fbpx

info@dailyhoney.co.id

Benarkah bahwa Lebah Akan Langsung Mati Sehabis Menyengat?

Benarkah bahwa Lebah Akan Langsung Mati Sehabis Menyengat?

Tidak berbeda dengan hewan lainnya, lebah madu juga mempunyai senjata untuk melindungi diri dari segala kemungkinan yang mengancam terutama bagi sarang dan koloninya.

Apakah kamu punya pengalaman buruk disengat lebah?

Bagi yang pernah, pasti merasa kapok dan tidak mau kejadian yang sama terulang lagi, ya meskipun kamu secara pribadi tidak menaruh dendam pada si lebah. Meskipun bertubuh kecil, sengatan dari serangga kecil yang satu ini lumayan sakit dan membekas di kulit. Kebayang kan ‘ya, gimana menantangnya kalau kalian bekerja sebagai petenak lebah?

Pertanyannya, mengapa lebah menyengat? Lebah menyengat untuk melindungi diri dari ancaman atau musuh yang dianggap dapat mengganggu sarang atau ratu lebah. Lebah menggunakan sengatannya sebagai senjata untuk dapat melindungi diri dan koloninya.

Anatomy of the honeybee's stinger apparatus. The stinger resides ...
Gambar. Anatomi penyegat pada lebah madu (via researchgate.net)

Tahukah kamu?

Saat menyengat, lebah madu sudah tahu bahwa setelah itu ia akan mati, atau bisa dikatakan itu adalah seperti misi bunuh diri. Biasanya yang  menyengat musuh adalah lebah betina atau lebah pekerja, karena memang tugas lebah ini salah satunya adalah untuk melindungi sarang beserta penghuninya dari segala ancaman dan bahaya.

Bagaiamana hal itu bisa terjadi?

Lebah madu, dalam hal ini lebah pekerja memiliki sengat yang berada di bagian ekor yang terhubung dengan kelenjer racun. Nah, saat ada yang mengusik sarang dan koloninya, lebah ini akan menyerang dan menusukkan sengatnya pada bagian tubuh lawan, sehingga kelenjer racun yang terdapat pada sengatan tersebut terlepas dari tubuh lebah dan tertinggal di tubuh lawan. Hal inilah yang menyebabkan kematian pada lebah madu tersebut.

Sementara itu, lebah madu ratu memiliki sengatan halus yang bisa dipakai untuk beberapa serangan sehingga tidak harus mengorbankan diri dengan satu kali sengatan.

Racun lebah termasuk jenis racun yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh yang terkena sengatan. Jenis racun ini disebut dengan racun avitoksin.

6 Home Remedies for Bee Stings
Gambar. Lebah betina (workers) yang sedang menyengat tangan manusia [via healthline.com]
Meskipun terdengar memilukan bagi lebah, tapi disaat yang bersamaan kita juga bisa menjadikan hal ini sebagai pelajaran bagi kita. Yaitu agar kita tidak sembarangan mengganggu lebah selama mereka tidak mengganggu kita. Jika lebah merasa terancam, maka mereka akan melakukan segenap upaya untuk melindungi apapun yang penting bagi mereka: sarang, koloni, ratu lebah, larva dan madu yang telah dihasilkannya dengan kerja keras.

Lebah melakukan bunuh diri mungkin bukan disebabkan karena mereka ingin, tapi evolusi biologis memang tidak memberikan mereka alternatif lainnya sebagai mekanisme untuk melindungi diri.

Lihatlah, selama hidup mereka lebah madu telah bekerja keras untuk menghasilkan madu, tidak pandang cuaca, tempat yang jauh untuk mencari nektar, belum lagi gangguan dari hewan lain terutama manusia. Oleh karena itu, sudah semestinya kita menghargai apa yang telah diberikan oleh lebah dan juga alam kepada kita dengan tidak merusaknya.

Jadi, selalu jaga kelestarian alam dan juga kesehatan kita, tentunya.


*Narasi dikutip dari Bobo.id dan Sains.me dengan beberapa perubahan.

Tinggalkan Balasan