fbpx

info@dailyhoney.co.id

Bunda, Inilah 7 Tips Kreatif Agar Anak Rutin Minum Madu di Rumah

Bunda, Inilah 7 Tips Kreatif Agar Anak Rutin Minum Madu di Rumah

Madu dan susu merupakan dua jenis produk hewani yang banyak disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan khas secara alami. Selain karena rasanya yang enak, madu khususnya juga terbukti memiliki beragam manfaat terhadap kesehatan, terutama untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak pada masa tumbuh kembangnya. Sehingga, barangkali tak sedikit Bunda di rumah yang selalu menyediakan madu sebagai menu favorit untuk anak-anak mereka. Selagi mereka suka dan itu juga menyehatkan, tak ada masalah bukan?

Akan tetapi, ada kalanya anak-anak mungkin bosan untuk meminum madu secara rutin, meskipun Bunda telah berusaha membujuknya setiap hari. Tapi itu sebenarnya wajar, kok, Bunda selagi nafsu makan si anak tidak bermasalah. Penyebab si anak menjadi bosan meminum madu mungkin karena tidak dibiasakan dari awal atau cara penyajiannya yang monoton sehingga anak-anak jadi kurang tertarik. Nah, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengkreasikan makanan atau minuman yang biasanya dikonsumsi oleh anak dengan madu semenarik mungkin.

Berikut ini adalah 7 tips kreasi makanan/minuman dengan madu buat Bunda di rumah agar anak-anak tidak cepat bosan.

#1. Campurkan madu dengan susu

susu dan madu

Jika biasanya Bunda menyajikan segelas susu sebagai menu sarapan anak-anak sebelum mereka berangkat ke sekolah, misalnya, maka tips yang satu ini patut dicoba. Caranya, Bunda bisa tambahkan 1-2 sendok madu (atau secukupnya saja) ke dalam segelas susu hangat, usahakan agar tidak terlalu manis.

Pada produk susu UHT yang biasanya agak hambar, maka tambahan madu murni bisa menjadi pemanis alami pada susu. Kombinasi susu dengan madu kaya dengan nutrisi untuk menambah energi dan stamina di pagi hari.

#2.  Campurkan madu ke dalam jus/teh

madu dan lemon

Selain dicampur ke dalam susu, madu juga dapat ditambahkan pada minuman lainnya seperti jus buah atau segelas teh hangat. Ketimbang menggunakan gula sebagai pemanis teh atau jus, Bunda dapat menggantinya dengan beberapa sendok madu segar. Selain terasa lebih nikmat, tentunya minuman jus/teh yang ditambahkan madu akan lebih menyehatkan.

Jika anak Bunda tidak suka minum teh, Bunda bisa menggantinya dengan segelas air hangat ditambah irisan lemon dan sesendok madu segar. Mudah ‘kan caranya?

#3.  Oleskan madu pada roti

breads & honey

Jika Bunda biasa menyajikan roti lapis atau pancake untuk menu sarapan di rumah, cukup dengan menambahkan madu pada lapisan roti akan membuat sajian roti terasa lebih nikmat. Mengoleskan madu pada roti tawar yang hambar akan memberikan rasa manis alami yang juga kaya dengan nutrisi. Selain pada roti, madu juga dapat ditambahkan pada permukaan sandwich atau omelet untuk memberikan cita rasa manis yang pas. Dijamin, anak Bunda pasti suka!

#4.  Tambahkan madu pada puding/pancake

pancake dan madu

Kue puding dan pancake lapis mungkin adalah salah satu makanan favorit banyak orang, terutama anak-anak. Selain ditaburi dengan sirup maple, sebagai gantinya pancake favorit juga bisa disirami dengan madu segar. Tidak hanya pancake saja, varian cake seperti kue puding, cup cake, wafel dan sebagainya juga akan terasa lebih enak kalau disirami madu segar.

#5.  Oleskan madu pada buah

pir dan madu

Beberapa buah-buahan seperti apel dan pir, akan terasa lebih lezat jika ditambahkan dengan pemanis alami seperti madu murni. Caranya, cukup Bunda iris buah apel atau pir menjadi beberapa bagian, lalu panggang dalam oven dengan suhu yang tidak terlalu panas (agar tidak merusak tekstur buah). Setelah itu, tambahkan madu segar secukupnya. Tekstur daging buah yang matang dan manis madu yang khas akan membuat anak Bunda ketagihan.

#6.  Tambahkan madu pada bubur/sereal

sereal dan madu

Jika biasanya sereal atau bubur disajikan dengan kuah sirup atau susu, Bunda juga bisa menambahkan madu untuk memperkaya rasa pada sarapan sereal/bubur anak di rumah. Campuran rasa madu dan susu dengan tekstur sereal akan menyatu dengan pas, apalagi disajikan hangat di pagi hari.

#7.  Tambahkan madu pada es krim

es krim dan madu

Hampir semua anak-anak suka makan es krim, bukan? Bunda juga dapat menambahkan pada makanan favorit anak-anak yang satu ini dengan madu segar sebagai pengganti gula atau bahan pemanis pada es krim. Anak-anak mana yang bisa menolak ditawari es krim segar? Apalagi ditambah dengan madu yang memberikan sentuhan rasa manis alami dan kaya nutrisi.

Baca Juga: MADU ASLI KONSUMSI HARIAN ANAK

Nah, itulah beberapa tips kreasi makanan/minuman dengan madu yang layak Bunda coba di rumah, kalau mau. Cukup simpel, bukan? Selain dari pilihan menu yang ada di atas, Bunda juga dapat mencoba kreasi tersebut pada makanan/minuman lainnya sesuai keinginan dengan cara sekreatif mungkin.

Akan tetapi, yang perlu Bunda ingat adalah usahakan agar tidak memanaskan madu sebagai bahan tambahan pada makanan tersebut, karena hal itu dapat merusak kandungan nutrisi pada madu sehingga esensinya sebagai makanan bergizi jadi hilang.

Selain dari itu, yang tak kalah pentingnya adalah tidak memberikan madu pada anak usia di bawah 1 tahun karena sistem pencernaan anak pada usia tersebut masih belum sempurna untuk menyerap nutrisi makanan. Jadi, tips ini khususnya hanya ditujukan untuk Bunda di rumah yang memiliki anak usia (paling tidak) 1-5 tahun dan/atau diatasnya. Kira-kira begitulah catatan yang perlu diingat ya, Bunda.

Terakhir, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan