fbpx

info@dailyhoney.co.id

Kenapa di Hari Lebaran Adalah Waktu yang Tepat untuk Minum Madu? Ini Alasannya…

Kenapa di Hari Lebaran Adalah Waktu yang Tepat untuk Minum Madu? Ini Alasannya…

Setelah 1 bulan penuh berpuasa, akhirnya umat Muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Fitri sebagai simbol kemenangan atas penundukan hawa nafsu selama bulan Ramadhan. Tidak hanya itu, sukacita menyambut hari Lebaran juga semakin terasa dengan susana kekeluargaan yang hangat dan budaya kebersamaan di Indonesia. Ditambah suara takbir yang menggema dimana-dimana seakan menambah perasaan haru dan sukacita bagi siapapun yang merayakannya.

Akan tetapi, hari raya Idul Fitri kali ini mungkin terasa berbeda jika dibandingkan dengan pengalaman yang sudah-sudah. Bagaimana tidak? Walaupun Ramadhan sudah berakhir, situasi pandemi COVID-19 masih belum juga memperlihatkan tanda-tanda akan mereda. Sehingga, mau tidak mau kita harus meyambut hari Lebaran dengan perayaan yang sederhana dan tertutup. Meskipun ini hari raya, kita harus tetap menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona ini.

Baca juga:  5 Alasan Kamu Harus Minum Madu Saat Karantina di Tengah Wabah COVID-19

Salah satu hal yang yang paling disenangi oleh orang-orang saat menyambut Lebaran adalah hidangan makanan yang ikonik dan tentu saja menggoda selera. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan momen Lebaran ini sebagai ajang balas dendam untuk pemenuhan nafsu makan mereka setelah sebulan penuh menahan makan dan minum karena berpuasa. Sehingga, hal ini membuat banyak orang yang makan secara berlebihan tanpa memperhatikan kebutuhan kalori harian mereka. Hal tersebut tentu akan berisiko bagi kesehatan tubuh jika kemudian menjadi kebiasaan, apalagi makanan yang dikonsumsi adalah jenis makanan berlemak dan tinggi kalori atau kue lebaran yang manis-manis.

Salah satu bahan makanan alami yang dipercaya dan telah terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk diet dan menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh adalah madu. Madu mengandung sejumlah kalori, vitamin dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita selama menjalani isolasi diri di rumah dan merayakan lebaran bersama keluarga, tentunya.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram madu murni berdasarkan mutu madu nasional sesuai SNI 2004.

komposisi madu - SNI
Gambar. Komposisi nutrisi dalam 100 gram madu asli (SNI 2004)

Nah, dengan melihat kandungan madu yang berlimpah nutrisi tersebut, tentu wajar jika produk hewani ini dipercaya akan khasiatnya untuk kesehatan. Selain juga, satu fakta penting lainnya adalah madu tidak mengandung lemak sehingga sangat cocok digunakan untuk diet atau sekedar pengganti gula pada minuman dan kue lebaran.

Nah, jika informasi tersebut dirasa masih belum cukup, berikut ini dailyhoney akan memberikan 5 alasan penting mengapa madu sangat layak dikonsumsi selama hari raya Lebaran di tengah pandemi ini.

#5. Sebagai sumber energi dan pengembali stamina tubuh setelah sebulan penuh berpuasa

Setelah sebulan lamanya kita berpuasa, seringkali membuat energi dan stamina tubuh kita berkurang dari biasanya. Apalagi kalau selama bulan tersebut, tidak diiringi oleh pola tidur yang baik dan makanan bergizi. Mungkin, tak jarang diantara kita yang kondisi tubuhnya jadi melemah, karena selain berpuasa mereka juga harus sibuk bekerja di rumah karena situasi pandemi ini.

Dengan meminum segelas air hangat dicampur satu atau dua sendok madu akan mengembalikan energi tubuh yang berkurang untuk beraktivitas seharian. Kandungan gula alami dan karbohidrat pada madu mudah diserap oleh tubuh, sehingga dapat menjadi penambah stamina yang efektif. Selain itu, mencampur madu dengan segelas air hangat akan menambah cadangan air dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

Dalam satu sendok madu murni, rata-rata terdapat 64 kalori dan 17 gram gula dari sumber fruktosa alami yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Asupan kalori dan karbohidratnya sekaligus bisa membuat perut kenyang lebih lama, sehingga kita akan lebih bisa menahan diri dari mengkonsumsi makanan lain secara berlebihan, apalagi menu Lebaran yang sarat lemak dan tinggi kalori.

Dan yang terpenting adalah madu berperan lebih baik daripada gula sebagai sumber energi, karena gula hanya mengandung kalori sedangkan madu kaya akan nutrisi penting lainnya, seperti protein, vitamin dan mineral. Jika kamu biasa menghidangkan sirup buah atau teh selama Lebaran, maka kamu bisa menggunakan madu sebagai pengganti manisannya. Dengan madu, menu makanan kita selama Lebaran akan lebih bernutrisi dan menyehatkan. Suasana hari raya bersama keluarga pun akan terasa lebih manis.

#4. Meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan potensi penyakit karena kondisi tubuh yang melemah setelah berpuasa

Dikarenakan kondisi tubuh yang melemah akibat kurang menjaga kesehatan selama berpuasa, hal ini seringkali membuat orang-orang jatuh sakit menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadhan. Sehingga, mau tidak mau mereka harus mengganti puasanya yang batal karena sakit pada bulan Ramadhan ini dan tidak bisa menikmati hari raya seperti biasanya. Karena selain sakit, tentu situasi pandemi ini memaksa kita untuk tidak berpergian ke luar rumah atau sekedar mudik ke kampung halaman.

Kabar baiknya, madu memiliki kandungan senyawa yang bersifat sebagai anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, anti-peradangan, dan anti-oksidan sekaligus. Madu murni atau organik mengandung sejumlah enzim, asam amino, vitamin, dan mineral yang dapat menjaga tubuh dari serangan bakteri. Kandungan antioksidan pada madu dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan berbagai kandungan senyawa aktif tersebut, imunitas tubuh kita pun bisa lebih terjaga.

Salah satu pertanda sistem imun sedang melemah adalah mudahnya tubuh terserang penyakit, seperti flu, demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

Penelitian telah menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara perbaikan kondisi batuk dan radang tenggorokan dengan sejumlah perawatan menggunakan madu, baik pada anak-anak usia 1-5 tahun maupun orang dewasa. Secara alamiah, madu mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine, yaitu zat yang dapat mengurangi gejala alergi dan menekan batuk yang biasa terdapat pada berbagai jenis obat batuk.

Madu telah dinyatakan aman dan memberikan dampak terhadap  pencegahan gejala batuk dan infeksi saluran pernapasan (asma/bronkithis). Selain itu, madu juga bisa mengurangi sakit pada tenggorongan karena madu juga bersifat anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan luka dan peradangan.

#3. Menjaga sistem pencernaan tetap sehat selama Lebaran

Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh mereka selama hari Lebaran adalah masalah pencernaan seperti konstipasi (sembelit).

Perubahan pola makan secara tiba-tiba dari berpuasa lalu dibalas dengan makan besar selama Lebaran, akan menyebabkan masalah pencernaan, seperti susah buang air besar karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang minum air putih. Cobalah untuk rutin minum air madu hangat secara rutin s tiga kali sehari, yaitu pada pagi hari, siang/sore dan sebelum tidur. Kandungan antiseptik dalam madu ditambah dengan air hangat secukupnya bisa membantu mengurangi kadar keasaman dalam perut sekaligus meningkatkan produksi lendir dalam usus sehingga melancarkan sistem pencernaan.

Mengonsumsi larutan madu dengan air hangat selama Lebaran juga dapat membantu mempermudah penyerapan nutrisi dalam makanan. Dampaknya, sistem pencernaan dan metabolisme tubuh akan jadi lebih sehat. Kendati demikian, pastikan kamu tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum yang cukup.

Selain itu, mengkonsumsi madu secara rutin selama Lebaran maupun hari-hari biasa dapat menyelematkan kamu dari gejala maag atau kenaikan asam lambung, karena perubahan pola makan.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu ternyata dapat mencegah peningkatan asam lambung, dengan cara memberi perlindungan pada kerongkongan (esofagus) dan lambung. Maka itu, madu bisa membantu mengurangi risiko penyakit GERD yang dapat memicu peradangan dan nyeri pada ulu hati, dilansir dari Medical News Today.

#2. Menurunkan kadar trigliserida dalam darah setelah mengkonsumsi makanan berlemak tinggi

Selama hari raya, salah satu menu favorit Lebaran selain sajian manis, seperti sirup buah adalah makanan berlemak dan tinggi kalori, seperti opor ayam, ketupat, gulai daging dan beragam kue-kue asinan. Terlalu banyak menyantap makanan tersebut ternyata tidak sehat, dan malah dapat meningkatkan kadar lemak jahat dalam darah. Tingginya lemak pada darah dalam jangka panjang dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius, seperti kolestrol, jatung koroner, kanker dan stroke.

Nah, madu sendiri memiliki kandungan senyawa yang dapat menurunkan kadar trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan dalam darah dan dapat memicu penebalan pembuluh darah.

Uniknya, penelitian yang dimuat dalam Journal of Medicinal Food membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara minum madu secara teratur dengan penurunan kadar trigliserida dalam darah.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa madu ternyata memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Islamic Establishment for Education yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab, disebutkan bahwa rajin mengonsumsi madu alami bisa membantu menurunkan kadar lemak di dalam darah kita. Bahkan, para partisipan yang mengonsumsi 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, serta kadar trigliserida dengan signifikan.

Selain dengan mengonsumsi madu, tentu ada baiknya juga dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti berolahraga dan tidur yang cukup.

#1. Diet madu secara khusus dapat digunakan untuk menurunkan berat badan

Diet karbohidrat disinyalir dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah sehingga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Nilai penting karbohidrat dalam suatu makanan seringkali disebut sebagai glycerix index (GI). Pada madu, nilai itu adalah pada kandungan fruktosa atau perbandingan fruktosa per glukosa yang biasanya berbeda-beda tergantung darimana sumber tanaman tempat madu berasal. Karbohidrat dengan GI minimum dan maksimum menunjukkan kadar gula darah yang rendah dan tinggi secara berturut-turut.

Madu dengan kadar GI rendah lebih baik ketimbang madu dengan kadar GI tinggi. Diet madu dengan GI rendah (misalnya madu akasia dan madu kuning) dinyatakan dapat memberikan manfaat terhadap penguatan metabolisme, termasuk bagi penderita penyakit diabetes mellitus, jantung koroner dan pasien dengan masalah fungsi endokrin.

Meskipun memiliki rasa yang manis, mengonsumsi madu tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan, apalagi jika dibandingkan dengan setelah mengonsumsi gula atau minuman manis. Karena alasan inilah mengonsumsi madu tidak akan membuat berat badan kita naik.

Akan tetapi, bagi kamu yang memiliki masalah nafsu makan atau penurunan berat badan, resep madu yang dicampur dengan bahan temulawak (bisa kamu racik sendiri atau dibeli di apotik) juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan secara efektif agar berat badanmu bisa bertambah dan tetap sehat, tentunya.

Selain itu, menerapkan diet madu dengan mengkonsumsi satu sendok madu secara rutin sebelum tidur juga terbukti dapat menurunkan berat badan selama 2 minggu. Kamu juga bisa mengkombinasikan madu dengan air perasan lemon atau buah-buahan untuk diet lainnya, seperti apel dan alpokat. Selama melakukan diet, tentunya kita juga harus mengganti semua pemanis makanan dengan madu dan melakukan pola hidup sehat lainnya, agar hasilnya lebih optimal.

6 Minuman Ini Akan Terasa Lebih Nikmat Ketika Dicampur Madu
Gambar. Rutin mengkonsumsi madu selama perayaan Lebaran bermanfaat untuk mengembalikan stamina tubuh yang berkurang setelah sebulan penuh berpuasa dan berbagai manfaat kesehatan lainnya (livestrong.com)

Nah, apakah kamu sudah tahu apa saja manfaat dari mengkonsumsi madu selama hari-hari Lebaran? Tidak cuma selama Lebaran saja, lho, rutin mengkonsumsi madu pada hari-hari biasa juga akan membuatmu tubuhmu tetap sehat dan enerjik, sehingga kamu tetap bisa produktif.

Terakhir, dailyhoney mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 H bagi kamu yang merayakannya dan harapan kita semua tentunya semoga pandemi ini segera berakhir agar kita dapat beraktivitas kembali seperti biasanya.


Referensi:

  1. https://dailyhoney.co.id/7-manfaat-madu-untuk-kesehatan-secara-ilmiah-daily-honey/
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2859914/5-khasiat-madu
  3. https://dailyhoney.co.id/bulan-puasa-dan-social-distancing-waktu-yang-tepat-untuk-mengkonsumsi-madu-ini-alasannya/
  4. https://dailyhoney.co.id/tips-mengkonsumsi-madu-untuk-diet-mengurangi-berat-badan/
  5. https://dailyhoney.co.id/berat-badan-mulai-meresahkanmu-ayo-atasi-dengan-diet-madu-beginilah-caranya/

Tinggalkan Balasan