fbpx

info@dailyhoney.co.id

Mengapa Madu dan Lemon Adalah Minuman Yang Cocok Untuk Diet Sehat?

Mengapa Madu dan Lemon Adalah Minuman Yang Cocok Untuk Diet Sehat?

Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa lemon dan apel merupakan jenis buah yang cocok dikonsumsi ketika menjalani program diet. Banyak orang, terutama kaum hawa yang rela mengurangi porsi makan berat mereka, dan menggantinya dengan buah-buahan dan dan sayur yang lebih kaya serat dan vitamin. Buah-buahan seperti jeruk, apel dan lemon memang cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet, karena tidak mengandung lemak, kaya dengan vitamin, serta dapat melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme.

Akan tetapi, ada berapa banyak orang yang tahu bahwa madu ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurangi berat badan?

Beberapa ahli nutrisi dan pelopor diet sehat pun pernah menyarankan untuk menggunakan madu sebagai pengganti bahan pemanis pada makanan selama melakukan diet. Madu hampir tidak mengandung lemak sama sekali dan juga kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, dikatakan mengkonsumsi madu secara rutin di malam hari dapat membuat tidur lebih nyenyak dan bisa mengurangi berat badan selama 2-3 minggu. Hal ini dikarenakan madu mengandung senyawa neuroterapis yang dapat menenangkan dan memperbaiki mood (anti-depresan), sehingga membantu tidur lebih nyenyak.

Baca juga:

Sebagaimana kita tahu, selama tidur pada jam biologis, sistem pencernaan kita akan memproses makanan dengan optimal. Jam tidur yang berantakan dan kebiasaan begadang akan mengganggu proses metabolisme dan detoksifikasi tubuh, sehingga akan menyebabkan penimbunan lemak di perut. Hal ini tentu akan merusak program diet yang sudah kamu rencanakan. Kita tahu bahwa untuk mengurangi berat badan juga harus dibarengi dengan gaya hidup sehat lainnya, seperti berolahraga dan tidur yang berkualitas. Dan tak lupa, mengkonsumsi makanan sehat adalah bagian yang tak boleh dipisahkan dari program diet tersebut.

Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal, mengapa tidak mengkombinasikan saja madu dan lemon ke dalam menu dietmu? Bagaimana kalau kedua jenis bahan tersebut disajikan dalam segelas minuman saja sehingga lebih efisien dan kaya nutrisi? Untuk itu, dailyhoney akan memberikan beberapa alasan bagus mengapa madu dan lemon sangat cocok dijadikan pilihan minuman sehat bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan. Berikut penjelasannya.

1. Menyingkirkan Lemak di Perut

Mengkonsumsi minuman madu dan lemon secara teratur dapat membantu meringankan kamu dari masalah berat badan. Obesitas adalah kondisi fisik tubuh ketika penumpukan lemak yang berlebihan terjadi pada jaringan dan menumpuk di beberapa bagian tubuh. Hal ini akan memberikan tekanan lebih pada jantung, ginjal, hati, dan persendian seperti pinggul, lutut, dan pergelangan kaki. Sehingga orang yang kelebihan berat badan rentan terhadap berbagai resiko penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, radang sendi, gangguan hati dan sistem endokrin.

2. Menurunkan Kolesterol

Madu adalah obat alami yang ramah dan sangat baik untuk menurunkan berat badan dan kadar kolesterol. Khasiat madu bekerja dengan menekan lemak ekstra yang disimpan di dalam tubuh, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi untuk fungsi normal dan membersihkan darah kotor sebagai hasilnya. Melakukan diet dengan madu dan jus lemon — makanan yang bersifat basa — sangat bermanfaat dalam pengobatan obesitas tanpa kehilangan energi dan nafsu makan sama sekali.

3. Bagus untuk Pencernaan dan Detoksifikasi

Sistem pencernaan makanan yang buruk dapat menyebabkan penumpukan racun dan protein yang tidak tercerna di usus. Racun tersebut dapat menumpuk sel-sel lemak dan menyebabkan respons imun dan inflamasi yang semuanya terkait dengan penambahan berat badan. Racun yang menumpuk dapat memberatkan kerja organ hati, sehingga proses detoksifikasi menjadi terganggu. Padahal hati adalah organ utama yang bertanggung jawab untuk menjaga proses pencernaan dan membakar kalori sehingga menjadi kunci kesehatan jangka panjang dan menjaga berat badan ideal.

Baik madu maupun lemon memiliki potensi untuk membersihkan usus besar dan menghidrasi makanan yang tidak tercerna, sel-sel usus, dan racun lain yang terperangkap dalam tubuh tersebut. Selain itu, manfaat sampingan lainnya dari campuran madu dan lemon ini adalah dapat mencegah konstipasi (sembelit). Konstipasi mungkin tidak secara spesifik menyebabkan penambahan berat badan, tetapi sindrom iritasi usus dan masalah pencernaan lainnya dapat secara signifikan mempengaruhi berat badan seseorang. Terlebih lagi, orang yang kegemukan sering mengeluh sembelit atau susah buang air besar, karena pencernaan mereka tidak lancar.

Memiliki sistem pencernaan yang baik dan organ hati yang berfungsi maksimal dapat secara efektif membantu kamu melepaskan lemak ekstra, memastikan bahwa rencana penurunan berat badanmu akan berhasil.

4. Mudah Disajikan

Untuk menyiapkan resep ini, campur satu sendok teh madu asli (bisa dibeli dari tempat yang kamu percaya) dengan dua sendok jus jeruk nipis atau jus lemon ke dalam segelas air hangat (bukan air panas mendidih!). Ambil resep ini sebagai minuman di pagi hari ketika perut masih kosong. Selain itu, juga bisa dikonsumsi setelah makan besar dan berlemak. Akan leboh baik kalau disajikan dalam keadaan hangat (bukan dingin).

Resep sederhana ini, selain rasanya lezat juga bisa menyehatkan pencernaan dan detoksifikasi yang efektif. Dan tentu saja, dalam setiap program menurunkan badan yang berhasil, ingatlah bahwa prinsip-prinsip seperti membentuk kebiasaan makan dan diet yang sehat, dan mempertahankan kebiasaan olahraga teratur dalam jangka panjang juga sangat penting.

5. Menjadikan Kulit Sehat dan Bersih

Manfaat kesehatan dari madu dan air lemon sangat luas. Selain itu, ia juga memberikan kamu nutrisi alami untuk kulitmu karena tindakan pembersihannya yang menghilangkan racun dan limbah lain dari tubuh, sehingga mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya. Dengan mengkonsumsi madu dan air lemon secara teratur dapat mencegah tubuh dari dehidrasi dan menjaga kulitmu menjadi tetap lembab dan bercahaya.

5 Manfaat kombinasi perasan lemon dan madu yang sehat bagi tubuh
Gambar. Campuran madu, lemon dan air hangat sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet mengurangi berat badan (shutterstock.com)

Memang, tidak dapat disangkal bahwa kombinasi dari madu dengan air hangat dan beberapa tetes jus lemon segar dapat menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan bukan hanya penurunan berat badan. Ramuan ini bisa membantu menyehatkan pencernaan, melancarkan metabolisme, dan yang paling penting, memungkinkan tubuh untuk membakar lemak jahat. Minuman detoksifikasi ini mungkin adalah salah satu ramuan diet terbaik untuk mengurangi lemak perut secara alami.

Meskipun demikian, meminum campuran resep ini saja mungkin tidak akan cukup untuk menurunkan berat badanmu dengan mudah. Selain meminum ramuan ini, cobalah juga sertakan dengan memakan makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang, ditambah dengan olahraga, aktivitas fisik, dan tidur yang cukup untuk menghasilkan hasil terbaik dalam hal penurunan berat badan.


Referensi:

  1. https://www.benefits-of-honey.com
  2. https://www.timesnownews.com/health/article/benefits-of-honey-and-lemon-water-for-weight-loss-detoxification-liver-cleanse-healthy-skin/87366

Tinggalkan Balasan