fbpx

info@dailyhoney.co.id

Philanthus triangulum, Spesies Lebah Yang Bisa Mengawetkan Makanannya Sendiri

Philanthus triangulum, Spesies Lebah Yang Bisa Mengawetkan Makanannya Sendiri

Selayaknya manusia, saat makanan kita bersisa pasti ada rasa sayang untuk membuangnya, ‘kan? Hal apa yang lazim kita lakukan agar makanan tersebut bisa kita makan lagi nantinya? Ya, kulkas atau lemari es! Menyimpan makanan yang masih ada sisa ke dalam kulkas dipercaya dapat membuat makanan jadi awet dan tahan lama, ini dikarenakan suhu dingin yang dihasilkan kulkas dapat mencegah makanan dari serangan bakteri.

Sebagai informasi, ternyata lebah juga punya cara tersendiri untuk menjaga agar makanannya tetap awet dan tahan lama. Dilansir dari Bobo (14/06/219), sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada satu jenis lebah yang dapat mengawetkan makanan di sarangnya.

Lebah jenis ini dikenal dengan lebah serigala yang bernama latin Philanthus triangulum. Pola hidup lebah serigala tersebut diamati dan diteliti oleh 2 tim peneliti yakni dari Universities of Regensburg, Johannes Guteberg University dan Max Planck Institute for Chemical Ecology. Lebah ini biasanya betindak sebagai predator lebah lain di alam dan banyak dijumpai di daratan Eropa (disebut juga dengan beewolf Eropa).

Penelitian ini berhasil mengungkapkan bahwa ternyata lebah serigala juga mampu menciptakan mekanisme pengawet makanan mereka sendiri yang di hasilkan dari telur, berupa gas nitrit oksida, dimana gas ini dapat mencegah jamur berkembang di makanan. Hal ini sangat berperan dalam menangkis serangan jamur pada sarang lebah yang hangat dan lembab.

Bak Pakai Kulkas, Begini Rahasia Lebah Awetkan Makanan
Gambar. Lebah serigala yang memburu lebah madu jenis Apis mellifera untuk dijadikan makanan bagi larva lebah di sarang mereka (via sains.kompas.com)

Tidak seperti sarang-sarang lebah kebanyakan, sarang lebah serigala umumnya dibuat di tempat yang berpasir dan mendapat paparan sinar matahari.

Madu lebah disimpan ditempat khusus yang bernama brood cell sebagai makanan untuk larva lebah. Di brood cell akan menjadi ruang dimana larva dapat bertumbuh dan berkembang. Suhu dalam brood cell cenderung hangat dan bersifat lembab karena ruangan ini memiliki tingkat kedalaman yang cukup tinggi, sehingga kondisi sarang yang demikian sangat ideal untuk perkembangan larva.

Akan tetapi, di sisi lain kondisi sarang yang hangat dan bersifat lembab tersebut juga disukai oleh jamur. Akibatnya, makanan yang terdapat di dalamnya rentan menjadi basi atau membusuk. Tapi beruntungnya, disinilah peran lebah serigala sebagai mana yang diungkapkan oleh para peneliti terkait mekanisme pengawetan makanan anti jamur tersebut.

Lalu, bagaimana cara atau mekanisme pengawetan makanan yang dilakukan oleh lebah serigala tersebut?

Ketika lebah serigala meletakkan telurnya di brood cell, ruang tersebut akan mengeluarkan aroma yang mirip dengan bau kolam renang, dan tahukah kamu? Bau tersebut ternyata berasal dari telur lebah serigala tadi.

Lebih jauh, setelah melewati analisis kimia diketahui bahwa bau yang muncul tersebut dihasilkan oleh gas Nitrit Oksida (NO) yang diproduksi oleh telur dalam jumlah yang banyak. Gas Nitrit Oksida atau NO ini akan dilepas ke udara dan kemudian terjadi reaksi dengan Oksigen (O2) sehingga terbentuklah Gas Nitrogen Dioksida (NO2)

Oleh karena bersifat sangat reaktif serta mempunyai efek oksidasi yang kuat, sehingga gas NO dan NO2 dalam konsentrasi yang tinggi dapat membasmi jamur, sehingga terhindar dari fermentasi dan membuat makanan dalam sarang tetap awet. Luar biasa, bukan?

Ternyata selama ini, beberapa hewan memiliki caranya sendiri untuk mengawetkan makanan mereka layaknya manusia. Hanya saja mereka bisa melakukannya secara natural tanpa membutuhkan teknologi khusus apapun seperti kita.


Referensi:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/European_beewolf
  2. https://bobo.grid.id/read/081754884/tak-hanya-manusia-lebah-juga-bisa-awetkan-makanan-bagaimana-caranya?page=all
  3. https://sains.kompas.com/read/2019/06/13/200600323/bak-pakai-kulkas-begini-rahasia-lebah-awetkan-makanan

Tinggalkan Balasan