fbpx

info@dailyhoney.co.id

Mitos dan Fakta dari Penggunaan Sendok Madu yang Harus Kamu Ketahui

Madu Organik Daily Honey dan Sendok Madu Kayu
Sendok Madu Kayu

Dailyhoney – Biasanya kita mengonsumsi madu sudah terbiasa menggunakan sendok makan atau sendok yang terbuat dari logam seperti stainless steel, itu dikarenakan barang tersebut adalah pilihan alternatif dan jenis sendok yang paling mudah didapati yang pernah ada. Namun, ada yang mengatakan penggunaan sendok logam sebagai sendok madu adalah keputusan yang salah, kenapa begitu? Apakah itu benar? Berikut penjelasannya.

Penyebabnya ialah Kandungan di dalam Madu

Meskipun terasa manis, faktanya madu mengandung asam (acid), yang rata-rata memilki pH 3,9 yang mana dapat menguraikan logam. Jika hal tersebut terjadi, uraian ini akan dapat menghasilkan sejenis garam beracun dan mengubah rasa dan juga komposisi madu.

Itu merupakan hasil penelitian yang mendapati bahwa penggunaan barang logam termasuk ke dalamnya stainless steel sangat tidak dianjurkan untuk bersentuhan dengan madu, ya itu dilihat dari dampak yang akan ditimbulkan. Apakah benar demikian?

Faktanya, benar bahwa madu dapat bereaksi dengan logam dikarenakan sifat asam dari madu yang dapat membuat unsur sejenis logam terkorosif, dan juga membentuk sejenis garam beracun dan pastinya mengubah komposisi dan juga rasa madu tersebut. Waah, mengerikan juga ya.

Namun yang harus digaris bawahi ialah proses atau reaksi kimia untuk mengkorosifkan logam oleh madu tidaklah sesingkat itu. Madu memiliki waktu yang lumayan lama untuk menghasilkan garam beracun dari reaksinya dengan logam. Ini juga mengingat proses pemanenan madu ada juga yang menggunakan bahan berjenis logam, walaupun sudah berstatus food grade.

Dianjurkan menggunakan sendok madu

Kesimpulannya, kita boleh-boleh saja menggunakan sendok yang terbuat dari bahan stainless steel, porselen, kaca, keramik atau bahkan plastik food grade. Namun alangkah sebaiknya jika kita menghindari sejak awal, yaitu dengan menggunakan sendok kayu untuk mensiasati kejadian buruk yang akan terjadi. Apalagi di era seperti ini, sangat mudah mendapati sendok yang terbuat dari kayu.

Sendok madu kayu
sendok madu daily honey

Berbeda lagi jika kita memasukkan sendok logam ke dalam madu dengan waktu yang lama, atau menyimpan madu dalam wadah berbahan dasar logam, pastinya korosif logam akan terjadi, dan ini sangatlah berbahaya. Happy daily honey.

Kunjungi kami di Shopee

Tinggalkan Balasan