fbpx

info@dailyhoney.co.id

Lebah Madu juga mengenal istilah Social Distancing lho? Kok bisa?

Lebah Madu juga mengenal istilah Social Distancing lho? Kok bisa?

Menjaga jarak sosial pada masa pandemi seperti sekarang ini sudah menjadi keharusan. Hal ini bertujuan agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Namun, tahukah kamu honey lovers? Ternyata beberapa jenis hewan juga menerapkan cara ini untuk dapat terhidar dari penyakit yang teman dalam satu kelompok mereka derita.

Menariknya social distancing bukanlah hal baru bagi beberapa jenis hewan yang hidup bebas di alam, sebut saja bagi lebah madu.

Hewan ini merupakan spesies sosial, apabila salah satu dari mereka menderita penyakit menular atau terinfeksi patogen maka temannya yang lain dalam koloni tersebut akan mengeluarkannya dari koloni.

Konon kabarnya jenis serangga ini bisa berubah menjadi kejam saat mengusir salah satu dari mereka yang terjangkit penyakit.

Lebih jauh, seorang Ilmuwan The Nature Conservacy bernama Joseph Kiesecker menuturkan, individu yang terinfeksi suatu patogen tidak selalu dengan mudah terdekteksi.

Namun hewan dapat mengenali penyakit tertentu menggunakan indera khusus yang mereka miliki.

Tidak jarang hewan-hewan tersebut langsung berubah sikap yang cenderung menghindar dan menjaga jarak pada anggota mereka yang sakit bahkan belum menunjukkan gejala suatu penyakit.

Melansir dari Nationalgeographic, Alison McAfee yang merupakan seorang postdoctoral departemen Entomologi dan Patologi Tanaman North Carolina State University menjelaskan, “Penyakit bakteri yang menjangkiti lebah madu, sebutlah foulbrood Amerika, sangat merusak, membuat larva lebah madu mencair dari dalam. Ia berbentuk kotoran cokelat yang lengket dan memiliki bau yang teramat busuk “.

Masih menurut penelitian Alison Mcafee, Larva yang sudah terinfeksi akan menyemburkan bahan kimia semacam asam oleat dan β-ocimene, feromon lebah yang dapat terendus oleh lebah yang lebih tua.

Begitu seekor lebah terindentifikasi menderita suatu penyakit, lebah akan mencampakkan anggota yang sakit itu dari sarang mereka. Wah kasihan ya!

Mengingat perilaku evolusioner yang dapat menjaga kesehatan koloni lebah, para peternak maupun peneliti lebah sudah membiakkan perilaku ini berlangsung selama beberapa dekade.

 

Semoga bermanfaat.

 

Sumber : https://www.nationalgeographic.com/animals/2020/03/quarantine-social-distancing-bee-chimpanzees/

Tinggalkan Balasan