fbpx

info@dailyhoney.co.id

Inilah Tips Mengkonsumsi Madu Selama Bulan Puasa Ramadhan

Inilah Tips Mengkonsumsi Madu Selama Bulan Puasa Ramadhan

Inilah Tips Mengkonsumsi Madu Selama Bulan Puasa Ramadhan — Kendati tengah menjalankan ibadah puasa, bukan berarti kamu harus merombak habis jadwal dan rutinitasmu, ya honey lovers. Oh, karena khawatir akan mempengaruhi kinerja saat tubuh tidak mendapat asupan cairan maupun nutrisi seperti hari biasanya, lalu berpikir lebih baik aktivitas selama bulan puasa ini diminimalisir saja?  Hmm..tidak perlu!

Tahukah kamu honey lover, berpuasa itu baik lho!? Puasa adalah cara yang tepat untuk melakukan detoksifikasi bagi tubuh sehingga sel-sel yang rusak dapat diperbaiki. Puasa juga dapat berperan dalam proses autofagi, yakni saat sel membersihkan diri dan menghilangkan partikel yang berbahaya atau yang sudah rusak.

Apapun itu, pastikan ya honey lover di bulan Ramadan ini kamu tetap berpuasa sebagaimana mestinya dan beraktivitas seperti biasa kalaupun ada perbedaan pastikan alihkan dengan memperbanyak ibadah. Lantas Bagaimana caranya?

Nah salah satu cara agar aktivitas gencar puasa lancar adalah dengan mengonsumsi madu. Kenapa harus madu? Hal ini sudah pernah dailyhoney ungkap pada pembahasan tentang manfaat madu saat puasa.

Baca juga: Selusin Alasan Madu Sangat Bermanfaat Bagi Kamu Yang Sedang Puasa

Lantas, kapan waktu yang tepat mengonsumsi madu di bulan puasa?

Selama bulan Ramadan, asupan makanan dan minuman yang diperoleh tubuh tentu antara waktu berbuka hingga makan sahur, begitu juga dengan waktu terbaik mengonsumsi madu.

clear-glass-bowl-beside-yellow-flower-1638280 (1)
Gambar. Segelas air hangat dicampur madu sangat cocok untuk dikonsumsi selama berbuka puasa maupun sahur (pexels.com)

Mengonsumsi madu baik saat berbuka, sebelum tidur maupun pada saat makan sahur sebenarnya punya manfaatnya masing-masing.

Minum Madu Saat Berbuka

Mengonsumsi madu saat berbuka dapat mengembalikan energi yang tersita karena aktivitas selama berpuasa. Bila dibandingkan dengan gula, madu dipercaya jauh lebih cepat dalam mengembalikan stamina yang pastinya juga lebih sehat karena tidak perlu khawatir gula darah kamu akan naik.

Madu juga bagus dikonsumsi saat berbuka puasa jika kamu memiliki keluhan asam lambung atau kembung, minum 1 sendok madu yang dicampur dengan air hangat untuk menetralkan gas dalam perut.

Lebih jauh madu juga bermanfaat untuk mencegah kita dari dehidrasi jika dikonsumsi pada saat berbuka puasa.

Minum Madu Sebelum Tidur

Guna mendapatkan tidur pulas dan berkualitas, konsumsi madu  sebelum tidur adalah pilihan yang tepat. Jadi saat harus terbangun dini hari untuk melaksanakan shalat malam, sebelum masuk waktu makan sahur tidak akan jadi masalah.

Minum Madu Saat Makan Sahur

Dalam satu sendok madu terkandung 17 gram karbohidrat, zat ini  yang kemudian diolah menjadi kalori yang bisa memberikan rasa kenya yang bertahan lama, atau dengan kata lain mengonsumsi madu dapat menekan rasa lapar, sehingga mengonsumsi madu diwaktu sahur  akan saat membantu tubuh untuk tetap beraktivitas dengan lancar selama berpuasa.

Cara mengonsumsinya, yaitu bisa dengan mengkonsumsinya langsung (satu atau dua sendok per sesinya), mencampurnnya dengan segelas air hangat atau bisa juga dilarutkan ke dalam teh hangat sebagai pengganti gula pada saat berbuka.

.   .   .

Nah, honey lover pastikan kamu mengkonsumsi madu diwaktu sebagaimana yang telah dailyhoney uraikan di atas ya! Semoga ibadah puasanya lancar dan aktivitaspun tetap gencar. Salam sehat!

Baca juga:


Sumber: https://www.madurasa.co.id/news/agar-maksimal-ini-waktu-terbaik-konsumsi-madu-saat-puasa

Tinggalkan Balasan