fbpx

info@dailyhoney.co.id

5 Manfaat Madu Asli Untuk Ibu Menyusui, Bagus Untuk ASI Bunda!

5 Manfaat Madu Asli Untuk Ibu Menyusui, Bagus Untuk ASI Bunda!

Manfaat Madu Asli Untuk Ibu Menyusui – Jika bunda sedang memiliki anak kecil, apalagi jika masih di bawah umur 2 tahun. Memberkan ASI adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh seorang ibu kepada si kecil. Ini karena ASI sangat bagus untuk kesehatan bayi.

(ASI) Air adalah konsumsi terbaik untuk bayi sampai berumur 6 bulan. Kebutuhan bunda menghasilkan ASI ini biasanya juga bergantung pada usia bayi, umumnya bayi berumur 1 bulan membutuhkan ASI sebanyak 60ml – 119ml, bayi berumur 2bulan – 4bulan membutuhkan 120ml – 149ml ASI, bayi berumur 4bulan – 5bulan membutuhkan 150ml – 179ml ASI, bayi berumur 6bulan membutuhkan diatas 180ml ASI pada setiap sesi menyusu.

Semakin bertambahnya umur buah hati, berbanding lurus dengan ASI yang diperlukan tentu akan semakin banyak, namun setiap harinya bunda perlu membutuhkan produksi ASI setidaknya 800ml – 900ml untuk memenuhi kebutuhan buah hati.

 

5 Manfaat Madu Untuk Ibu Menyusui

Untuk keperluan kesehatan buah hati, sebagai asupan utama bunda perlu menghasilkan ASI yang berkualitas dan bagus untuk buah hati dalam masa – masa tersebut.

Oleh karena itu bunda harus bisa menjaga makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang baik untuk di konsumsi ibu menyusui adalah madu, ini karena madu bisa membantu meningkatkan kualitas ASI yang dihasilkan oleh bunda. Berikut di bawah ini Daily Honey memberikan beberapa macam manfaat madu untuk ibu menyusui :

 

Membantu Masa Nifas

Ibu yang telah melahirkan bayi akan mengalami masa nifas umumnya selama 40 hari, nifas adalah masa perdarahan sisa ketika melakukan proses persalinan bayi.

Ini sebenarnya adalah proses yang dilakukan tubuh secara alami sebagai upaya pembersihan dan pemulihan rahim yang telah melahirkan. Di masa ini bunda akan diuji secara mental dan fisik.

Untuk membantu memudahkan bunda menghadapi hal tersebut, akan sangat baik bunda mengonsumi madu secara rutin. Ini karena di dalam madu terkandung vitamin dan antibakteri, kandungan dalam madu tersebut bisa membantu tubuh untuk melakukan proses penyembuhan.

 

Memperlancar Produksi ASI

Ketika dalam masa menyusui, apalagi ketika bayi masih belum bisa / diperbolehkan mengkonsumsi makanan selain ASI / Susu, bunda perlu memproduksi setidaknya 600ml – 800ml ASI setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asupan buah hati.

Untuk bisa menghasilkan ASI sebanyak itu, bunda tentu perlu asupan kalori tambahan hingga 500 kalori (tergantung dari nafsu konsumsi bayi terhadap ASI). Tentu ketika masa ini terjadi, bunda membutuhkan tambahan asupan kalori.

madu meningkatkan produksi asi

Jika bunda sampai kekurangan kalori, hal ini akan berdampak kepada kesehatan bunda, selain itu ASI yang dihasilkan juga tidak berkualitas sehingga kurang baik untuk bayi.

Bunda harus mengatasi hal tersebut dengan mengkonsumsi tambahan makanan berkalori sekitar 500 kalori setiap harinya. Madu bisa sangat bermanfaat untuk mencukupi hal tersebut, ini karena di dalam madu mengandung banyak sumber energi, salah satunya adalah kalori.

 

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Ibu menyusui harus bisa memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk mengurus dan memenuhi kebutuhan buah hati. Oleh karena itu, bunda harus selalu dituntut supaya hidup sehat.madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Mengkonsumsi madu secara rutin adalah pilihan yang sangat tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh bunda. Sudah banyak pembuktian yang mengatakan jika mengkonsumsi madu secara rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

 

Mencegah Terjadinya Mastitis

Mastitis adalah suatu gangguan pada payudara wanita yang umumnya terjadi ketika pada masa menyusui, pada dasarnya mastitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada jaringan payudara.

Jika hal ini terjadi tentu akan sangat mengganggu proses ketika ibu menyusui buah hati, ini karena saat terjadi mastitis bunda harus dipaksa menahan rasa sakit saat menyusui. Jangan sampai hal seperti itu terjadi dan berdampak kepada kesehatan buah hati yang kurang terasupi ASI.

Untuk mencegah kondisi tersebut, bunda bisa memanfaatkan madu untuk membunuh bakteri yang ada di sekitar puting supaya tidak terkena mastitis. Caranya cukup mudah, yaitu oleskan madu propolis ke bagian puting secara rutin supaya tidak tumbuh dan berkembang bakteri di sekitar area tersebut.

 

Mencegah Batuk, Flu, dan Penyakit Lainnya

Antioksidan dan gizi yang bagus di dalam madu dapat mencegah tubuh manusia terkena infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit seperti batuk dan flu contohnya.

Ketika bunda sedang menyusui, jangan sampai bunda terkena penyakit yang bisa menular kepada buah hati dan mengganggu kesehatannya. Hal tersebut dapat mengganggu proses pertumbuhan dan berkembangnya buah hati.

Dengan mengkonsumsi madu, daya tahan tubuh bunda akan meningkat seperti yang telah dijelaskan di atas tadi, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang bisa mengganggu kesehatan bunda dan buah hati.

 

Cara Mengkonsumsi Madu Propolis Untuk Ibu Menyusui

Ada berbagai macam cara mengkonsumsi madu untuk ibu menyusui. Misalnya jika bunda bertujuan mengkonsumsi madu untuk mengurangi berat badan yang berlebihan bunda bisa mengkonsumsi madu untuk pengganti gula tambahan, seperti di campur dengan teh misalnya.

Selain itu madu juga bisa dikonsumsi sebelum makan 1-2 sendok dan sebelum tidur untuk menambah stamina bunda mengurus si kecil. Apabila bunda tidak menyukai madu yang terlalu kental, bunda bisa mencampurkan 1-2 sendok madu dan air putih hangat.

 

Sekian pembahasan dari Daily Honey kali ini mengenai 5 manfaat madu asli untuk ibu menyusui. Mudah – mudahan hal tersebut bisa bermanfaat untuk teman – teman pembaca Daily Honey.

Bagi kamu yang sedang mencari madu asli untuk ibu menyusui, bisa coba madu organik yang terjamin tanpa bahan campuran apapun dari Daily Honey ya, bisa cek toko kami di Instagram @dailyhoney.id, Tokopedia (klik di sini), atau melalui bukalapak (klik di sini).

Tinggalkan Balasan