fbpx

info@dailyhoney.co.id

Juara! Inilah 35 Resep Turun-Temurun dari Olahan Madu Untuk Kesehatan

Juara! Inilah 35 Resep Turun-Temurun dari Olahan Madu Untuk Kesehatan

Madu mempunyai kemampuan yang menakjubkan dalam proses penyembuhan. Berbagai cara mengonsumsi madu dan teknik pengolahan madu akan memberikan kekuatan menyembuhkan untuk berbagai keluhan yang berbeda pula.

Untuk itu, dailyhoney sudah menyiapkan olahan madu dalam bentuk resep tradisional yang sudah turun temurun untuk menjaga dan memulihkan kesehatan kamu, honey lovers. Dan pastinya akan sangat membantu kamu agar tetap dalam kondisi prima selama menjalankan puasa.

7 Olahan Minuman dari Lemon Ini Bisa Bikin Dahagamu Hilang Seketika
Gambar. Madu dengan campuran air lemon dan bahan temulawak sering digunakan sebagai resep minuman untuk kesehatan (via indofoodrecipesonline.com)

Dilansir dari situs maduqueen.com, berikut ini rangkuman 35 resep madu yang bisa digunakan untuk obat maupun manfaat lainnya.

#1. Resep untuk Mengobati Anemia

Siapkan bahan-bahan: 200 cc susu segar, sendok teh madu Daily honey, 100 gram nanas potong dadu, 75 gram seledri.

Cara membuat: Cuci bersih seledri dan potongan nanas, kemudian blender hingga lumat, Masukkan madu dan susu segar, aduk hingga rata.

Ramuan ini juga ampuh dikonsumsi untuk kamu yang memiliki keluhan cepat lelah, letih, lemas, jantung berdebar dan sering lupa.

#2. Obat Arthtitis (Encok/Radang sendi)

Sediakan 1 sendok teh madu daily honey dan 2 sendok teh air hangat atau suam-suam kuku, kemudian bubuhkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis, aduk hingga rata kemudian ambil ramuan ini secukupnya lalu pijatkan pada bagian tubuh yang encok dengan perlahan. Dalam 1-2 menit rasa sakit akan berangsur hilang

Atau bisa dengan juga dengan cara in: campurkan  1 cangkir air hangat dengan  2 sendok madu + 1 sendok bubuk kayu manis, minum rutin setiap pagi dan malam hari.

Copenhagen University dalam penelitian terakhirnya menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien arthritis kronis sebelum sarapan. Hasilnya 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Adapun pasien yang kesulitan bergerak terlebih berjalan karena penyakit ini malah dapat berjalan tambah rasa sakit.

#3. Obat Batuk

Membuat ramuan untuk mengatasi batuk bisa 3 cara, yaitu:

  • Pertama, 150 gram madu daily honey, 50 gram gliserin, sari jeruk lemon (2 buah lemon), campur semua bahan simpan dalam botol dan tutup dengan rapat.
  • Kedua, campurkan 2 sendok teh madu daily honey dengan 2 sendok tej air jahe
  • Ketiga, campurkan 2 sendokk makan jeniper (jeruk nipis peras), 1 sendok makan madu daily honey, dan 2 tetes minyak kayu putih, aduk merata dan konsumsi sehari 2 kali

#4. Obat untuk Bau Mulut

Orang Amerika selatan, setiap pagi terbiasa meminum ramuan berikut ini agar terhindar dari  bau nafas yang mengganggu, cara membuatnya yakni mencampurkan 1 sendok teh madu murni  dan bubuk kayu manis kedalam air panas.

#5. Obat untuk Borok Karena Diabetes

Olesi madu pada area sekitar borok kemudian tutup denga kain kasa, lakukan sekali dalam sehari.

#6. Obat Darah Tinggi

1 sendok bawang putih halus dicampur dengan 2 sendoh teh madu mampu menjaga tekanan darah tetap stabil.

#7. Obat Demam Berdarah

Larutkan 1 sendok makan madu (untuk dewasa) dan 1 sendok teh (anak-anak) kedalam 200ml air, dalam sehari diminum 4-5 kali.

#8. Obat Infeksi Kandung Kemih

Mengonsumsi 1 sendok makan madu yang dicampur dengan bubuk kayu manis sebanyak 2 sendok teh kemudian dilarutkan kedalam segelas air hangat atau suam-suam kuku, dipercaya dapat membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.

