fbpx

info@dailyhoney.co.id

Inilah 5 Resep Madu untuk Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak di Malam Hari

Inilah 5 Resep Madu untuk Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak di Malam Hari

Stres dan kecemasan adalah masalah kesehatan yang umum dihadapi oleh orang-orang di seluruh dunia. Satu dari lima orang di dunia pernah mengalami masalah kecemasan. Kecemasan dapat mempengaruhi orang-orang dalam berbagai cara, dan bahkan bisa berujung pada kematian jika tidak ditangani dengan benar.

Gejala yang umum dari kecemasan adalah ketakutan yang konstan terhadap situasi atau hal apapun, perilaku yang kompulsif dan gelisah, timbul pikiran depresi atau bunuh diri, konsumsi alkohol dan obat-obatan berlebih, dan berbagai gejala lainnya.

Gangguan kecemasan seringkali juga berkaitan dengan kesulitan tidur. Hal ini karena untuk dapat tertidur di malam hari, tubuh dan pikiran kita butuh suasana yang rileks. Pada saat kita stres atau mengalami depresi, otak kita kesulitan untuk berpikir dengan jernih sehingga mempengaruhi kondisi tubuh. Sehingga, hal itu berdampak pada masalah lain, seperti insomnia dan berbagai efek negatif yang mengikuti sesudahnya.

Kita semua tahu bahwa kurang tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan banyak masalah dalam hidup kita.

Bahaya dari kurang tidur

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Warwick pada tahun 2007, menemukan bahwa kurang tidur berhubungan erat dengan peningkatan tekanan darah, yang mana dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Hasil analisis selama 17 tahun terhadap 10.000 pekerja pemerintahan oleh Francesso Cappucino — seorang profesor pengobatan kardovaskular — menunjukkan bahwa mereka yang mengurangi waktu tidur mereka dari 7 jam di malam hari menjadi 5 jam atau kurang menghadapi 1,7 kali lipat peningkatan resiko kematian dari semua penyebab dan lebih dari 2 kali lipat resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular (Warwick Medical School, 2007).

Studi tersebut juga sekaligus menggambarkan bahaya dari gaya hidup modern yang mengkhawatirkan. Sekitar 1/3 populasi di Inggris dan 40 persen masyarakat Amerika biasanya tidur kurang dari 5 jam di malam hari, jadi, itu bukanlah masalah yang bisa dianggap remeh. Tekanan saat ini di masyarakat untuk memangkas waktu tidur, untuk bekerja lebih banyak, munglin bukanlah ide yang bagus — khususnya jika hanya tidur di bawah 5 jam dalam sehari.

Resep madu untuk kualitas tidur yang baik

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan keseimbangan mental dan melawan kecemasan adalah dengan mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki manfaat sebagai anti-depresan dan memperbaiki mood. Salah satu produk alami yang memenuhi kedua fungsi tersebut adalah madu. Cairan manis yang dihasilkan lebih telah dipercaya sebagai pengobatan terbaik untuk meredakan kecemasan.

Getting Our Beauty Sleep is Actually a Thing
Gambar. Mengkonsumsi 1-2 sendok madu sebelum tidur dapat membantu tubuh dan pikiran jadi lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari (via shutterstock)

Kamu mungkin terkesan bagaimana madu bisa bekerja mengatasi masalah kecemasan dan kesulitan tidur. Sebuah penelitian pada tahun 2013 yang dilakukan pada 300 anak-anak yang mengalami batuk dan radang tenggorokan, dilaporkan mengalami perbaikan kondisi dan mendapatkan tidur lebih nyenyak setelah diberi madu. Pada kasus itu, madu tidak hanya bermanfaat untuk meredakan gejala batuk dan peradangan secara efektif, melainkan juga bisa memberikan efek yang menenangkan secara psikologis.

Baca juga: Wah, Ternyata Madu Bisa Membantu Mengurangi Depresi dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak, Lho!?

Banyak orang telah mengakui manfaat terapis dari madu seperti yang dijelaskan di banyak jurnal medis untuk menyembuhkan sejumlah penyakit, mulai dari sakit tenggorokan sampai ke masalah radang sendi akut. Tapi, manfaat madu tidak hanya sampai disitu. Manfaat ajaibnya dalam meredakan kecemasan dan stres juga patut diperhitungkan, meskipun tidak banyak orang lain yang tahu.

#1

Madu dan air hangat

Health Benefits Of Drinking Honey With Warm Water
(Ilustrasi via Tiklii.com)

Resep madu merupakan cara termudah dalam mengatasi kecemasan dan stres. Khasiat madu untuk meredakan kecemasan lebih baik daripada mengkonsumsi jenis pengobatan lainnya yang disarankan oleh dokter. Dan juga, madu untuk mengatasi kecemasan sangat efektif dari segi biaya daripada cara pengobatan lain yang dapat menguras isi dompetmu.

