fbpx

info@dailyhoney.co.id

Benarkah Serbuk Sari Bunga Matahari Dapat Meningkatkan Kesehatan Lebah Madu?

Benarkah Serbuk Sari Bunga Matahari Dapat Meningkatkan Kesehatan Lebah Madu?

Para ilmuwan menemukan solusi dari menurunnya populasi lebah agar terhindar dari kepunahan, wah apa itu? Ya..serbuk bunga matahari kabarnya mampu meningkatkan kesehatan lebah.

Serbuk sari yang melekat pada tanaman dengan warna-warna cerah dapat mencegah lebah terutama ratu lebah dari terinfeksi patogen atau parasit.

Para Peneliti membuktikan bahwa, khususnya Serbuk bunga matahari dapat mengatasi infeksi oleh patogen crithidia bombi pada lebah madu. Lain halnya dengan lebah madu eropa yang dapat terlindung dari patogen dengan jenis yang berbeda yakni nosema cerenae.

Kedua jenis patogen ini disinyalir menjadi salah satu penyebab penurunan  populasi lebah madu,

Dari serbuk bunga matahari lebah juga mendapat asupan protein dan lemak, yang sangat berguna bagi lebah dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meski begitu, hal tersebut tidak semata-mata menjadikan serbuk sari bunga matahari sebagai tanaman yang dapat menghindarkan lebah dari kepunahan. Apa pasal?

Hal ini karena tidak semua lebah madu yang mampir menghisap nektar bunga matahari juga mengambil manfaat yang terdapat pada serbuk sari.

Selain itu, para peneliti menggaris bawahi bahwa serbuk sari bunga matahari tidak bisa menjadi sumber utama makanan lebah, sebab kandungan protein dan asam aminonya tergolong rendah.

Mengutip dari id.tun, pernah ada beberapa upaya dalam skala besar yang bertujuan menjadikan serbuk bunga matahari agar menjadi makanan utama lebah.

Jonathan Giacomini ialah seorang penulis dan juga mahasiswa doktoral dalam ekologi terapan di NC State menyatakan, “ Setiap tahun, di Amerika Serikat ada setidaknya 2 juta hektar dan 10 hektar tanah di Eropa yang diperuntukkan untuk menanam bunga matahari.”

Seorang peneliti bernama Irwin memaparkan bahwa bunga matahari dapat menjadi bahan makanan tambahan yang  baik bagi populasi bunga liar yang bervariasi untuk lebah terutama lebah madu.

Masih menurut Irwin, “ langkah kami selanjutnya pada penelitian ini adalah berusaha mengungkap mekanisme yang menjadi dasar efek obat serbuk sari bunga matahari pada patogen lebah.”

Tidak hanya itu, para peneliti tersebut juga bertekad akan melanjutkan penelitian ini guna mencari tahu apakah serbuk sari bunga matahari juga memberi efek positif bagi kesehatan spesies lebah lain.

Para peneliti tersebut juga berharap, pada masa depan mereka dapat menemukan jawaban  terkait apakah serbuk bunga matahari membantu lebah inang melawan patogen  atau malah serbuk sari bunga matahari itu sendiri yang melawan patogen.

Ayo honey lovers kita bantu do’akan semoga harapan para peneliti ini segera terwujud. Aamiin.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber : bobogrid.id

https://id.tun.com/blog/sunflower-pollen-save-declining-bee-populations/

Tinggalkan Balasan