fbpx

info@dailyhoney.co.id

Benarkah Mengkonsumsi Madu Mentah 100% Aman?

Benarkah Mengkonsumsi Madu Mentah 100% Aman?

Untuk mendapatkan hasil terbaik, tentu kita menginginkan madu yang benar-benar murni tanpa campuran bahan tambahan lain yang dapat merusak struktur alami madu yang kita konsumsi, sehingga tidak heran mengonsumsi madu langsung dari sarang lebah madu menjadi alternatif yang banyak dilakukan para pencinta bahan makanan yang satu ini. Madu yang disantap langsung dari sarangnya inilah yang dikenal dengan madu mentah.

Benarkah mengkonsumsi madu mentah aman tanpa efek samping? Simak ulasan di bawah ini!

Saat ini di sosial media dan beberapa platform toko online sedang tren penjualan madu mentah yang dijual bersama sarangnya karena dianggap masih sangat alami dan berkhasiat. Dalam kandungan madu mentah ini terdapat cukup banyak polen yang berasal dari bunga, propolis, lilin dari sarang, dan beberapa bagian tubuh dari lebah yang mati.

eating raw honey
Gambar. Challenge makan madu mentah sempat menjadi trending di internet oleh kalangan anak muda (youtube.com)

Karena beberapa kandungan dari madu mentah ini terdapat bahan yang tidak layak konsumsi sehingga beberapa jenis madu sebelum dikonsumsi perlu diolah terlebih dahulu.  Sekurang-kurangnya harus disaring agar tidak ada kotoran yang masuk dan tercampur yang berpotensi merugikan. Selain itu madu juga dikhawatirkan mengandung bakteri sehingga perlu dilakukan proses pasteurisasi untuk mendapatkan produk yang sempurna.

Serangkaian proses pengolahan madu kerap mempengaruhi nutrisi yang dimiliki oleh madu itu sendiri. Akhirnya banyak konsumen yang meminta madu juga dijual dalam bentuk mentah meski kita semua sadar kalau masih ada efek samping yang bisa terjadi.

Manfaat madu mentah atau raw honey

Madu mentah adalah madu yang diperoleh langsung dari sarang lebah atau peternakan lebah tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu (seperti pasteurisasi atau pemanasan). Madu mentah bisa dikonsumsi langsung setelah dibersihkan atau biasanya juga dikemas dalam botol.

raw honey
Gambar. Salah seorang Youtuber yang mencoba makan madu mentah untuk konten videonya (youtube.com)

Madu mentah memiliki ragam manfaat untuk tubuh. Meski dengan membiarkan madu dalam kondisi aslinya kemungkinan akan ada efek samping tidak dapat dielakkan, namun manfaat yang besar membuat sebagian orang sedikit mengabaikan efek samping yang mungkin dapat terjadi.

Dibawah ini beberapa ulasan manfaat dari madu mentah atau raw honey.

#1

Berlimpah nutrisi

Madu kaya akan antioksidan yang mana dengan mengkonsumsinya akan menjaga tubuh selalu bugar dan tidak gampang sakit serta madu dapat membatu proses pemulihan bagi yang baru sembuh dari sakit. Selain itu, madu juga mengandung mineral seperti niasin, riboflavin, asam pantothenic, kalsium, magnesium, mangan, potasium, seng, dan fosfor.

#2

Bisa digunakan untuk menyuplai tenaga

Dalam madu mentah terkandung gula yang sangat berperan sebagai suplai tenaga. Perlu diingat, kandungan gula dalam madu biasanya berbeda-beda dan bergantung di mana lokasi lebah dipelihara.

#3

Ampuh mengobati luka

Komponen anti inflamasi yang cukup tinggi pada madu mentah dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka dalam hal ini luka yang tidak terlalu besar. Pengaplikasiannya pun sangat mudah cukup oleskan cairan madu mentah bagian yang terluka dan biarkan beberapa saat  sampai darah atau rasa sakit berkurang dan menghilang.

#4

Anti bakteri

Madu bisa digunakan untuk membersihkan luka dengan kandungan anti bakteri yang terdapat didalamnya. Cukup dengan mengoleskan madu ke bagian yang rawan infeksi supaya bakteri atau jamur yang menempel di area tersebut bisa segera dibasmi sehingga bisa sembuh dalam waktu singkat.

#5

Menyembuhkan diare

Penyakit yang paling sering diderita anak-anak ini bisa menyebabkan beberapa masalah besar seperti kekurangan cairan hingga yang terparah bisa berujung kematian. Cara terbaik untuk mengobati diare adalah menyuplai cairan, elektrolit, dan juga kalori ke dalam tubuh.

Madu dapat membantu untuk menyuplai kalori dalam jumlah banyak. Selain itu, madu murni ini juga bekerja untuk membuat usus bekerja dengan optimal. Kalau bekerja dengan baik, pergerakan di dalam sana akan menurun dan diare bisa dihentikan dengan lebih mudah.

#6

Mengobati batuk

Dengan menambahkan secukupnya madu kedalam air hangat, batuk yang diderita anggota keluarga terutama anak-anak dapat segera disembuhkan.

#7

Meningkatkan daya tahan tubuh

Campuran madu beserta teh dan lemon akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Yang Terbukti Secara Ilmiah

Disamping memberikan banyak manfaat untuk tubuh, tidak banyak yang tahu kalau ternyata madu mentah juga  memiliki efek samping yakni, antara lain:

Keluhan alergi

Madu mentah memiliki kandungan polen dalam jumlah yang banyak sehingga bisa memicu kambuhnya alergi untuk yang memiliki keluhan terhadap polen.

Perut menjadi tidak nyaman

Tidak semua yang alami itu aman jika dikonsumsi apalagi dalam jumlah yang banyak, begitunya dengan madu mentah konsumsi berlebih madu ini akan membuat perut yang mengonsumsinya menjadi tidak nyaman.

Menyebabkan botulisme pada bayi

Botulisme adalah keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri clostridium botalinum. Pemberian madu mentah pada bayi di bawah 1 tahun dapat memicu botalisme pada bayi tersebut dan hal ini tentu saja sangat berbahaya.

 

Nah, itulah ulasan terkait madu mentah yang mengandung beragam manfaat. Namun apabila tidak  bijak dalam mengonsumsinya bisa- bisa para pencinta madu akan merasakan efek samping seperti yang sudah diuraikan diatas. Dan yang paling penting konsumsilah madu secukupnya dan tidak berlebihan agar khasiat yang diharapkan benar-benar dapat kita rasakan.


Referensi:

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-madu-mentah/
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/efek-samping-dan-bahaya-madu-mentah/
  3. https://lifestyle.okezone.com/read/2016/08/12/481/1462143/bahaya-dan-manfaat-konsumsi-madu-mentah

Tinggalkan Balasan