fbpx

info@dailyhoney.co.id

Tak Sabar Menunggu, Begini Cara Lebah Mempercepat Proses Pemekaran Bunga Saat  Merasa Lapar

Tak Sabar Menunggu, Begini Cara Lebah Mempercepat Proses Pemekaran Bunga Saat Merasa Lapar

Tidak hanya jenius, lebah terutama si betina juga merupakan jenis serangga yang ulet dan pekerja keras. Tidak heran mengingat lebah betinalah yang bertanggung jawab dalam memenuhi ketersediaan makan bagi semua lebah yang ada dalam koloninya.

Sebuah fakta yang cukup menarik telah ditemukan, bahwasanya saat lebah membutuhkan makanan namun tanaman atau bunga yang menjadi sumber makanannya belum bermekaran karena memang belum waktunya, maka lebah akan merangsang tanaman dan bunga tersebut untuk bermekaran lebih awal dari seharusnya.

Bagaimana caranya?

Para peneliti menguak fakta ini dalam sebuah penelitian yang membuktikan bahwa ternyata lebah bisa mempercepat proses pemekaran bunga atau tanaman untuk mendapatkan serbuk sari yang mereka butuhkan dengan cara merusak daun tanaman atau bunga tersebut dengan cara membuat lubang dengan gigitannya.

Ketika para Peneliti di ETH Zurich sedang mengkaji bagaimana cara lebah merespon bau tanaman, mereka menemukan bekas gigitan daun yang unik pada tanaman yang berbentuk seperti setengan bulan, hal ini sebagaimana yang Erik Stokstad publikasasikan dari kutipan Majalah Sains Amerika (Science).

Para peneliti tersebut pada awalnya berasumsi bahwa mungkin lebah menghisap cairan yang ada pada daun tersebut, namun begitu lebah terlihat melakukannya dalam rentang waktu yang singkat jika mereka membutuhkannya dalam jumlah banyak, terlebih mereka juga tidak mengambil potongan daun itu sebelum kembali ke koloninya.

Lalu apa hubungan gigitan lebah pada daun dengan proses pemekeran bunga?

Peneliti melakukan sebuah tes yakni yang dikenal dengan tes kandang lebah, seperti yang dijelaskan oleh Susan Milius pada Science News, setelah mengurung lebah selama 3 hari pada sebuah kandang dengan tanaman yang belum mekar, ditemukan banyak anaman yang daunnya rusak akibat ditusuk dengan pola atau bentuk setengah bulan.

Dari tes tersebut juga mendapati tanaman tomat yang tertusuk lebah lima hingga sepuluh kali ternyata tanaman yang rusak daunnya memiliki proses pemekaran 30 hari lebih awal dibandingkan dengan daun tanaman yang utuh atau tidak rusak.

Tes kandang lebah ini membuat kamu makin penasaran bukan honey lovers? Seajaib itukah gigitan lebah sehingga membuat bunga bermekaran lebih cepat dari seharusnya?

Nah, untuk menjawab hal ini para peneliti mencoba melakukan eksperimen dengan cara membuat lubang berbentuk setengah bulan yang serupa dengan yang dibuat lebah pada daun tanaman atau bunga.

Lalu bagaimana hasilnya?

Tanaman atau bunga tersebut ternyata juga bermekaran lebih awal jika dibandingkan dengan tanaman yang tidak dilubangi daunnya, namun demikian, proses pemekaran bunga tidak secepat yang dibuat oleh lebah.

Para peneliti meyakini bahwa perbedaan itu dapat terjadi karena adanya komponen kimia berupa senyawa organik tertentu yang dimiliki lebah pada liurnya yang dapat menjadikan bunga mekar jauh lebih cepat.

Penelitian masih dilakukan hingga saat ini, para peneliti masih terus mempelajari lebih mendalam lagi terkait perilaku lebah yang satu ini.

Semoga dimasa mendatang penelitian akan dapat mengungkap fakta ini dan tentu kita selalu menunggu kejutan dan fakta-fakta baru dari serangga imut yang sungguh luar biasa ini.

Sumber :

https://warstek.com/lebah-punya-cara-unik-untuk-mempercepat-pemekaran-bunga/

Tinggalkan Balasan