fbpx

info@dailyhoney.co.id

7 Jenis Lebah Penghasil Madu di Dunia, Kamu Harus Tau!

7 Jenis Lebah Penghasil Madu di Dunia, Kamu Harus Tau!

Jenis Lebah Penghasil Madu di Dunia – Selamat datang di Daily Honey teman! Adakah diantara teman – teman yang sedang ingin mencoba beternak lebah untuk menghasilkan madu sendiri sehingga terjamin keasliannya?! Bacaan artikel Daily Honey kali ini sangat cocok bagi teman – teman yang ingin mencari jenis lebah untuk menghasilkan madu.

 

7 Jenis Lebah Penghasil Madu di Dunia

Lebah adalah hewan yang terkenal dengan kehidupannya yang berkoloni, jarang sekali dapat ditemukan lebah hidup sendiri. Apalagi jika lebah tersebut lebah pekerja, umumnya mereka akan hidup bergerombol untuk mengerjakan tugas yang mereka miliki. Di dalam koloni lebah akan terdapat satu lebah yang memiliki tugas untuk mengatur hidup koloni, yang memiliki tugas tersebut yaitu Ratu Lebah.

Selain memiliki tugas untuk mengatur koloni, ratu lebah juga bertugas untuk bereproduksi dan menghasilkan telur, dalam sehari ratu lebah mampu bertelur sebanyak 1500 butir. Untuk menghasilkan telur sebanyak itu, ratu perlu mengawini seluruh lebah jantan yang hidup di dalam koloni, lebah jantan dalam satu koloni lebah biasanya berjumlah sekitar 200 sampai 300 lebah jantan.

Sedangkan tugas dari lebah jantan hanyalah untuk mengawini ratu lebah, meskipun hanya bertugas seperti itu, tetapi lebah jantan cenderung lebih rakus dan bersifat pemalas.

Lebah pekerja di dalam koloni memiliki tugas untuk menjaga dan merawat lebah jantan, ratu lebah, dan larva. Tidak hanya sampai di situ saja, lebah pekerja juga memiliki pekerjaan yang cukup menyibukkan yaitu mengumpulkan nektar untuk bahan madu dan membangun saran koloni. Berikut di bawah ini Daily Honey memberikan beberapa macam lebah penghasil madu yang ada di dunia :

 

Lebah Madu Timur / Asiatic Honey Bee (apis cerana)

Lebah jenis timur adalah lebah madu yang biasanya tersebar wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara khususnya pada negara Indonesia, Cina, Jepang, Korea, India, Malaysia, Papua Nugini, Bangladesh, dan Pakistan.

jenis lebah madu apis cerana

turunan spesies dari lebah jenis Timur adalah Apis indica. Apa jenis Timur relatif mudah untuk diternak dan dipelihara, ini karena Apa jenis Timur tidak sensitif dan mudah menyerang kepada manusia. Jika di Indonesia lebah jenis ini Biasanya banyak terdapat di wilayah pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Lombok, dan Bali

 

Lebah Madu Barat / Apis Mellifera

Jika sebelumnya ada jenis lebah Timur, lebah penghasil madu yang kedua adalah jenis lebah Barat atau Apis Mellifera. lebah jenis ini banyak di budidayakan untuk produksi madu, hal tersebut karena lebah jenis Barat memiliki tingkat produktivitas gedung yang cukup tinggi.

gambar lebah madu Apis Mellifera

Bayangkan saja dalam satu koloni lebah madu bisa menghasilkan setidaknya dalam setahun 40 Kg sampai 50 kg madu. Ada banyak spesies turunan yang dihasilkan oleh Apis Mellifera, misalnya adalah apis mellifera carnica, apis mellifera lehzeni, apis mellifera lingustica, an apis mellifera caucasia.

 

Lebah Madu Hitam / Black Drawf Honey Bee (apis andaeniformis)

Di wilayah Indonesia juga menemui lebah madu hitam, namun pada saat sekarang lebah jenis ini cukup sulit untuk kita temukan. umumnya lebah madu hitam tersebar di wilayah pulau Jawa dan pulau Kalimantan.gambar lebah madu apis andaeniformis

Jenis lebah madu hitam atau Black Drawf Honey Bee (apis andaeniformis) juga hidup di negara tetangga malaysia, Filipina, India, Vietnam, dan Laos.

