fbpx

info@dailyhoney.co.id

Honey Lovers, Hindari Mencampur Madu dengan 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini…

Honey Lovers, Hindari Mencampur Madu dengan 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini…

Madu adalah produk alam yang dihasilkan oleh serangga dimana didalamnya terkandung karbohidrat dalam jumlah yang besar, praktis tidak terdapat lemak maupun protein didalamnya. Kandungan dari gula-gula sederhana, fruktosa dan glukosanya sangat menentukan nilai gizi dari madu tersebut.

Meski madu memiliki nilai gizi yang tidak perlu diragukan, tetap saja untuk beberapa jenis makanan atau minuman tertentu, madu lebih disarankan untuk tidak ditambahkan pada makanan dan minuman tersebut — sebab akan berdampak tidak baik pada kesehatan.

Menurut sejumlah pakar kesehatan ahli gizi, mengungkapkan bahwa madu merupakan obat alami terbaik. Namun madu dapat juga berbahaya apabila dicampur dengan bahan makanan lain yang tidak tepat, sebagaimana yang dilansir dari laman thehealthsite.

Nah, kira-kira makanan dan minuman yang seperti apa saja, ya yang tidak direkomendasikan dikonsumsi bersama madu?

Lebih lanjut, praktisi medis bersertifikat dari New Age Ayurveda bernama Dr Surya A Bhagwati. Tardeo dari The Vaidya dan Dr.¬† Thulasidas dari Ayurvedic Village sempat menuliskan “daftar kombinasi madu dan makanan yang harus dihindari karena dinilai kurang baik atau kelebihan kalori.”

Untuk itu, dailyhoney telah merangkum dari berbagai sumber kategori dan jenis makanan serta minuman apa saja yang sebaiknya kamu hindari untuk dikonsumsi bersama dengan madu. Berikut ini adalah daftar lengkapnya.


#1. Madu dengan Roti, Biskuit atau Olahan Karbohidrat Lainnya

https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/05/Mengenal-Lebih-Banyak-Manfaat-Karbohidrat-Untuk-Tubuh.jpg
Gambar. Sumber makanan berkarbohidrat (via shutterstock.com)

Kamu sudah pasti tahu kalau komposisi madu sebagaian besarnya adalah terdiri dari karbohidrat. Jika di kombinasikan dengan makanan, seperti roti atau biskuit yang juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dikhawatirkan hal ini akan menyebabkan asupan karbohidrat berlebih dalam tubuh dan dalam jangka panjang dapat meyebabkan obesitas maupun koleterol.

#2. Madu dengan Air Mendidih

Astagfirullah! Janin Manusia Setengah Matang Ditemukan di Dalam ...
Gambar. Air mendidh dengan suhu 100 derajat Celcius (via shutterstock.com)

Dilansir dari laman thehealthsite.com, Dr. Bhagwati menuturkan bahwa ia melarang keras memasukkan madu ke dalam air panas atau minuman yang mendidih. Sebagaimana studi menjelaskan bahwa memanaskan madu di atas 60 derajat Celcius dapat mengakibatkan kenaikan yang signifikan dalam hidroksimetil furfuraldehyde (HMF — kandungan pada madu) yang bisa membuat keracunan pada manusia dalam kadar tertentu.

#3. Madu dengan Daging

https://cdn-cas.orami.co.id/parenting/images/shutterstock_706040446.width-800.jpg
Gambar. Daging setengah matang yang siap dikonsumsi (via shutterstock.com)

Melumuri  madu ke atas daging atau menjadikan madu sebagai bahan pencelup daging yang sudah lazim kita lihat di lakukan oleh chef pada restoran berkelas, ternyata menurut Ayuverdic kedua bahan makanan tersebut sebaiknya tidak dimakan secara bersamaan. Hal ini karena kedua menu tersebut memiliki sifat dan kandungan yang bertentangan jika masuk ke tubuh yang tentu saja bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan.

#4. Madu dengan Lobak

Gambar. Salad lobak hijau (via gettyimage.com)

Mencampur madu dengan lobak dipercaya bisa membentuk zat racun dalam tubuh. Jadi, bagi kamu yang gemar membuat makanan salad usahakan untuk tidak mencampurkan lobak ke dalam salad yang kamu buat, ya… meskipun enak, tapi kesehatan kamu tetap lebih penting.

Namun, jika kamu tetap ingin mengonsumsi makanan dari olahan lobak, kamu hanya perlu menghindari mencampurkan madu ke dalamnya, dan sebagai gantinya kamu bisa gunakan minyak zaitun.

#5. Madu dengan Minyak Samin

Berkenalan dengan Minyak Samin, Minyak dari India
Gambar. Minyak samin, jenis mentega yang dipanaskan pada suhu tinggi (via sehatq.com)

Dilansir dari boldsky, kombinasi madu dan minyak samin dipercaya bukanlah kombinasi yang bagus, kedua bahan makanan ini bisa menyebabkan zat racun di dalam tubuh.

Minyak samin adalah mentega lemak hewani yang dimurnikan. Sayangnya, mencampurkan lemak hewani dengan madu memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

#6. Madu dengan Minuman Berkalori Tinggi

Minuman Bersoda Meneror Kesehatan Kita - Alodokter
Gambar. Minuman bersoda, salah satu jenis minuman berkalori tinggi (via shutterstock.com)

Seperti yang kita tahu kalori yang terkandung di dalam madu jauh lebih banyak dibandingkan bahan pemanis lain seperti gula. Menambahkan madu pada minuman memang sering dipraktekan. Akan tetepai, kita harus tetap bijak memilih minuman apa yang sebaiknya kamu hindari untuk tidak menambahkan madu kedalamnya. Hal ini karena jika minuman yang kamu konsumsi sudah memiliki kalori yang tinggi kemudian ditambah lagi dengan madu, maka sudah bisa dipastikan akan menyebabkan asupan kalori dan energi yang berlebih di dalam tubuh.*

Semoga bermanfaat.


*) Dikutip dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan