasan