fbpx

info@dailyhoney.co.id

Ingin Madu Tetap Awet dan Nutrisinya Terjaga? Beginilah Cara Menyimpan Madu Yang Benar!

Ingin Madu Tetap Awet dan Nutrisinya Terjaga? Beginilah Cara Menyimpan Madu Yang Benar!

Sebagai pecinta madu, tentu akan sangat memperhatikan kualitas dan keaslian madu yang dikonsumsi, bukan? Akan tetapi, seringkali madu yang kita konsumsi, walaupun memang asli atau madu murni, bisa jadi cara penyimpannya kurang tepat sehingga merusak kualitas madu yang ada. Salah satu penyebab rusaknya kualitas madu adalah karena kemasan yang tidak tertutup dengan baik sehingga menyebabkan zat kontaminan masuk ke dalam madu. Zat kontaminan yang bercampur ke dalam madu dapat mengurangi kandungan nutrisi pada madu tersebut.

Selain karena kemasan, berbagai cara atau tempat penyimpanan madu juga diketahui dapat merusak kualitas madu yang kita konsumsi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut kita perlu tahu mengetahui cara-cara menyimpan madu yang tepat. Apa sajakah itu?

Nah, ini dia 5 tips cara penyimpanan madu yang baik dan benar. Yuk! kita simak satu per satu penjelasan berikut ini.

.  .  .  .  .

1 | Jauhkan dari sinar matahari

Jauhkan dari Sinar Matahari
Image: pixabay.com

Sekalipun banyak yang beranggapan bahwa madu tidak memiliki masa kadarluarsa, namun cara penyimpanan madu yang tidak tepat dapat membuat madu menjadi rusak.

Madu juga sangat rentan terhadap suhu, maka cara menyimpan madu yang benar adalah dengan meletakkannya pada tempat yang sejuk terhindar dari sinar matahari.

Paparan sinar matahari langsung dapat menurunkan kualitas madu dimana zat anti-bakteria yang terdapat pada madu jadi rusak.

2 | Hindari menyimpan madu di kulkas

Berhenti Menyimpan madu di kulkas
Image: pixabay.com

Punya kebiasaan menyimpan madu dikulkas? Eits..jangan diteruskan. Karena menyimpan madu di dalam kulkas dapat membuat madu membeku.

Apabila madu yang membeku tadi akan di gunakan yang artinya ketika madu dibiarkan mencair kembali, yakni kembali ke suhu ruangan maka didalam madu akan terdapat air embun.

Nah, air embun inilah yang membuat madu akan mudah rusak karena mengalami fermentasi dan madu jadi lebih cair.

3 | Kemas madu dalam botol kaca atau plastik

Kemas madu dalam botol kaca atau plastik
Image: pixabay.com

Menyimpan madu pada kemasan logam sangat tidak dianjurkan. Hal Ini dikarenakan madu bersifat asam yang dapat mengoksidasi logam atau korosi, yang artinya madu berpotensi menjadi racun.

Gunakanlah wadah berbahan kaca atau botol plastik yang khusus untuk makanan yang aman dan sudah teruji yakni dari bahan P.E.T bukan PVC.

Kamu bisa lihat tanda ini dibagian bawah botol kaca atau plastik. Agar lebih meyakinkan  berikut ini adalah ciri-ciri botol P.E.T :

  1. Botol bening bahkan terkesan transparan
  2. Tidak terlihat garis sambungan botol
  3. Tidak berbau
  4. Harga cenderung lebih mahal dari bahan PVC

Dan sebaliknya Botol dengan bahan PVC  umumnya berwarna buram, terlihat garis sambung pada botol, dan memiliki bau plastik yang cukup menyengat jika didekatkan ke hidung.

Namun demikian, kaca adalah pilihan wadah yang paling direkomendasikan untuk menyimpan madu, karena apa?

Karena kaca bersifat netral dan tidak terurai dengan mudah ketika terkena panas, sehingga baik nutrisi dan cita rasa madu tetap terjaga. Jadi, madu dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

4 | Simpan dalam wadah yang tertutup rapat

Simpan dalam wadah yang tertutup rapat
Image: pixabay.com

Madu memiliki sifat higroskopis yaitu menyerap kelembaban di sekitarnya, oleh karena itu menutup wadah madu rapat-rapat adalah kuncinya.

Dengan menutup wadah rapat dan kedap udara menghindarkan madu dari proses fermentasi dan menjaga kekentalan madu alias tidak encer .

Selain itu madu yang tutupnya kurang rapat mungkin juga akan dikerumuni oleh semut.

5 | Kemas madu dalam wadah kering

Simpan dalam wadah yang kering
Image: pixabay.com

Menyimpan madu dalam kemasan yang tidak kering dapat membuat madu jadi cepat rusak. Selain kering pastikan wadah bebas bau agar tidak mempengaruhi aroma madu.*

 .  .  .  .  .

Nah, itulah beberapa tips agar kualitas madu tetap terjaga dan tahan lama. Cukup simpel, bukan? Kalau kamu sudah mengetahui informasi ini, silahkan coba diterapkan, ya terutama bagi para pecinta madu yang ada di rumah.

Madu memang memiliki beragam manfaat terhadap kesehatan. Akan tetapi, agar kandungan nutrisi yang kita peroleh maksimal, jangan sampai madu yang kita konsumsi disimpan di tempat atau dengan cara-cara yang salah lagi, ya.

Semoga bermanfat!


*Dirangkum dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan