fbpx

info@dailyhoney.co.id

Berat Badan Mulai Mengkhawatirkan? Ayo Atasi dengan Diet Madu! Begini caranya…

Berat Badan Mulai Mengkhawatirkan? Ayo Atasi dengan Diet Madu! Begini caranya…

Himbauan pemerintah untuk sementara waktu beraktivitas dirumah a.k.a #dirumahaja sebagai salah satu usaha mengurangi penyebaran virus corona, mulai berimbas pada penambahan berat badan kamu? Apalagi kalau tidak dibarengi dengan olahraga, tentunya. Kalau terus seperti itu, bisa-bisa selesai lockdown ini, berat badan kamu bisa naik secara signifikan tanpa kamu sadari.

Banyak alasan yang menjadikan tubuh kelebihan berat badan. Apalagi dalam kondisi yang dihadapi hampir semua negara di dunia ini membuat banyak orang merasa khawatir tertular virus COVID-19, sehingga muncullah perasaan was-was hingga stress berlebih. Untuk sebagian orang, pelampiasan stress berdampak pada intensitas makan sedangkan aktifitas fidik berkurang dari biasanya. Jadi, wajar saja kalau lemak di perut jadi bertumpuk tak karuan.

Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa melakukan treatment diet dengan madu di rumah untuk mengatasinya. Lho? Katanya kalau diet harus menghindari makanan yang manis? Betul, tapi madu berbeda. Madu lebih dari sekedar gula karena mengandung nilai gizi tinggi dan rendah kalori.

Rasa manis pada madu dipercaya bisa menurunkan berat badan karena madu bebas lemak, tidak mengandung kolestrol dan bebas sodium. Oleh karena itu, madu dikenal juga dengan nektar manis alam (menurut National Honey Board yang dikutip dari Food NDTV (08/08)).

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya madu bisa membantu menurunkan berat badan? Menarik! Untuk itu, mari kita simak penjelasan berikut.

.  .  .

1 | Madu membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Mengurangi sedapat mungkin penggunaan gula dalam setiap makanan dan minuman sangat dianjurkan bagi kamu yang sedang melakukan diet sehat. Sebagai gantinya kamu bisa gunakan madu yang kaya vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

2 | Madu memiliki kandungan kalori yang rendah

Dalam satu sendok madu hanya mengandung tidak lebih dari 64 kalori, dimana angka tersebut 40% lebih rendah dibangingkan pemanis lainnya. Namun begitu, madu mampu menyuplai energi yang besar bagi tubuh dan tentunya berat badan tidak akan melonjak naik.

3 | Madu mudah dicerna

Madu mudah dicerna sebab molekul gula yang terkandung dalam madu dapat berubah menjadi gula lain, dalam hal ini fruktosa menjadi glukosa. Orang dengan perut sensitif sekalipun aman mengonsumsi madu termasuk bagi mereka yang sedang berdiet.

4 | Madu membantu membakar lemak tubuh

Larutkan 3 sendok madu kedalam segelas air hangat kemudian seduh, lakukan hal ini sebelum tidur agar tubuh dapat membakar lebih banyak lemak pada jam awal-awal tidur.

5 | Madu dan lemon di pagi hari anti selulit

Para ahli menyarankan untuk mengawali hari dengan meminum campuran 150 ml air hangat dengan 1 sendok teh madu serta ½ buah perasan lemon. Lakukan sebelum sarapan. Minuman yang dipercaya dapat mengatasi selulit ini juga ampuh untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain gula, madu memiliki kandungan asam yang dapat membantu kerja usus dan ginjal berfungsi lebih baik.

6 | Maksimal 4 sendok makan madu per hari

Hanya karena madu produk alam dan kaya manfaat tidak berarti kita bisa mengkonsumsi madu semaunya.

Pastikan kamu tahu berapa takaran madu yang boleh dikonsumsi setiap harinya agar khasiat dari madu yang kita konsumsi tersebut dapat bekerja secara optimal dalam tubuh.

Normalnya, maksimal konsumsi madu yang disarankan untuk mereka yang sedang melakukan diet adalah 4 sendok makan perhari. Namun jika kamu memiliki keluhan medis atau penyakit tertentu ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan yang kamu percaya.

.  .  .

Nah, bagaimana? Sudah tahu bukan bagaimana pemnafaatan madu dalam melakukan diet? Kalau begitu tinggal dipraktekkan saja lagi di rumah, selagi menyediakan madu sebagai menu diet kamu. Kuncinya adalah pada motivasi dan konsisten setiap hari.

Demikian ulasan tentang diet madu yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah, dan penting untuk dicatat selama melakukan diet madu hindari mengonsumsi junk food serta makan buah yang berlebihan.

Yang tidak kalah penting adalah imbangi diet madu kamu dengan rutin berolahraga, tidak perlu lama 10-15 menit perharinya sudah cukup guna mendapatkan hasil yang memuaskan.

 Selamat mencoba!


Referensi:

  1. https://food.detik.com/info-sehat/d-4158225/madu-bisa-bantu-turunkan-berat-begini-cara-konsumsinya
  2. https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-2429984/minum-madu-sebelum-tidur-bisa-hilangkan-14-kg-seminggu
  3. https://beautynesia.id/2916/article/health-food/minum-madu-sebelum-tidur-bisa-membuat-tubuh-langsing

Tinggalkan Balasan