fbpx

info@dailyhoney.co.id

Selusin Alasan Madu Sangat Bermanfaat Bagi Kamu Yang Sedang Puasa

Selusin Alasan Madu Sangat Bermanfaat Bagi Kamu Yang Sedang Puasa

Selusin Alasan Madu Sangat Bermanfaat Bagi Kamu Yang Sedang Puasa — Untuk senantiasa tampil segar dan bugar selama menjalani ibadah puasa, banyak orang mengakalinya dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin dengan berbagai jenis bentuk dan merek.

Tidak banyak yang tahu bahwa produk alam nan klasik seperti madu, dapat bekerja memberi manfaat kesehatan yang jauh lebih baik dan tentu saja tanpa efek samping bagi tubuh, manfaat tersebut akan sangat menolong kita tentunya yang saat ini sedang berpuasa.

clear-glass-bowl-beside-yellow-flower-1638280 (1)
Gambar. Meminum madu segar saat sahur dan berbuka bermanfaat untuk kesehatan tubuh (pexels.com)

Apa sajakah manfaat madu yang dapat kita rasakan saat berpuasa? Ini dia penjelasan lengkapnya yang dailyhoney rangkum dari berbagai sumber, sebagai berikut:

#1. Melembabkan Bibir

Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah merupakan keluhan yang sering di alami banyak orang saat sedang berpuasa, untuk mengatasinya oleskan madu pada bibir agar kelembabannya tetap terjaga.

 #2. Melembabkan Wajah

Ketika berpuasa wajah cenderung kering karena tubuh tidak mendapatkan cukup cairan. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa gunakan masker madu guna mendapatkan kulit wajah yang senantiasa lembab, karena di dalam madu terkandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Tidak hanya itu madu yang kaya kandungan antiseptik dan anti-bakteri dikabarkan juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.

#3. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut saat berpuasa bisa dimaklumi bahkan sampai ada yang berseloroh ‘tidak apa-apa, bau surga’, namun kalau hanya dibiarkan tidak coba untuk mengatasinya yang ada bau tersebut akan menggangu, alih-alih masuk surga yang kamu temui justru orang-orang akan menjauh. hehe

Untuk mengatasi keluhan ini kamu bisa gunakan madu dengan kayu manis dalam air hangat dan diminum pada saat sahur, ramuan ini disinyalir akan membuat nafas jadi segar sehari penuh meskipun sedang berpuasa.

Kabarnya orang Amerika Selatan telah sudah terbiasa meminum ramuan tersebut  dipagi hari.

#4. Dapat Mengurangi Rasa Lapar

Mengomsumsi satu sendok madu sama dengan mengonsumsi 17 gram karbohidrat, kemudian karbohidrat diolah menjadi kalori yang dapat memberikan rasa kenyang yang tahan lama.

Selain itu madu juga mengandung hormon yang dapat menekan nafsu makan, hal tentu sangat membantu kita yang tengah berpuasa.

#5. Memberikan Energi dan Stamina Yang Tahan Lama

Menurut United States Departement of Agriculture (USDA), madu mengandung setidaknya 64 kalori per sendok, itulah yang membuat madu menjadi salah satu sumber energi tubuh yang baik dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Dengan energi dan stamina yang terjaga dengan baik, kita dapat lebih fokus sangat beraktivitas dan tentunya lebih khusyuk saat beribadah.

#6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh karena sumber antioksidan dan flavonoid yang terkandung di dalamnya.

Di bulan Ramadan ini kamu disarankan untuk mengonsumsi 1-2 sendok madu alami ketika sahur agar tubuh tetap fit menjalankan amalan dan melakukan banyak ibadah saat puasa, karena seperti yang kita tahu ganjalan pahala di bulan suci ini berlipat ganda.

#7. Menyehatkan Sistem Perncernaan

Madu yang dilarutkan kedalam air hangat dan diminum saat berbuka memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu proses penyerapan nutrisi pada makanan yang kita konsumsi, hal ini tentu dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga dapat bekerja dengan baik.

Dalam madu terdapat antiseptik yang berfungsi dalam meningkatkan produksi lendir dalam usus juga mengurangi kadar keasaman dalam perut, sehingga sistem pencernaan kita menjadi sehat.

#8. Mengatasi Asam Lambung dan Perut Kembung

Satu lagi keluhan yang banyak dirasakan saat sedang berpuasa yakni meningkatnya asam lambung, alhasil perut menjadi kembung dan ini dapat menggangu saat beraktivitas.

Atasi masalah ini dengan meminum 1 sendok madu yang dilarutkan dalam air hangat, kembung mereda karena madu dapat menetralkan gas dalam perut, selain itu minuman ini juga dapat menghindarkan kita dari dari dehidrasi jika kamu konsumsi saat berbuka puasa.

#9. Membunuh Racun dalam Tubuh

Tubuh yang bersarang banyak racun dapat memberi dampak yang buruk bagi kesehatan terutama bagi kita yang sedang berpuasa, untuk itu mengonsumsi madu secara teratur dengan air hangat dan perasan lemon adalah solusi terbaik untuk membersihkan dan membunuh racun yang ada di dalam tubuh.

#10. Menstabilkan Gula Darah

Makanan manis merupakan makanan pertama yang diburu saat berbuka puasa, saking sukanya kadang-kadang kita jadi lepas kontrol dan lupa kalau makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh.

Berbeda dengan madu, madu adalah pemanis alami yang dapat menurunkan gula dalam darah. Bagusnya madu adalah manisnya dapat sehat dapat.

#11. Menurunkan Kadar Trigliserida yang Dapat Memicu Stroke dan Kanker

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang banyak dijumpai dalam darah, ia dihasilkan dari makanan seperti keju, susu, daging, minyak goreng, mentega, santan dan nasi.

Ketika jenis lemak ini memiliki jumlah berlebih dari yang dibutuhkan tubuh, maka dapat memicu penebalan pada dinding pembuluh darah dan hal inilah yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

Adalah menu favorit saat berbuka, berbagai olahan makanan yang  bersantan dan goreng-gorengan yang saat mengonsumsinya kita sering kalap, inilah yang akhirnya membuat penumpukan trigliserida di dalam tubuh kita yang dapat memicu stroke dan kanker.

Untuk mengantisipasi hal ini, Ahli Nutrisi dan Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora menuturkan,

“Madu mentah adalah pengganti terbaik gula, sangat baik dikombinasikan dengan kayu manis karena keduanya saling melengkapi. Campuran itu bisa mengurangi trigliserida atau lemak darah.”

#12. Membuat Tidur Lebih Berkualitas

Mengonsumsi madu setiap sebelum tidur selama berpuasa dapat meningkatkan kualitas tidur karena kerja hormat relaksasi dalam madu membuat suasana hati menjadi lebih baik, menjadikan tidurmu nyenyak.

.   .   .

Demikian beberapa info manfaat madu untuk menjaga kesehatan selama berpuasa yang bisa kamu implementasi selama sebulan penuh.  Selain mengonsumsi madu jangan lupa konsumsi makanan bergizi lainnya, ya honey lover.

Semoga bermanfaat.


Referensi:

  1. https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4572625/11-manfaat-madu-saat-puasa
  2.  https://m.fimela.com/amp/4234577/minum-air-madu-hangat-saat-sahur-dan-berbuka-puasa-ini-4-manfaatnya
  3. https://ramadan.tempo.co/read/1335683/maag-ganggu-ramadan-minum-madu-saat-sahur-dan-buka-puasa

Tinggalkan Balasan