fbpx

info@dailyhoney.co.id

Inilah Waktu Terbaik Untuk Minum Madu Selama Bulan Puasa Beserta Manfaatnya…

Inilah Waktu Terbaik Untuk Minum Madu Selama Bulan Puasa Beserta Manfaatnya…

Meskipun tengah berada di situasi pandemi, umat muslim di seluruh dunia tetap menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan sebagaimana biasanya. Ya, meskipun suasana Ramadhan pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, banyak diantara kita yang tetap antusias menjalankan ibadah puasa yang dilakukan satu bulan penuh dalam setahun tersebut. Salah satu upaya untuk mejaga agar ibadah puasa tetap berjalan lancar adalah dengan menjaga pola makan yang sehat selama bulan Ramadhan.

Ada banyak menu makanan sehat yang bisa dipilih untuk sahur maupun berbuka, salah satunya yang terbaik adalah madu. Manisan alami dari lebah yang satu ini telah dikenal luas mengandung sejumlah nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti vitamin, mineral, asam amino, enzim dan senyawa antioksidan. Selain itu, dalam satu sendok madu diketahui mengandung 64 kalori dan 7 gram karbohidrat yang tentunya berguna untuk mengembalikan energi tubuh yang berkurang selama seharian berpuasa. Ditambah lagi, madu mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa yang mudah diserap oleh tubuh kita. Luar biasa, bukan?

Baca juga: Selusin Alasan Madu Sangat Bermanfaat Bagi Kamu Yang Sedang Puasa

Akan tetapi, dengan berubahnya jadwal makan dan minum selama berpuasa di bulan Ramadhan, maka timbul pertanyaan:

“Kapan waktu yang tepat mengkonsumsi madu, kalau begitu?”

Nah, untuk menyiasitinya dailyhoney punya tips nih, terutama buat kalian yang mau mulai rutin mengkonsumsi madu selama bulan puasa ini. Caranya adalah dengan tetap mengkonsumsi madu 3 kali sehari seperti hari-hari biasa, tapi dengan catatan jam makannya disesuaikan sebagai berikut.

  • Satu sendok madu saat berbuka

  • Satu sendok madu sebelum tidur

  • Dan satu sendok madu saat sahur

Untuk dosis dan cara penggunaannya tergantung pada selera masing-masing (bisa diatur lah, ya hehe). Mengkonsumsi madu sebaiknya dilakukan sebelum makan besar atau sebagai menu pembuka, dengan tujuan untuk pemanasan bagi organ pencernaan kita agar tidak terkejut menerima pekerjaan berat setelah berpuasa seharian.

honey
Gambar. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi madu selama puasa

Adapun tips minum madu agar tidak cepat bosan adalah dengan memvariasikan menu buka puasamu dengan madu atau menggantikan gula pada minuman berpemanis — seperti teh, kopi, es buah atau jus — dengan madu, misalnya.

Baca juga: Recommended! 8 Kreasi Aneka Olahan Madu Untuk Menu Buka Puasa 

Untuk waktu sahur atau sebelum tidur, kamu bisa mengkonsumsi madu langsung dengan sendok atu mencampurnya dengan segelas air hangat. Tekstur madu yang kental dan rasanya yang agak asam-asam manis mungkin bisa membuat tenggorokanmu kurang nyaman, sehingga mencampurnya dengan air hangat adalah pilihan yang bagus. Selain itu, penambahan air juga berfungsi untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Akan tetapi, yang perlu diingat adalah tetap usahakan agar dosis madu yang dikonsumsi tidak berlebihan, ya. Karena meskipun madu mengandung kalori yang lebih rendah daripada gula putih, tapi rasanya lebih manis dari gula sehingga tetap bisa menaikkan kadar glukosa dalam darah.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi madu dapat menaikkan gula darah selama 30 menit pertama setelah mengkonsumsinya, termasuk bagi mereka yang bukan penderita diabetes. Eiits, tapi tenang, hasil penelitian tersebut selanjutnya juga menemukan bahwa kadar gula darah akan menurun drastis setelah 2 jam mengkonsumsinya, bahkan penurunannya jauh lebih rendah dari konsumsi gula putih. Sehingga, kadar gula darah kita akan cenderung tetap stabil setelah itu.

