fbpx

info@dailyhoney.co.id

Inilah 30+ Fakta Menarik tentang Madu yang Wajib Kamu Tahu

Inilah 30+ Fakta Menarik tentang Madu yang Wajib Kamu Tahu

Sebagai pecinta madu, apakah kamu sudah tahu belum fakta-fakta tentang madu pernah yang dailyhoney rangkum disini? Kalau sudah, berarti ada beberapa yang mungkin sudah kamu tahu ketika membaca artikel yang diposting sebelumnya, ‘kan? Namun, tidak ada salahnya lho kamu tahu lebih banyak dengan membaca ulasan lebih lanjut. Kenapa? Ya, karena semakin kita tahu banyak hal itu semakin baik, lho!?

Lalu, apa aja sih fakta-fakta unik lainnya tentang madu yang tak kalah menariknya untuk diketahui? Yuk, simak daftar berikut.

  1. Madu merupakan bahan pemanis alami pertama di dunia.
  2. Yunani dan Sisilia adalah negara yang memproduksi madu pertama kali.
  3. Jenis bunga dan buah yang dikunjungi lebah mempengaruhi jenis madu dari segi warna, rasa, aroma dan teksturnya.
  4. Madu adalah satu-satunya makanan yang mengandung pinocembrin, yaitu jenis antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi memori otak.
  5. Di dalam madu (hampir) tidak terkandung lemak dan kolestrol jahat
  6. Madu sudah digunakan oleh bangsa Mesir kuno pada 5500 SM. Menurut catatan sejarah yang berhasil ditemukan, dari semua obat yang orang Mesir ketahui, madu adalah yang paling populer.
  7. Pada abad pertengahan, madu dijadikan sebagai bahan obat-obatan yang lazim.
  8. Nektar dari bunga yang berbeda bisa menghasilkan rasa madu yang berbeda pula.
  9. Manusia diketahui sudah mengumpulkan lilin dan madu lebah di Turki semenjak 8000 SM.
  10. Proses memanen madu diperlihatkan pada sebuah seni cadas dari tahun 6000 SM di Spanyol.
  11. Pada tahun 2400 SM, peternakan lebah madu sudah berdiri di Mesir.
  12. Sebuah situs di Cina Utara menemukan wadah tembikar 9000 tahun yang berisi fermentasi dengan madu, termasuk nasi dan buah yang berarti sebagai minuman fermentasi tertua dibuat dengan madu.
  13. Ilmuwan menjumpai pot madu di kuburan Mesir yang berusia ribuan tahun dan masih aman untuk dimakan ini karena kelembaban udara yang rendah, asam kuat dan senyawa anti bakteri menjadikan madu yang disegel yang baik nyaris tidak mungkin rusak.
  14. Bukti tertua terkait keberadaan madu berasal dari 5000 tahun silam, saat para arkeolog menemukan jejak madu di sebuah kuburan di Georgia.
  15. Masyarakat Yunani kuno menyebut madu sebagai makanan dewa karena khasiat dan kelezatannya yang beraneka ragam.
  16. Madu terdiri dari 80% gula dan 20% air, dimana dalam satu sendok makan madu mengandung 64 kalori.
  17. Mengonsumsi madu, cuka dan air dalam jumlah yang sama manjur untuk mendetoksifikasi tubuh.
  18. Masyarakat Jerman Barat dan Swiss merupakan yang paling gemar mengonsumsi madu, rata-rata konsumsi madu adalah adalah 1,4 kg/orang/tahun.
  19. Konsumsi madu terendah di negara maju berturut-turut adalah Amerika Serikat rata-rata 400-500 gram/orang/tahun disusul Inggris 250-350 gram/orang/tahun
  20. Kandungan zat dan senyawa dalam madu sangat lengkap dan kaya, setidaknya ada 118 macam zat dan 200 senyawa yang telah ditemukan di dalamnya.
  21. Madu acap kali dipakai untuk mengawetkan daging pada zaman Yunani dan Mesir kuno, hasilnya daging tetap segar setelah disimpan beberapa minggu.
  22. Nenek moyang kita pernah menganjurkan berkumur dengan madu yang diencerkan guna mengobati radang rongga mulut.
  23. Madu randu atau madu kapuk jika dicampur susu akan sangat baik untuk bayi, sebab madu kaya akan zat besi sedangkan air susu ibu ataupun susu sapi hanya mengandung zat besi.
  24. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa daya anti-bakteri madu disebabkan oleh suatu senyawa sejenis lysozyme yang dikenal dengan nama inhibine. Jadi, tidak ada hubungannya dengan tingginya kadar gula ataupun rendahnya kadar air dalam madu.
  25. Madu juga punya peranan yang sangat penting terhadap pertumbuhan anak kecil, yaitu dikarenakan asam folat yang terdapat dalam madu. Asam folat merupakan susunan asam yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan organisme karena bisa memperbaiki susunan darah, meningkatkan jumlah eritrosit dan juga kandungan hemoglobin.
  26. Kesadaran akan pentingnya madu dalam menu harian masyarakat dipengaruhi oleh semakin tinggi tingkat teknologi suatu negara. Mereka percaya madu bukan saja “natural foods” tapi juga “natural health foods”.
  27. Minuman berakohol pertama dibuat dengan menggunakan madu sebagai bahan utama yang disebut mead atau wine madu.
  28. Madu banyak digunakan dalam ’sauce barbeque’ di samping pengaruhnya terhadap kemanisannya, juga menyebabkan timbulnya warna yang indah. Kandungan gula dalam madu dan adanya asam dalam sauce dan pemanasan, akan merangsang terjadinya proses karamelisasi. Hasilnya warna madu (barbeque) menjadi warna emas yang cerah, dan karena pemanasan mampu mengeluarkan senyawa aromatik yang mudah menguap, maka timbullah cita rasa flavor sate yang lezat dan khas.
  29. Cara mengawetkan daging dengan madu telah dilakukan pula oleh penduduk asli Srilangka, yaitu dengan cara: potongan-potongan daging dicelupkan ke dalam madu, disimpan di lubang kayu (pohon), beberapa puluh centimeter di atas tanah. Lubang tersebut kemudian diisi dengan ranting-ranting hingga penuh dan dibiarkan untuk beberapa lama, kadang-kadang sampai satu tahun, daging masih dalam keadaan yang baik dengan citarasa yang lebih baik pula.
  30. Madu bersama susu pernah jadi alat penyiksaan yang mengerikan pada zaman persia kuno yang dikenal dengan istilah Skafisme.
  31. Madu bisa meningkatkan produksi hormon serotonin yang mendukung suasana hati dan kesehatan mental dengan lebih baik secara signifikan.
  32. Madu dapat dimanfaatkan dalam proses pengawetan olahan ikan
  33. Madu bisa jadi bahan penjernih minuman (minuman infus).
  34. Rasa manis alami madu bisa sampai 1 ½ kali lebih manis daripada gula pasir.
  35. Madu dapat menunjukkan sumber-sumber pencemaran lingkungan di suatu daerah.*

Semoga informasi ini bermanfaat!


*) Dikutip dari berbagai sumber

 

Tinggalkan Balasan