fbpx

info@dailyhoney.co.id

Lebah Menyengat Sesamanya, Pernah Tidak Ya?!

Lebah Menyengat Sesamanya, Pernah Tidak Ya?!

Honey lovers..! pernah tidak kamu perhatikan seragam para peternak lebah? sekilas mirip APD ya?

Ketika keberadaan makhluk atau benda asing terasa mengancam kehidupan diri maupun koloninya, lebah akan menyengat sebagai bentuk pertahanan diri. Bagi seorang peternak lebah, sekalipun terbiasa berinteraksi dengan para lebah tetap saja ada kekhawatiran terhadap sengatan dari makhluk kecil ini. Maka menggunakan baju pelindung khusus sangat perlu untuk berjaga-jaga.

Nah yang jadi pertanyaan, pernah tidak ya lebah menyengat sesama lebah meskipun secara tidak sengaja?

Berikut ulasan yang telah daily honey rangkum dari Bobo.grid.id

Marianne Peso, seorang ahli dari Universitas Macquaire menuturkan bahwa beliau belum pernah melihat peristiwa lebah menyengat sesama lebah, namun hal tersebut bisa saja terjadi.

Kehidupan lebah dalam hal ini lebah madu memang terkenal dengan jenis serangga yang tinggal berkelompok bersama lebah lainnya, mereka saling berbagi tempat tinggal, jumlah lebah dalam satu kelompok bahkan cukup banyak.

Baca juga : Sekilas Tentang Perjalanan Hidup Lebah Madu

Ratu lebah bertelur dan menetaskan bayi-bayi lebah dalam sarang, seperti halnya manusia, keberadaan lebah pada satu sarang dalam satu kelompok tersebut  layaknya bersaudara dan hidup dengan rukun.

Bayi-bayi lebah mendapatkan makanan dan nutrisi yang cukup dari para lebah yang lebih dewasa yakni lebah betina atau pekerja. Selain mengumpulkan makanan lebah pekerja juga membangun dan melindungi sarang dari hewan lain yang ingin mencuri madu mereka.

Baca Juga : 100+ Fakta Unik dan Menarik Lebah Madu

Ada beberapa lebah yang bertugas menjaga sarang yakni lebah penjaga. Mereka mendapatkan tugas untuk mendeteksi keberadaan lebah dari sarang lain menggunakan antena yang terdapat pada tubuh mereka.

Wah! ternyata sesama lebah namun dari sarang yang berbeda juga bisa mencuri nektar dari sarang yang lain lho honey lovers.

Lebah madu penjaga ini biasanya mengenali aroma tubuh dari lebah-lebah yang berada dalam satu sarang dengannya, jadi sekiranya ada lebah yang datang dan lebah penjaga mengenali aroma tubuh lebah tersebut, maka lebah yang datang tersebut dapat masuk dengan nyaman ke dalam sarang.

Lain halnya dengan lebah yang datang dan lebah penjaga tidak dapat mendeteksi atau merasa asing dengan aroma tubuh lebah tersebut maka serta merta si lebah penjaga akan menyerang dan menyengat lebah penyusup tersebut agar tidak dapat masuk dan mencuri nektar dalam sarang.

Kabar menariknya adalah ada penelitian yang mencoba mencari tahu apakah lebah madu mengenali teman satu sarangnya atau tidak.  Dan hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa kadang kala lebah madu  mengenali teman satu sarang dan bisa menyengatnya.

Kemungkinan kenapa hal itu bisa terjadi adalah karena banyaknya jumlah lebah dalam satu sarang. Sehingga dalam kondisi ini sulit mengelak dan bisa saja secara tidak sengaja menyengat teman lebah yang satu sarang dengannya.

Tinggalkan Balasan