Jadi, madu sebenarnya lebih aman dikonsumsi daripada gula putih, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pengganti gula dalam menu makanan sehat selama berbuka puasa. Nah, baiknya usahakan agar dosisnya tak lebih dari dua sendok per sesinya. Dan kalau sudah menggunakan madu, maka tidak perlu lagi menambahkan gula atau pemanis tambahan lainnya ke dalam makanan kita, ya (hehe).

Selain itu, tetap perhatikan kebutuhan kalori maksimum kita per harinya sesuai usia dan berat badan, karena asupan makanan yang kita konsumsi selama sahur dan berbuka tentu tidak hanya berasal dari madu saja, pastinya.

madu segar
Gambar. Madu segar sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa, sahur dan sebelum tidur (dailysabah.com)

Mengkonsumsi madu pada waktu yang tepat ternyata juga mendatangkan sejumlah manfaat yang luar biasa, lho. Karena pada saat itulah, nutrisi pada madu akan diserap oleh tubuh dengan lebih cepat dan efeknya dapat bekerja lebih optimal.

Nah, apa saja manfaat dari mengkonsumsi madu pada waktu-waktu tertentu selama bulan puasa?

Dikutip dari berbagai sumber yang berhasil dailyhoney himpun dari hellosehat.com, doktersehat.com, dan detik.com/health, berikut ini adalah sejumlah manfaat dari mengkonsumsi madu selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Manfaat mengkonsumsi madu saat berbuka puasa:

  1. Sebagai asupan energi alami bagi tubuh setelah berpuasa seharian
  2. Mengatasi perut kembung dan asam lambung naik
  3. Mencegah konstipasi/sembelit (susah buang air besar)
  4. Sebagai pemanis alami yang lebih aman untuk gula darah
  5. Menurunkan kadar trigliserida darah (lemak jahat yang memicu kanker dan stroke)

Manfaat mengkonsumsi madu sebelum tidur:

  1. Memiliki efek anti-depresan yang menenangkan sehingga dapat mengurangi stress dan membuat tidur jadi lebih nyenyak
  2. Memiliki efek diet untuk membantu menurunkan berat badan

          Baca juga: Tips Mengkonsumsi Madu untuk Diet Mengurangi Berat Badan

  1. Menguatkan metabolisme tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan
  2. Membantu detoksifikasi atau pembersihan racun dalam tubuh
  3. Segelas air hangat dicampur madu dapat mencegah dehidrasi selama tubuh beristirahat

Manfaat mengkonsumsi madu saat sahur:

  1. Memberi tubuh asupan energi yang cukup selama menjalankan puasa seharian
  2. Mengandung senyawa phinocembrin yang bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat (fungsi kognitif otak)

          Baca juga: Daya Ingat Anda Berkurang? Ayo Atasi dengan Mengkonsumsi Madu!

  1. Memperkuat metabolisme dan sistem pencernaan tubuh
  2. Mencegah maag atau asam lambung naik kambuh saat berpuasa
  3. Megandung senyawa antioksidan yang dapat menguatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang peyakit, seperti flu, demam, batuk dan sakit tenggorokan

Nah, luar biasa bukan manfaat dari mengkonsumsi madu secara rutin untuk memaksimalkan ibadah puasamu? Madu adalah pilihan nutrisi yang tepat untuk menemani hari-harimu yang sibuk bekerja atau belajar di rumah selama berpuasa dan isolasi diri selama pandemi, tentunya. Selain juga harus dibarengi dengan pola hidup sehat lainnya, seperti tidur yang cukup dan berolahraga.

Baca juga: Bulan Puasa dan Mengisolasi Diri di Rumah? Waktu yang Tepat untuk Mengkonsumsi Madu! Ini Alasannya…

Sebagai catatan terakhir, bagi kamu yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat diabetes, ada baiknya mengkonsumsi madu dalam jumlah sedikit saja (satu sendok per sesinya mungkin sudah cukup), sambil terus mengontrol gula darah secara berkala, tentunya. Atau kalau kamu ragu, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter pilihanmu, ya.

Baca juga: Apakah Konsumsi Madu 100% Aman untuk Penderita Diabetes?

Semoga informasi ini bermanfaat.


Referensi:

  1. https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4572625/11-manfaat-madu-saat-puasa
  2. https://hellosehat.com/hari-raya/ramadan/manfaat-minum-madu-saat-sahur/
  3. https://doktersehat.com/manfaat-madu-saat-sahur/
  4. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/amp/eka-amira/5-manfaat-dahsyat-konsumsi-madu-saat-buka-puasa-exp-c1c2

One Response

Tinggalkan Balasan