#9. Obat Influenza

Meminum madu saat merasa aka terserang flu akan sangat baik. Ilmuwan Spanyol sudah membuktikan bahwasanya madu mengandung nutrisi alami yang dapat membasmi kuman penyebab influenza dan menyembuhkan flu.

#10. Resep untuk Infeksi Kulit

Ambil madu dan  bubuk kayu manis secukupnya, aduk kemudian oleskan pada area kulit yang infeksi.

#11. Obat Jerawat

Buatlah ramuan dengan mencampurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis lalu oleskan pada wajah sebelum kamu tidur, jangan lupa basuh atau bersihkan pada keesokkan harinya memaai air hangat. Apabila ini rutin dilakukan dalam waktu 2 minggu jerawat akan minggat sampai keakar-akarnya.

#12. Resep untuk Membantu Penyembuhan Kanker

Kanker perut dan tulang yang sudah stadium lanjut ternyata dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis, sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil riset terakhir yang dilakukan di Jepang dan Australia. Cukup dengan memberikan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis 3 kali dalam sehari dalam kurun waktu 1   bulan.

#13. Obat Perut Kembung

Meminum Madu yang dilarutkan bersama kayu manis, dalam penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan dapat mengurangi gas dalam perut.

#14. Mengatasi Kelelahan

Penelitian Dr. Milton membuktikan bahwa mengonsumsi madu sebanyak ½ sendok teh dengan segelas air dan ditambahkan bubuk kayu manis bisa menambah vitalitas tubuh dalam 7 hari. Konsumsilah ramuan ini setiap selesai menggosok dan jam 3 sore dimana saat itu vitalitas sedang menurun.

#15. Resep untuk Diet

Bagi kamu yang merasa mengalami berat badan yang berlebih, minum ramuan ini sangat direkomendasikan, segelas air hangat ditambahkan madu dan bubuk kayu manis dan diminum secara teratur di pagi hari saat perut  masih kosong atau ½ jam sebelum sarapan.

Ramuan ini dipercaya ampuh mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh sekalipun tetap mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi.

#16. Obat Kolestrol

Cukup dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 454 gram air teh dapat menurunkan kadar kolestrol darah hingga 10% dalam waktu 2 jam.

#17. Obat untuk Kerontokan Rambut

Rambut rontok bahkan mengalami kebotakan membuat rasa percaya diri berkurang, untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan campuran minyak zaitun dengan 1 sendok makan madu serta 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Caranya cukup dioleskan pada bagian kepala tunggu hingga 15 menit lalu bilas.

#18. Obat Luka atau Lecet dan Luka Bakar

Mengoleskan madu pada luka bakar dan membalutnya dengan perban, metode ini akan menghilangkan rasa sakit, mendinginkan, dan mempercepat proses penyembuhan dan tidak meninggalkan bekas luka.

#19. Resep untuk Masalah Kesuburan

Cukup dengan 2 sendok makan madu yang dikonsumsi sebelum tidur secara teratur dapat memberi efek menyuburkan. Pengobatan Yunani dan Ayurverda  sudah memakai madu selama bertahun-tahun guna memperkuat sperma para pria.

Para wanita di Jepang, Cina, dan Asia Timur yang susah hamil dan ingin rahimnya kuat, umumnya mengonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad-abad silam.

Mereka mengoleskan madu dan bubuk kayu manis pada gusi sesering mungkin, kayu manis akan bercampur dengan air liur dan memasuki tubuh.

Cara ini pernah dilakukan oleh sepasang suami istri di Maryland, yang sudah menjalani 14 tahun pernikahan namun belum dikaruniai seorang anak, meski sempat putus asa namun saat mendengar tentang khasiat madu dan kayu manis dan mempraktekkannya, akhirnya sang istri hamil dan melahirkan bayi kembar.

#20. Mencegah Penuaan Dini

Cukup dengan 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis serta 3 gelas air yang direbus layaknya membuat teh. Ramuan ini dikonsumsi 4 kali dalam sehari, manfaat yang dapat kamu rasakan yakni kulit menjadi segar, halus serta mencegah proses penuaan.

#21. Meningkatkan Penglihatan

Tambahkan 2  sendok teh madu pada jus wortel, ramuan ini dapat meningkatkan penglihatan jika diminum rutin terutama bagi mereka yang seharian berhadapan dengan layar komputer.

