fbpx

info@dailyhoney.co.id

Ternyata inilah Alasan Kenapa Honey Dipper Lebih Praktis Digunakan untuk Menyendok Madu…

Ternyata inilah Alasan Kenapa Honey Dipper Lebih Praktis Digunakan untuk Menyendok Madu…

Mungkin masih banyak diantara kamu yang masih belum tahu apa itu honey dipper...

… walaupun, sebenarnya kamu sudah pernah atau mungkin sering melihat bentuknya, baik melihatnya langsung maupun di TV dan foto-foto di internet. Hanya saja barangkali kalian tidak familiar dengan namanya.

Honey dipper adalah sendok yang terbuat dari kayu, desainnya cukup unik: bagian kepalanya bulat, sekilas mirip badan lebah, namun ada ulir-ulir di sekeillingnya dan mempunyai tangkai/gagang dengan panjang lebih kurang 15 cm. Benda ini sering digunakan untuk mengambil atau menciduk madu.

Yang menarik adalah kenapa banyak orang menggunakannya untuk menyendok madu? Sekilas mungkin rasanya agak ribet menggunakan honey dipper dibanding sendok pada umumnya. Kalau memang benar sendok logam terlalu beresiko jika dicelupkan ke dalam madu, kenapa tidak diganti dengan sendok kayu biasa saja? Atau sendok kayunya dibuat cembung saja agar madu yang terangkat juga banyak? Lagipula kalau pakai honey dipper, apa tidak membuat madu jadi berceceran saat dipindahkan saat menyendoknya? Dan masih banyak lagi pertanyaan lain yang barangkali muncul di benak kita.

Nah, agar pertanyaan tersebut tidak sekedar menambah rasa penasaran kita: maka untuk memuaskan rasa ingin tahu kita yang alamiah itu, berikut adalah penjelasan singkat yang mungkin bisa menjawab segala pertanyaan di atas.


Honey dipper didesain khusus dengan bentuk bulat berulir-ulir, gunanya adalah untuk menambah luas permukaan yang dapat ditempeli madu, madu akan terangkut lebih banyak pada honey dipper.

Apakah hal itu membuat madu yang terangkut tidak tercecer jika dipindahkan ke wadah lain? Mungkin iya, kalau jarak antar wadah madu yang akan dipindahkan ke wadah yang satunya lagi sejauh Jakarta-Bogor, hehe.

Harusnya tidak akan ada madu yang tercecer saat pemindahan, sebab tekstur madu yang kental jadi tidak akan mudah tumpah saat dipindahkan. Selain itu, cara memindahkan madu juga sesuai dengan bentuk honey dipper sehingga madu mengalir pada sela-sela ulir layaknya aliran susu kental manis pada lubang kaleng.

Hal itulah kiranya yang menjadi alasan mengapa sebagian orang lebih suka menggunakan honey dipper untuk menciduk atau mengambil madu, ya karena memang lebih praktis dari sendok logam. Sebagai tambahan, untuk mendapatkan honey dipper ini kamu tidak perlu merogoh kantung dalam-dalam karena harganya cukup terjangkau, tentunya tergantung dari jenis kayu yang digunakan dan honey dipper ini tersedia dalam berbagai ukuran.

Pada beberapa penjual madu biasanya juga ada yang mempaketkan langsung honey dipper dengan produk madu yang dijualnya dalam kemasan. Jadi, tidak perlu lagi harus susah-susah membelinya secara terpisah.


Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan