fbpx

info@dailyhoney.co.id

Kulit Wajah dan Bibir Kering Selama Berpuasa? Ayo Bantu Atasi dengan Madu! Begini Caranya…

Kulit Wajah dan Bibir Kering Selama Berpuasa? Ayo Bantu Atasi dengan Madu! Begini Caranya…

Ada banyak sekali hikmah yang dirasakan oleh umat Muslim selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tentunya. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri mungkin ada sebagian orang yang mengalami masalah, seperti kelelahan, gangguan pencernaan dan kulit selama menjalankan puasa. Hal ini dianggap wajar karena sistem pencernaan tubuh kita mungkin perlu penyesuaian terhadap perubahan pola makan secara tiba-tiba setelah selama satu tahun penuh terbiasa bekerja 24 jam. Ditambah lagi, kalau kamu kurang minum air selama waktu berbuka hingga sahur, tentu kamu akan merasa dehidrasi selama bepuasa di siang harinya.

Tidak hanya itu, faktor kelelahan dan dehidrasi ternyata juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti kulit wajah kusam, pucat dan bibir kering. Hal ini karena kekurangan cairan tubuh dapat mengurangi kelembapan pada area kulit. Sehingga, hal itu dapat memicu masalah kulit tersebut, yang mana bagi kaum Hawa — yang sangat memperhatikan kecantikan — jelas akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri, bukan?

Nah, dailyhoney punya kabar baik nih buat kalian, terutama para pecinta madu yang ada di rumah, ketiga masalah yang biasa dialami orang berpuasa tadi — kelelahan, gangguan pencernaan dan kulit — ternyata dapat diatasi dengan madu, lho!?

Mengapa bisa begitu?

Pertama, karena madu mengandung sejumlah karbohidrat atau gula alami seperti glukosa dan fruktosa yang berguna sebagai asupan energi yang mudah diserap oleh tubuh kita. Selain karbohidrat, madu juga memilki sejumlah nutrisi penting lainnya, seperti protein, enzim, vitamin dan mineral, sehingga akan melengkapi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Dari fakta tersebut, tentu sudah jelas bagi kita bahwa madu sangat tepat dikonsumsi selama bulan puasa karena akan memberikan kita energi lebih untuk beraktivitas dan juga menekan rasa lapar di siang harinya karena karbohidrat kompleks pada madu akan memberikan efek kenyang lebih lama.

Kedua, kandungan enzim dan antiseptik pada madu dapat mengurangi kadar keasaman pada perut sehingga meningkatkan produksi lendir dalam usus, melawan bateri jahat penyebab penyakit perncernaan serta mengatasi perut kembung saat berbuka puasa. Cukup dengan satu atau dua sendok madu segar dicampur segelas air hangat dapat menjadi minuman yang menyehatkan bagi sistem pencernaan kita selama bulan Ramadhan.

Ketiga, madu memiliki sifat antibakteri, anti-jamur dan anti-peradangan yang mana itu dapat dimanfaatkan untuk bahan perawatan kecantikan. Dan tentu saja, senyawa aktif yang terkandung dalam madu tersebut akan membantu kulit melawan bakteri (penyebab jerawat, misalnya) dan jamur serta membantu meringankan iritasi/peradangan pada kulit. Selain itu, sekitar 20% kandungan madu adalah air, yang mana tentu saja hal itu dapat melembapkan area kulit yang kering karena dehidrasi selama berpuasa.

kulit kusam
Gambar. Dehidrasi dan kelelahan selama berpuasa dapat membuat kulit wajah kering dan pucat (shutterstock.com)

Sebenarnya, ada dua cara penggunaan madu untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu dengan cara oral (dikonsumsi langsung) dan juga cara praktikal (mengaplikasikannya pada area tubuh tertentu). Untuk mendapatkan manfaat madu dalam mengatasi kelelahan fisik dan masalah pencernaan, kamu bisa mengonsumsi madu pada saat berbuka puasa dan/atau sahur selama bulan Ramadhan.

Sedangkan untuk mendapatkan hasil optimal pada kulit wajah dan bibir, dapat dialkukan dengan cara kedua.

Menggunakan Madu Untuk Mengatasi Masalah Kulit Kering

Sebelumnya mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana mungkin mengaplikasikan madu secara langsung pada area wajah karena teksturnya yang terkenal lengket dan kental?

Ya, tak usah dibayangkan kalau begitu… karena hanya dengan membayangkan saja tidak akan membuat kulitmu berubah menjadi cerah dan bercahaya (hehe). Namun, ada baiknya kita mengetahui manfaat penggunaan madu terhadap kecantikan kulit terlebih dahulu. Karena pengetahuan kita akan manfaat sesuatu tersebut akan mengalahkan rasa tak nyaman kita ketika mengaplikasikannya.

maksker wajah dengan madu
Gambar. Cara pengaplikasian madu untuk masker wajah (freepik.com)

Dikutip dari doktersehat.com, berikut ini adalah cara penerapan madu untuk perawatan kulit wajah beserta manfaatnya.

#1. Melembapkan kulit

Kulit akan jadi lembab menyeluruh karena madu memiliki enzim yang bisa dengan mudah meresap ke dalam kulit sehingga dapat melembabkan dari dalam secara maksimal.

Caranya: oleskan madu di kulit yang masih kering dan tunggu 15-20 menit, lalu bilas dengan air dingin setelahnya.

#2. Membersihakn pori-pori wajah

Madu bisa membersihkan pori-pori karena mengandung antioksidan, antiseptik, dan antibakterial. Tekstur madu yang lengket dan kental akan membantu komedo terangkat, sehingga menghilangkan kotoran dari pori-pori. Ditambah madu juga dapat menghidrasi dan mengencangkan pori-pori kulit.

Caranya:  campur 1 sdm (sendok makan) madu dengan 2 sdm minyak kelapa atau  minyak jojoba. Aplikasikan dan pjat memutar, tunggu sebentar dan bilas.

#3. Mengurangi keriput pada wajah

Madu membantu mengurangi keriput. Kamu memerlukan campuran madu dan susu yang dijadikan pasta.

Caranya: oleskan pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Jika di lakukan secara teratur di jamin keriput akan tersamarkan.

#4. Mengatasi kulit kemerahan karena iritasi

Madu bisa bekerja sebagai eksfoliator yang lembut. Jika kamu sering mengalami kulit kemerahan dan iritasi, madu bisa jadi merupakan penyembuh alami yang efektif. Madu akan membuat sel kulit mati jadi terlepas sehingga kompleksi wajah jadi lebih cerah.

Caranya: campurkan 2 sdm madu dengan 1 sdm baking soda. Percikkan air ke wajah lalu gosok perlahan menggunakan campuran tersebut, bilas hingga bersih setelahnya.

.   .   .

Selain dari cara-cara diatas, dalam pengaplikasiannya, madu juga dapat kamu campur dengan bahan-bahan alami lainnya seperti, susu atau minyak almond misalnya. Bahkan, dalam cerita-cerita sejarah populer dikatakan bahwa Cleopatra, sang ratu Mesir yang terkenal karena kecantikannya, biasa mencampur susu dari seekor keledai muda dengan madu segar dan minyak almond ke dalam bak mandinya. Kebiasan itulah yang dipercaya banyak orang sebagai rahasia kecantikan Cleopatra pada zamannya.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menerapkan alternatif perawatan kecantikan selain masker madu, bisa memanfatkannya sebagai luluran pada saat mandi. Untuk mempersiapkan mandi susu dan madu, caranya campurkan setengah cangkir madu dengan 3 gelas susu dan tambahkan 5 sendok makan minyak almond (kamu dapat menggunakan minyak zaitun sebagai gantinya), kemudian tuangkan ke dalam bak mandimu.

Mandi susu dan madu akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan indah. Selain itu, kandungan asam laktat dan gula di dalamnya juga dapat menjaga keindahan kulit serta juga membuat kulit yang tua mengelupas.

Sebenarnya, kalau diperhatikan banyak produk-produk kecantikan di luar sana yang menggunakan madu sebagai bahan utamanya, karena telah terbukti secara klinis dapat menyehatkan kulit wajah.

Di bulan Ramadhan ini, kamu dapat menggunakan madu untuk mengatasi wajah kering saat berpuasa. Gunakan masker madu agar membuat wajahmu lebih lembap. Selain itu, madu juga dapat membantu mengatasi jerawat karena kandungan antiseptik dan anti bakteri yang dimilikinya.

wajah cerah
Gambar. Penggunaan masker madu dapat membantu mengatasi masalah kulit wajah dan bibir kering karena berpuasa (shutterstock.com)

Selain melembapkan wajah, madu juga dapat melembapkan bibir. Kamu dapat menggunakan madu agar dapat memberikan kelembapan dan mencegah bibir pecah-pecah (dikutip dari detik.com/health).

Nah, daripada membeli produk kecantikan perawatan berbahan dasar madu tersebut, lebih baik kamu membeli produk madunya langsung, apalagi untuk keperluan selama bulan Ramadhan ini. Karena dengan membeli madu asli, kamu bisa memperoleh dua manfaat sekaligus: untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dua hal yang tak boleh dipisahkan, terutama oleh kaum Hawa, tentunya.

Bagaimana? Apakah kamu mulai tertarik untuk mengaplikasikannya di rumah?

Eits, tapi ingat ya, penggunaan madu selain untuk masker wajah dan kulit, hanya boleh dilakukan setelah waktu berbuka sampai sahur ya! (hehe) ‘kan gak mungkin dong kamu minum madu untuk menambah energi selama berpuasa di siang harinya.

Semoga informasi ini bermanfaat.


Referensi:

  1. https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4572625/11-manfaat-madu-saat-puasa
  2. https://www.honestdocs.id/khasiat-madu-untuk-wajah-sehat-nan-cantik
  3. https://doktersehat.com/jenis-madu-untuk-kulit/

Tinggalkan Balasan