fbpx

info@dailyhoney.co.id

Lebah ternyata di takuti hewan bertubuh besar, Hewan apa ya?

Lebah ternyata di takuti hewan bertubuh besar, Hewan apa ya?

,Jika sedang anteng, lebah – serangga kecil bersayap bening ini terlihat cukup imut ya?! apalagi jika mereka sedang berjibaku menghisap nektar beraneka warna bunga.

Namun berbanding terbalik dengan tubuhnya yang mini dan menggemaskan tersebut, sengatan lebah ternyata menjadi senjata pamungkas untuk menakuti musuh entah itu hewan atau predator lain tidak terkecuali manusia.

Sebut saja hewan dalam hal ini gajah. Bagaimana bisa seekor gajah yang bertubuh sebesar itu takut dengan sengatan lebah? Nah mungkin honey lovers juga bertanya-tanya, Lebah kan memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, apa iya gajah bisa melihatnya?

Ternyata hal ini ada alasannya loh honey lovers, kamu perlu tahu ini karena daily honey  sudah merangkumnya dari beberapa sumber.

Menurut Nieh Lab University Of California San Diego, Lebah memiliki senyawa yang  lebah lepaskan saat merasa mulai terancam. Senyawa ini bernama feromon. Feromon adalah cara ampuh lebah memberi sinyal pada kawanan lebah yang lain untuk datang dan menyerang secara defensif yakni menyengat.

Gajah sangat peka terhadap senyawa feromon yang lebah lepaskan. Senyawa ini akan mudah terdeteksi oleh gajah layaknya sebuah alarm. Dengan demikian kawanan gajah sesegera mungkin menjauh dari wilayah yang telah mereka deteksi keberadaan senyawan feromon tersebut.

Para ilmuwan berkeyakinan bahwa para gajah sangat tidak menyukai bahkan terkesan takut dengan sengatan lebah terutama pada jaringan lunak yang terdapat pada area sekitar mata dan bagian dalam mata gajah.

Hmmm..ternyata itu alasannya. Lalu bagaimana dengan manusia?

Manusia tidak memiliki kemampuan mendeteksi isyarat kimiawi berupa feromon seperti halnya gajah dengan kata lain kita sepertinya kekurangan reseptor feromon yang  lebah madu lepaskan ketika merasa terancam, oleh karena itu berhati-hatilah saat memasuki kawasan-kawasan yang  merupakan habitat para lebah ya honey lovers..

Menariknya, hasil penelitian terkait senyawa feromon yang dapat menakuti gajah tersebut coba diterapkan oleh para peneliti terutama di wilayah Afrika dan Asia,  dalam strategi mengelola populasi habitat gajah yang tumpang tindih dengan pemukiman manusia.

Walaupun demikian, Ilmuwan menyadari bahwa sekalipun feromon bisa mengusir gajah, namun sangat kecil kemungkinan untuk menerapkan cara ini dalam skala yang lebih besar seperti melindungi lahan pertanian.

Semoga Bermanfaat.

 

Sumber :

https://www.livescience.com/63177-honeybee-pheromones-repel-elephants.html

bobogrid.id

Tinggalkan Balasan