fbpx

info@dailyhoney.co.id

Awas Tertipu Madu Palsu! 5+ Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Awas Tertipu Madu Palsu! 5+ Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Madu adalah salah satu minuman alami yang sering di konsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. kita bisa menjumpai madu hampir di setiap minimarket, pasar, atau warung yang ada di sekitar rumah. Teman – teman juga perlu tau membedakan madu asli dan palsu.

Hal ini karena sekarang banyak orang tidak bertanggung jawab yang mencari keuntungan lebih dengan mengedarkan madu palsu / bukan madu murni. Untuk menghindari hal tersebut teman – teman Daily Honey harus bisa membedakan madu asli dan madu palsu, di bawah ini Daily Honey memberikan Beberapa Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu

 

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Di kesempatan kali ini Daily Honey ingin berbagi kepada teman – teman semuanya mengenai perbedaan antara madu palsu dan madu asli yang wajib untuk diketahui. Berikut merupakan metode yang bisa teman – teman Daily Honey lakukan jika takut tertipu oleh madu oplosan / madu palsu.

 

Memasukan Madu ke Dalam Kulkas

Cara pertama untuk membedakan madu asli dan palsu adalah dengan mendinginkan madu tersebut di dalam mesin pendingin / kulkas. Untuk melakukan pengujian ini caranya sangatlah mudah.

Kamu bisa menyiapkan madu yang ingin diuji, kemudian masukan madu tersebut kedalam wadah. Setelah itu taruh wadah berisi madu tersebut ke dalam mesin pendingin / freezer di kulkas. Tunggu selama beberapa waktu, kemudian lihat hasilnya apakah madu tersebut beku atau tidak.

Jika madu tersebut tidak beku bisa dipastikan kemungkinan besar itu adalah madu asli. Tetapi cara ini tidak akurat sepenuhnya, hal ini karena dalam kondisi tertentu madu asli juga bisa menjadi beku karena kadar glukosa lebih tinggi daripada kadar fruktosa di dalam madu tersebut.

 

Menggunakan Kuning Telur

Selanjutnya yang metode membedakan madu asli dan palsu yang kedua adalah dengan memanfaatkan kuning telur. Kamu bisa menguji madu asli dengan mencampurkan kuning telur dan madu yang ingin di uji.

Setelah di diamkan selama beberapa saat, kuning telur yang dicampur dengan madu akan terlihat seperti lebih mengental dan tampak matang. Hal itu sebenarya adalah proses koagulasi, ini terjadi ketika kandungan PH atau asam yang ada di dalam madu menyebabkan kuning telur yang mengandung protein protein menjadi mengental.

Tetapi ada orang yang mengedarkan madu oplosan dengan campuran asam di dalamnya, kamu tidak bisa langsung menyimpulkan keaslian madu hanya dengan uji kuning telur saja.

 

Membakar Madu

Cara ketiga membedakan madu asli dan palsu yaitu dengan memanaskan madu tersebut, ini kebalikan dari metode yang pertama. Kamu bisa melakukan pengujian tersebut dengan cara menyiapkan madu di atas sendok, kemudian panaskan bawah sendok menggunakan lilin / alat pemantik api.

Jika madu tersebut asli, maka setelah beberapa waktu madu tersebut biasanya mengeluarkan gelembung / buih sampai madu tersebut tumpah dari sendok. Berbeda halnya dengan madu oplosan yang jika dipanaskan pasti akan mengeluarkan buih / gelembung, namun tidak sampai menyebabkan madu tersebut tumpah dari sendok.

Gas tersebut adalah wujud kandungan gas di dalam madu yang terpanaskan, apalagi jika madu dari Indonesia adalah madu yang mempunyai kadar air tinggi, sehingga tentu hal tersebut menyebabkan kandungan gas di dalam madu tersebut tinggi. Selain itu madu asli juga sulit untuk gosong ketika dipanaskan / dibakar.

 

Menggunakan Semut

Jarang yang mengetahui metode keempat ini, yaitu menguji madu asli menggunakan semut. Semut alan cenderung lebih lama mengerubungi madu asli dibandingkan dengan madu palsu.

Hal ini dikarenakan madu murni mempunyai karakteristik yang keras sehingga sulit untuk masuk ke organ penyedot makanan milik semut, sebaliknya jika madu palsu akan lebih mudah untuk masuk kedalam organ penyedot makanan milik semut.

Tetapi ini merupakan salah satu cara yang paling tidak di anjurkan, karena bagaimanapun semut pasti akan mengerubungi makanan – makanan manis, selain itu kita juga sulit untuk mengamati belalai semut / organ penyedot makanan milik semut.

 

Mengandung Pollen

Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk membedakan madu asli dan madu palsu. Di dalam madu asli pasti 100% mengandung pollen, entah itu dalam ukuran yang sedikit atau banyak.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu pollen, Pollen adalah suatu serbuk sari yang diambil lebah pekerja dari bunga yang mereka hinggapi, sebagai sumber protein. Di dalam pollen madu ini terkadung sebanyak 20% protein, 27% karbohidrat, 11% air, 5% lemak, mineral 3%, dan vitamin lainnya.

Serta yang paling pasti adalah madu asli tidak mengandung sesuatu yang berasal dari luar sarang lebah madu tersebut.

 

Tips Mendapatkan Madu Asli

Setelah kamu sudah mengetahui beberapa metode membedakan madu asli dan palsu di atas, di bawah ini Daily Honey juga memberikan beberapa tips untuk kamu yang ingin mendapatkan madu asli. Berikut 3 Tips Mendapatkan Madu Asli :

membedakan madu asli dan palsu

Membeli Madu Dari Petani Langsung

Tips yang pertama untuk mendapatkan madu asli adalah kamu bisa membeli madu langsung dari petani lebah. Ini merupakan cara yang paling efektif jika kamu ingin memastikan madu yang kamu dapatkan adalah madu asli.

Selain itu kamu juga bisa melihat secara langsung proses pemanenan madu oleh petani dari sarang lebah, sampai proses pengemasannya. Hal ini tentu akan lebih terjamin.

 

Hindari Madu Yang Mengandung Bahan Pengawet

Madu adalah aslah satu bahan makanan yang dihasilkan oleh lebah dengan ketahanan sangat tinggi, kita tidak perlu menambahkan pengawet ke dalam madu. Ini karena madu pada dasarnya bisa pertahan hingga tahunan bahkan puluhan tahun. Bisa kita simpulkan kemungkinan besar madu yang mengandung bahan pengawet buatan adalah madu palsu atau madu oplosan.

 

Beternak Madu Sendiri

Alternatif yang terakhir jika kamu sudah bosan tertipu mendapatkan madu palsu yaitu dengan beternak lebah madu sendiri. Tetapi biasanya kendala jika beternak madu sendiri adalah sulitnya mendapatkan sarang lebah madu untuk diternak, selain itu juga jika kamu hidup di kota produktifitas lebah untuk menghasilkan madu akan lambat karena sulit mencari bunga.

 

Memang mebedakan madu asli dan madu palsu adalah suatu hal yang relatif sulit bahkan bagi orang yang sudah berpengalaman sekalipun, kalian bisa menerapkan tips yang Daily Honey berikan di atas dan metode cara membedakan madu asli dengan madu palsu.

Seperti itulah pembahasan dari Daily Honey mengenai 5Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu. Mudah – mudahan setelah membaca artikel tersebut, kamu bisa lebih paham mengenai perbedaan madu asli dan madu palsu. Terimakasih telah membaca artikel kali ini sahabat Daily Honey!

Tinggalkan Balasan