#22. Menyehatkan Lambung

Minum 3 sendok teh madu langsung teguk tanpa air, diminum sebelum sarapan pagi, beri rentang waktu sekitar 15 menit kemudian minum 1 gelas air hangat. Lakukan ini setiap hari.

#23. Melancarkan Buang Air Besar

Larutkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh cuka apel dalam air sesuai selera setidaknya sampai ramuan memiliki rasa yang cukup enak. Ramuan ini juga disinyalir dapat mengatasi sakit persendian dan tulang.

#24. Mengurangi Rasa Mual Pada Kehamilan Muda

Untuk mengatasi mual pada kehamilan muda, minumlah ramuan yang dibuat dari campuran jus wortel dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok jeniper (jeruk nipis peras) pada pagi hari sebelum sarapan.

#25. Melancarkan Buang Air Kecil

Cukup dengan  1 sendok teh madu dengan 1 sendok teh jeruk nipis peras dicampurkan kedalam sari mentimun dan minum 2 kali dalam sehari.

#26. Meningkatkan Gairah Seksual

Siapkan 2 sendok makan jeniper, 1 kuning telur ayam kampung, dan 1 sendok makan madu, campurkan semua bahan kemudian minum setiap hari 3 kali.

#27. Resep untuk Mengatasi Ngompol pada Anak

Mengatasi ngompol pada anak-anak bisa diatasi dengan memberi anak 1 sendok madu sebelum tidur.

#28. Normalisasi Tubuh dan Menyegarkan Syaraf

Aduk 1 ½ sendok makan madu dengan ¾ gelas air hangat dengan rata, minumlah sebelum malam atau 2 jam selesai makan. Lakukan rutin setiap hari 1-2 kali.

#29. Obat untuk Neuralgia (Nyeri Syaraf), Darah Tinggi, Menurunkan Kolestrol, Hepatitis, Mencegah Penyakit Kanker sampai Pengerasan Pembuluh Darah

Asparagus 100 gram, wortel 200 gram, Seledri 100 gram, Apel 2 buah, potong semua bahan dan haluskan dengan blenderm kemudian  tambahkan madu dan air secukupnya tidak lupa siramkan air perasan dari 1 buah jeruk lemon.

#30. Resep untuk Mencegah Osteoporosis (Keropos Tulang)

Terutama untuk usia 50 tahun keatas, meminum 1 sendok madu setiap hari dapat melancarkan penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah tulang keropos.

#31. Obat Pilek

Sembuhkan pilek baik yang ringan maupun berat dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh kayu manis bubuk, minum ramuan ini selama 3 hari berturut-turut.

Khasiat ramuan ini dapat menyembuhkan semua jenis batuk bahkan pilek kronis dan juga dapat membersihkan sinus.

#32. Resep untuk Mencegah Penyakit Jantung

Pasien sakit jantung dianjurkan untuk meminum ramuan madu dan kayu manis denga teratur, guna menghindari serangan jantung untuk  yang kedua kalinya. Ramuan ini bisa melancarkan pernafasan serta memperkuat detak jantung.

Madu dan kayu manis juga dapat mengurangi kolestrol dalam pembuluh arteri, menekan resiko serangan jantung.

Ramuan pengobatan ini manjur dan berkerja dengan baik dan dibuktikan oleh Panti Wredha (jompo) di Amerika Serikat dan Kanada dimana penghuni yang memiliki keluhan pembuluh darah tersumbat bisa berkurang fleksibilitas karena usia.

#33. Obat Sakit Gigi

Minumlah 1 sendok teh kayu manis bubuk dengan 5 sendok teh madu.

#34. Obat Sakit Kepala Sinus

Mengonsumsi madu dengan campuran jus jeruk bisa mengobati sakit kepala karena sinus, itu karena madu memiliki kandungan yang bersifat analgesik.

Dengan menambahkan cengkeh ke dalam ramuan diatas juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengatasi peradangan.

Ramuan ini butuh proses 1-2 hari setelah diracik, dan bisa diminum ketika otot ataupun kepala terasa skit.

#35. Obat Sakit Perut

Campuran madu dan Kayu manis bisa mengatasi keluhan sakit perut, serta dapat mengobati bisul sampi sembuh total.

Semoga bermanfaat.


Sumber: http://www.maduqueenbee.com

 

Tinggalkan Balasan