fbpx

info@dailyhoney.co.id

Yuk! Cari Tahu Apa Saja Produk Turunan dari Madu Beserta Manfaatnya

Yuk! Cari Tahu Apa Saja Produk Turunan dari Madu Beserta Manfaatnya

Madu sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun peradaban manusia. Cairan kental yang manis menyerupai sirup ini, selain bisa di konsumsi langsung, ternyata memiliki banyak produk turunan dengan beraneka jenis olahan dan manfaat. Wah, selama ini lebah tidak hanya menghasilkan madu saja, ya ternyata.

Ada berbagai produk yang berbahan dasar madu yang dihasilkan oleh lebah.

Apa sajakah produk turunan madu? Dan apa saja manfaat untuk kesehatan dari produk tersebut? Berikut uraian selengkapnya.

#1 | Lilin Lebah

lilin lebahLilin lebah merupakan sarang lebah yang terbentuk melalui proses sekresi alami dari kelenjer lilin di sisi tubuh lebah madu. Untuk menghasilkan lilin lebah meringkuk dalam sarang bersama madu sebagai bahan makannya guna menaikkan suhu.

Dari sarang lebah tempat bersemayamnya madu tersebut juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik untuk menunjang penampilan seperti: lip balm, sabun mandi, semir furnitur, pembuatan batik dan krim tabir surya,

#2 | Propolis

propolisGetah atau resin lengket yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai jenis pohon akan dikunyah dan dicampur dengan air liur serta zat lain sehingga  terbentuklah  propolis.

Tidak hanya bagi manusia nyatanya propolis ini juga sangat dibutuhkan  oleh lebah madu itu sendiri yaitu dalam melidungi mereka dari penyakit dan membantu melawan perubahan iklim seperti dingin dan angin.

Propolis mengandung hampir semua jenis mineral kecuali sulfur serta mengandung 16 rantai asam amino essensial yang bermanfaat dalam proses regenerasi sel. Propolis juga mempunyai khasiat anti bakteri, antijamur, antiviral, anti-inflamasi serta anti oksidan.

Dalam setetes propolis madu terdapat sejenis zat yang bernama bioflavanoid yang takarannya sebanding dengan 500 buah jeruk. Bioflavanoid ini berfungsi untuk menyeimbangkan radikal bebas yang terdapat didalam tubuh kita.

#3 | Roti Lebah

roti lebahRoti lebah terbentuk dari campuran serbuk sari, madu, lilin lebah dan enzim pencernaan lebah. Roti lebah merupakan sumber makana bagi larva dan lebah.

Roti lebah ini disinyalir memiliki sumber protein yang lebih tinggi dari susu sapi, memiliki semua asam amino esensial, kandungan vitamin K, enzim dan flavonoid.

Roti lebah banyak digunakan dalam mengatasi anemia, hepatitis, stres, gangguan susah tidur, gagal ingatan, gangguan saluran pencernaan serta kolestrol.

#4 | Susu Lebah atau Royal Jelly

royal jellyRoyal jelly merupakan makanan super bagi lebah baik masih berupa larva maupun ratu lebah madu, yang dihalsilkan dari campuran sekresi kelenjer air liur lebah pekerja.

Meskipun mempunyai rasa yang tidak enak, royal jelly ini bermanfaat dalam membantu ratu lebah dalam proses prokreasi dan juga asupan makanan untuk larva lebah madu agar berkembang secara optimal

Bagi manusia royal jelly dipercaya dapat mengobati hampir semua keluhan mulai dari kebotakan, menopause, hipertensi, kolestrol sampai tulang rapuh dan radang sendi.

Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah royal jelly atau susu madu dapat meregenerasi sel, menjaga stamina tubuh, bagus untuk penyembuhan luka, untuk diet, bisa dijadikan masker karena mengadung kolagen yang tinggi,  serta secara alami menurunkan gula dalam darah.

#5 | Bee Pollen

bee polenBee pollen merupakan serbuk sari bunga jantan yang dihisap lebah dan di campur dengan enzim pencernaan lebah.

Bee pollen populer di kalangan olahragawan maupun atlet sebagai tonik karena khasiatnya yang mampu menstimulasi organ, menambah vitalitas dan mempercepat proses pemulihan.

Seperti halnya royal jelly, bee polen memiliki  segudang manfaat yaitu dapat mengencangkan kulit, melancarkan menstruasi, mengatasi alergi, untuk diet, menggancurkan zat gula, mencegah penuaan dini, melancarkan pencernaan, mengatasi kerontokan rambut, dan bagus untuk prostat. kaya kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, enzim, asam amino, asam lemak yang berguna bagi tubuh, bioflavonoid yang anti virus, anti bakteri, dapat menurunkan kolestrol dan memperkuat kapiler. Meski begitu, bee pollen ini ternyata rendah kalori.

#6 | Mead

MeadZaman dahulu  orang-orang  senang mengonsumsi mead, dimana saat itu belum dikenal teknik dalam memproduksi wine atau bir. Mead terbuat dari fermentasi madu dan ragi, kadang minuman beralkohol ini diberi campuran biji-bijian dan buah.

.  .  .

Nah, itulah beberapa produk berbahan dasar madu yang berasal dari lebah. Ternyata selama ini lebah tidak hanya menghasilkan madu saja, ya, tapi juga produk-produk turunannya yang diketahui juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal itu sekaligus memperlihatkan pentingnya peran lebah dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, kita semestinya juga sadar dan berinisiatif untuk menjaga kelestarian lingkungan agar populasi hewan seperti lebah dan yang lainnya tidak punah.


*Referensi dari berbagai sumber, seperti Times Indonesia, Republika.com, dan Womentalk.com.

Tinggalkan Balasan