Cara terbaik mengkonsumsi madu untuk meredakan kecemasan, yaitu:

  1. Sebelum pergi tidur, ambil 1 sendok teh madu lalu tambahkan ke dalam segelas air hangat.
  2. Konsumsi minuman ini sebelum tidur
  3. Ulangi ini setiap hari untuk mendapatkan mood yang lebih baik dan hidup yang lebih bahagia.

#2

Madu dan Kayu Manis

Can you really use honey and cinnamon for weight loss?
(Ilustrasi via https://www.medicalnewstoday.com/articles/318597)

Kayu manis kaya dengan Mangan yang merupakan unsur penting bagi syaraf dan jaringan tubuh. Sedangkan madu diketahui dapat meredakan ketegangan urat syaraf karena senyawa biokatif dari antioksidan dan aromanya yang menenangkan.

Caranya adalah:

  1. Cukup ambil setengah sendok serbuk kayu manis dan campurkan dengan satu sendok madu.
  2. Lalu tambahkan ke dalam segelas susu hangat
  3. Minum setiap malam sebelum tidur

#3

Madu dan Jus Lemon

Honey and Lemon Water: 7 Amazing Benefits and a Healing Recipe
(Ilustrasi via https://www.beebaltic.com/honey-lemon-water-recipe/)

Jus lemon memperkuat metabolisme tubuh karena merupakan sumber yang bagus untuk vitamin C. Madu untuk menredakan kecemasan adalah sebuah ukuran yang telah dterapkan oleh orang-orang sejak zaman kuno. Madu mengandung sejumlah mineral berharga, yang dapat merangsang relaksasi dan meredakan kecemasan yang sama baiknya dengan fungsinya dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Caranya adalah:

  1. Siapan jus lemon, madu dan jahe giling ke dalam mangkuk
  2. Campur semua bahan tersebut sampai merata dan halus
  3. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik

#4

Madu dan Almond

Honey Almond Perfume Oil – Daveeda Jane
(Ilustrasi via www.djbodyoils.com)

Madu dan buah almond juga dipercaya memiliki efek psikologis yang menenangkan dan memperbaiki mood seketika.

Caranya adalah:

  1. Ambil 5 sampai 10 buah almond dan hancurkan sampai cukup halus
  2. campurkan buah almond yang telah dilumatkan tersebut dengan 1 sendok madu
  3. Minum ramuan ini 1 sendok di pagi hari dan 1 sendok lagi di malam hari sebelum tidur

#5

Madu dan Apel

Really Great Diets - Helping you achieve your weight loss and ...
(Ilustrasi via reallygreatdiets.com)

Kombinasi buah apel dan madu ternyata juga dapat mengatasi gangguan kecemasan. Cobalah ramuan berikut ini sebagai bagian dari terapi relaksasimu untuk meredakan kecemasan.

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Potong buah apel menjadi beberapa irisan kecil dan masukan ke dalam blender
  2. Sebelum diblender, tambahkan 1 sendok madu ke dalamnya
  3. Ambil semangkok susu hangat dan tambahkan ke dalam campuran apel dan madu tersebut
  4. Lalu, blender semua bahan tersebut
  5. Minumlah campuran resep ini 2 kali sehari secara teratur selama sebulan untuk membantu tubuhmu tetap rileks.

***

Hmm, itulah ke-5 resep madu pilihan untuk membantu meredakan kecemasan dan membuat tidurmu lebih nyenyak di malam hari. Semua resep itu bisa kamu coba di rumah sebagai bagian dari terapi relaksasimu setiap hari. Usahakan mengkonsumsinya secara teratur, dan tentu saja harus dibarengi dengan pola hidup sehat yang lainnya, seperti melakukan diet dan berolahraga.

Baca juga: Ternyata ini Rahasia Produktivitas Lebah Madu: Tidur Cukup di Malam Hari

Dengan menjaga kualitas tidur dan diikuti dengan kebiasaan baik lainnya dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik secara fisik dan mental. Bagi kamu yang madih muda, ingat ya: tidur yang cukup itu bukan pertanda malas, tapi adalah kunci produktivitas.

Selamat mencoba!


Sumber:

  1. https://beekeepersnaturals.com/blogs/blog/sweet-sleep-honey-helps-good-nights-sleep
  2. https://www.google.com/amp/s/www.dabur.com/daburhoney/amp/honey-for-anxiety.html
  3. Warwick Medical School, 2007

Tinggalkan Balasan