fbpx

info@dailyhoney.co.id

Inilah 3 Jenis Makanan yang Justru Lebih Menyehatkan Jika Ditambah Madu…

Inilah 3 Jenis Makanan yang Justru Lebih Menyehatkan Jika Ditambah Madu…

Menjadikan madu sebagai pengganti gula adalah pilihan yang tepat dilakukan, terlebih madu tergolong cukup bersih dari zat yang membahayakan dan meracuni tubuh kamu. Hal ini tentu saja tidak berlaku jika kamu menerobos aturan mengonsumsi madu yang sesuai dengan yang dianjurkan dan malah mengonsumsinya secara berlebihan.

Umumnya kita menyertai madu pada makanan atau minuman yang rasanya tawar atau hambar, pengaplikasiannya pun beragam ada yang dicampur langsung ada yang dioleskan dan kadang jadi topping yang membuat makanan atau minuman selain semakin leza, juga terlihat makin menarik dan menggiurkan.

Namun demikian, mencampurkan madu ke dalam makanan dan minuman dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih pada tubuh, hanya saja jika kamu membubuhi madu pada jenis makanan yang tepat.

Nah, pertanyaannya, memang ada gitu jenis makanan tertentu yang justru kurang baik kalau ditambahkan madu? Tentu saja ada.

Ada beberapa jenis makanan maupun minuman yang karena kandungan yang terdapat di dalamnya jika bertemu dengan nutrisi yang terdapat pada madu, akan mengakibatkan munculnya suatu reaksi yang tidak baik dampaknya bagi tubuh. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu baca di sini: Honey Lovers, Sebaiknya Hindari Mencampur Madu Pada 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini…

Sebaliknya, ada beberapa bahan makanan dan minuman yang apabila ditambahkan madu akan jauh lebih sehat untuk di konsumsi.

Dilansir dari doktersehat.com, berikut ini adalah daftar bahan makanan yang lebih sehat jika ditambahkan madu dan penjelasannya.

#1. Kacang-kacangan

7 Jenis Kacang yang Sehat untuk Dimakan Halaman all - Kompas.com
Ilustrasi via shutterstock.com

Honey lovers, pernahkah kamu mencoba mengombinasikan bahan makanan jenis yang satu ini dengan madu? Bila belum kamu perlu mencobanya, mungkin layak dicoba, nih di rumah karena madu dapat menjadi pemasok gula alami yang tidak ditemukan dalam kacang.

Kamu mungkin pernah mencicipi sajian kacang tanah yang diolah dengan gula merah. Mungkin beberapa daerah menyebutnya dengan nama ampyang, olahan ini berbentuk seperti peyek kacang, hanya saja kalau peyek kacangnya tertambat pada tepung, sedangkan camilan ini kacangnya berbaur dengan gula merah (rasanya cukup unik dan enak — sayangnya, mungkin saat sekarang sudah jarang  ditemukan).

Nah, tidak ada salahnya ‘kan jika gula merah tersebut diganti dengan madu? Selain kamu akan mendapatkan sensasi rasa dan olahan yang berbeda, dan yang terpenting adalah kamu bisa menyantap camilan yang enak dan juga sehat.

Kabar baiknya adalah dengan mencampurkan madu pada kacang dapat meningkatkan asupan fitonutrien karena pada madu juga terdapat kandungan tersebut.

Fitonutrien itu apa, sih?

Fitonutrien merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh dan bersifat menyembuhkan suatu penyakit. Didalamnya juga terkandung zat aktif yang berperan dalam proses pembakaran lemak di dalam tubuh, mengandung antioksidan, dan dapat memperlambat penuaan dini.

#2. Makanan Protein Hewani

Pilihan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi
Ilustrasi via shutterstock.com

Sajian makanan protein hewani yang dibubuhi madu dapat menjadikan kandungan protein hewani yang tadinya rendah karbohidrat jadi semakin lengkap.

Jenis makanan protein hewani ini sering, lho kamu santap honey lovers!? Sebut saja seperti ayam bakar atau ikan bakar. Jika kamu biasa menyantapnya dengan sambal terasi, tidak ada salahnya kamu beri tambahan sedikit madu, sudah pasti rasanya semakin kaya dan tentu saja sehat untuk tubuhmu.

#3. Minuman Rendah Kalori

What are the lowest calorie alcoholic drinks? Guilt-free drinks if ...
Ilustrasi via gettyimage.com

Nah, honey lovers — kamu sudah tahu belum minuman yang rendah kalori itu seperti apa?

Yang jelas bukan jenis minuman seperti jus dari buah yang manis maupun minuman manis kemasan ya..

Iya benar sekali, minuman sejenis teh tawar, minuman dari rempah alami semisal bandrek atau sekoteng merupakan jenis minuman sehat yang rendah kalori. Adapun menambahkan madu ke dalam jenis minuman itu akan menjadikan minuman tersebut semakin sehat, dan yang pasti hal ini bisa memberikan asupan energi lebih pada tubuh.

*****

Nah, itulah dia beberapa jenis bahan makanan dan minuman yang justru lebih meyehatkan jika ditambah madu. Selain dari mencampurkan madu pada beberapa pilihan makanan/minuman diatas, kamu juga bisa, lho melakukannya pada makanan/minuman lainnya, seperti susu UHT, omelet, sereal, jus buah tanpa gula, atau hanya sekedar mencampurnya dengan segelas air hangat. Yang penting adalah selama kamu cukup kreatif mengkombinasikannya dan tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Baca juga: Yummy…!? Ini Dia 15 Tips Membuat Aneka Olahan Enak dengan Madu

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan