fbpx

info@dailyhoney.co.id

Benarkah Menyendok Madu dengan Sendok Logam Berbahaya?

Benarkah Menyendok Madu dengan Sendok Logam Berbahaya?

Benarkah Menyendok Madu dengan Sendok Logam Berbahaya? — Rasanya tidaklah bijak jika menelan mentah-mentah apa yang orang-orang katakan tentang suatu informasi, kita dituntut untuk pintar menyikapi, selektif dalam menyerap informasi dan yang tidak kalah penting telusuri terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut.

Banyak beredar kabar bahwa dalam mengambil madu tidak boleh menggunakan sendok yang berbahan logam atau jenis lain seperti porselen, keramik, kaca atau stainless steel.

Hal ini ditenggarai oleh kandungan asam pada madu yang konon katanya dapat menguraikan logam. Uraian logam tersebut dikhawatirkan dapat mengubah komposisi dan rasa madu bahkan bisa menghasilkan garam beracun.

Benarkah demikian?

Memang benar! Namun, perlu dicermati baik-baik bahwa madu sangat tidak disarankan disendok dengan sendok logam atau stainless steel hanya jika, sendok yang digunakan untuk menyendok tersebut sudah berkarat atau korosi.

Jangankan untuk madu, untuk menyendok jenis makanan atau minuman apaun dengan sendok yang sudah berkarat pasti kita juga tidak mau, terlepas dari apakah makanan dan minuman tersebut bersifat bisa atau tidak mengurai logam menjadi racun.

Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa ternyata banyak kok para peternak lebah yang memakai bahan yang terbuat dari logam atau stainless steel saat memanen madu. Jika karena hal itu bisa merusak kualitas madu, tentu para peternak tersebut tidak akan melakukannya. Lagi pula sebagai peternak madu, sudah selayaknya mereka dibekali pengetahuan yang mendalam tentang bidang yang digelutinya.

Lebih jauh, selama ini juga belum ada data ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut. Silakan gunakan sendok logam seperlunya kalau Anda mau. Namun demikian, perlu juga diperhatikan bahwa setiap selesai menyendok madu, jangan biarkan sendok logam tergeletak didalam wadah berisi madu. Apalagi sampai dibiarkan berendam lama didalam madu lalu disimpan, walaupun sendok tidak berkarat, akan jauh lebih baik bila kita berhati-hati agar madu tetap aman untuk dikonsumsi.

Semoga informasi diatas dapat memperbaharui pemahaman kamu ya, terutama para pecinta madu yang ada di rumah. Bagi yang sebelumnya masih bingung menyoal boleh atau tidaknya sendok logam digunakan untuk menyendok madu, diharapkan sekarang sudah paham dengan penjelasan ini, ya.

Semoga bermanfaat :3

Tinggalkan Balasan