fbpx

info@dailyhoney.co.id

Fabolous! Madu Bisa Menunjukkan sumber Pencemaran Lingkungan

Fabolous! Madu Bisa Menunjukkan sumber Pencemaran Lingkungan

Lebah tidak hanya berperan besar dalam menghasilkan madu, yang mana dengan perkembangan tekhnologi dan ilmu pengetahuan semua kebaikan dan kedahsyatan multimanfaat dari  produk alam yang lebah persembahkan ini terungkap lagi dan lagi.

Madu kabarnya dapat menunjukkan sumber pencemaran lingkungan. Wah! Keren ya?!

Sebuah Universitas Kanada yakni University of British Columbia menemukan bahwa ternyata madu dapat menunjukkan dengan tepat sumber-sumber pencemaran lingkungan.

Pada tahun 1975 telah terbit sebuah hasil penelitian untuk memantau polusi, laporan dari penelitian ini berkaitan dengan analisis unsur madu yang bertujuan untuk mendeteksi asal produksi madu, apakah berada pada kawasan industri yang tercermar atau sekitar jalan raya.

Penelitian juga dilakukan dengan mengamati bagaimana ketika lebah terbang mengudara untuk mencari makan dari nektar dan serbuk sari, ternyata serangga ini juga meminum air dan menghirup udara yang bisa saja tercemar.

Tidak hanya itu lebah  juga ternyata secara pasif mengumpulkan debu dan berinteraksi dengan setiap  bagian lingkungan

Peneliti dari University of British Colombia menemukan bahwa madu yang lebah kumpulkan pada area sekitar jalan raya atau tempat terjadi aktivitas lalu lintas, akan mengandung unsur-unsur logam berat antara lain : nikel, barium,  dan silikon

Penemuan lain yang diungkapkan peneliti adalah madu yang berada di daerah pusat kota yang berarti wilayah padat penduduk atau wilayah aktivitas industri sudah meningkatkan elemen seperti seng, titanium, tembaga atau timah yang menjadi tanda keberadaan aktivitas manusia.

Menariknya unsur atau logam berat yang tersebut meningkat pada sarang lebah yang lebih dekat dengan daerah yang lalu lintasnya padat, kota yang kepadatannya tinggi, pelabuhan, dekat pabrik, tambang, jalan raya, serta kawasan industri lain.

Kamu harus tahu ini honey lovers, menurut University of British Colombia, madu pada kawasan Metro Vancouver mempunyai kandungan logam berat seperti timah yang tergolong rendah seantero dunia. Dengan kata lain Kawasan tersebut memiliki kondisi lingkungan yang bersih dan sehat.

Yang tidak kalah menarik, melansir dari Azocleantech.com selain dapat menjadi indikator yang kuat dari pencermaran lingkungan, peneliti mengungkapkan bahwa madu lebah juga dapat mendeteksi polusi oleh bahan radioaktif.

Masih menurut sumber yang sama, dalam menganalisis eksistensi polutan dalam madu, faktor yang paling penting adalah memahami ketika lebah menghisap nektar dari tanaman, bagaimana cara tanaman tersebut menyerap polutan dan pada area tubuh yang mana polutan itu terkonsentrasi.

Mungkin pertanyaan itu akan kita ketahui jawabannya beberapa tahun ke depan ya honey lovers, terakhir, Bravo! untuk para peneliti yang terus mendedikasikan hidupnya demi kemajuan ilmu dan pengetahuan, sehingga dapat menambah wawasan dan membuka cakrawala berpikir kita.

Semoga bermanfaat

Sumber : https://bobo.grid.id/read/081671756/madu-bisa-mengukur-pencemaran-lingkungan-lo-ini-penjelasannya

https://www.azocleantech.com/article.aspx?ArticleID=868

Tinggalkan Balasan