 

Lebah Madu Sulawesi (apis nigrocincta)

Lebah madu jenis Apis Nigrocincta adalah jenis lebah madu yang keberadaan alaminya hanya bisa ditemui pada wilayah negara Filipina dan Indonesia. Lalu Mengapa di atas tertulis lebah madu Sulawesi? tentu hal ini sudah sangat jelas yaitu karena lebah madu jenis Apis Nigrocincta di wilayah Indonesia biasanya hanya ditemui ada daerah Sulawesi kepulauan Sangihe.

gambar lebah madu apis nigrocincta

Lebah madu Sulawesi biasanya cenderung lebih suka untuk hidup menetap (jarang berpindah sarang) dan selalu berkoloni. jika tadi di atas telah disebutkan bahwa biasanya mampu menghasilkan sekitar 1500 telur dalam satu hari, ratu dari lebah jenis ini bahkan mampu menghasilkan hingga 2000 telur dalam satu hari.

 

Lebah Madu Raksasa / Lebah Madu Hutan (apis dorsata)

Diberi julukan sebagai lebah madu raksasa tentu saja ini karena lebah madu apis dorsata memiliki ukuran yang relatif lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lebah madu yang lainnya. Selain itu lebah madu apis dorsata juga sering disebut sebagai lebah madu hutan, karena sarang dari lebah madu jenis ini umumnya hanya terdapat di wilayah hutan.

jenis lebah madu apis dorsata

Lebah apis dorsata memiliki sengat di tubuhnya yang cukup tajam dan kuat, sehingga akan terasa sangat menyakitkan Jika ada yang terkena sengatan dari lebah apis dorsata ini. Lebah ini sebenarnya tersebar banyak di wilayah dengan iklim subtropis dan tropis. Oleh karena itu lebah madu apis dorsata terdapat di Indonesia juga yang beriklim tropis.

 

Lebah Madu Merah / Western Honey Bee (apis koschevnikivi)

Selanjutnya ada Lebah madu merah / Western Honey Bee (apis koschevnikivi). lebah madu jenis ini sering juga disebut sebagai lebah madu Sumatera, karena asal dari lebah ini pulau Sumatera.

gambar lebah madu apis koschevnikivi

Tetapi sebenarnya Lebah Madu Merah tidak hanya ada di Sumatera saja, Lebah Madu Merah juga bisa kita temui di wilayah Jawa dan negara tetangga Malaysia. lebah jenis ini memiliki warna merah di tubuhnya yang cukup mencolok mata bagi yang melihatnya.

 

Lebah Madu Kerdil / Red Dwarf Honey Bee (apis florea)

Jika sebelumnya ada jenis lebah madu raksasa, jenis lebah madu dari Daily Honey yang terakhir pada artikel ini adalah lebah madu kerdil, tentu saja ini karena lebah madu yang satu ini mempunyai ukuran tubuh relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis lebah madu lainnya.

gambar lebah madu apis florea

Dari daftar lebah penghasil madu di dunia di atas tadi, lebah jenis apis florea atau lebah kerdil ini satu – satunya jenis lebah madu dalam daftar Daily Honey yang tidak bisa kita temui secara alami di negara Indonesia. Lebah jenis ini bisa kita temui di negara Iran, Oman, India, dan kamboja.

 

Sekian pembahasan dari Daily Honey kali ini mengenai 7 jenis lebah penghasil madu yang ada di dunia. Mudah – mudahan hal tersebut bisa bermanfaat untuk teman – teman pembaca Daily Honey.

Bagi kamu yang sedang mencari madu, bisa coba madu organik yang dijamin asli dari Daily Honey ya, bisa cek di Instagram @dailyhoney.id, Tokopedia (klik di sini), atau melalui bukalapak (klik di sini).

Tinggalkan Balasan