fbpx

info@dailyhoney.co.id

Ternyata Lebah Madu Memiliki 3 Juta Helai Rambut di Tubuhnya! Yuk, Cari Tahu Apa Fungsinya…

Ternyata Lebah Madu Memiliki 3 Juta Helai Rambut di Tubuhnya! Yuk, Cari Tahu Apa Fungsinya…

Bila diperhatikan lebih dekat, lebah madu ternyata memiliki rambut yang cukup banyak lho, honey lovers!? Rambut ini bahkan menutupi hampir seluruh bagian tubuhnya, ya termasuk pada bagian mata.

Mungkin karena rambut lebah madu tergolong halus, makanya jika dilihat sekilas kita tidak akan menyadari keberadaan rambut-rambut tersebut.

Tidak tanggung-tanggung lebah madu kabarnya memiliki lebih kurang 3 juta helai rambut yang menempel di tubuhnya. Nah, rambut ini pulalah yang menjadikan lebah madu memiliki ciri fisik yang berbeda dengan serangga maupun lebah jenis lainnya.

Lantas, apa ya kira-kira fungsi dari rambut-rambut tersebut bagi lebah madu?

Dilansir dari bobo.id, rambut-rambut lebah ini ternyata memiliki kaitan yang erat dengan strategi bertahan hidup lebah madu tersebut, lho.

Seperti yang kita tahu, lebah madu selain mengumpulkan nektar dari berbagai jenis bunga dan tanaman lain, mereka juga mengumpulkan serbuk sari.

Serbuk sari sangat berguna bagi koloni lebah madu karena selain bernutrisi, serbuk sari juga mengandung protein serta lemak. Berbagai jenis lebah juga memiliki cara yang berbeda dalam membawa serbuk sari yang di kumpulkannya.

KABARE DUNIA: Sains | BERITA UNIK SERTA BERITA MENARIK YANG PATUT ...
Gambar. Bentuk fisik lebah Apis mellifera jika diamati dari jarak dekat ternyata memiliki banyak sekali bulu-bulu halus di tubuhnya yang memiliki fungsi untuk menangkap serbuk sari (via shutterstock.com)

Nah, bagi lebah madu sendiri peran rambut-rambut yang jumlahnya diperkirakan jutaan helai dan menempel hampir disemua bagian tubuhnya inilah yang dimanfaatkan lebah sebagai cara yang efektif dalam memperoleh serbuk sari dalam jumlah yang banyak.

Ketika menghisap nektar dari suatu bunga, serbuk sari pun banyak menempel pada batang rambut yang terdapat pada tubuh lebah madu, terutama di bagian tengah tubuh dan bagian kaki depan yang merupakan tempat tumbuh rambut yang paling lebat.

Dengan jumlah helai rambut yang sangat banyak itu juga, lebah madu dapat membawa serbuk  sari setidaknya 30 persen dari total berat tubuhnya lho, honey lovers. (Wow!)

Yang lebih menarik lagi, rambut lebah madu yang membawa banyak serbuk sari juga memberi keutungan untuk tanaman lain, dimana serbuk sari  yang berjatuhan saat  diangkut kembali ke sarang akan menempel pada bunga-bunga dan sangat membantu dalam proses penyerbukan dari tanaman tersebut.

Fakta lainnya yang tidak kalah unik adalah lebah madu juga sangat rajin membersihkan rambutnya dari serbuk sari, dimana sebuah penelitian menyebutkan bahwa lebah madu bisa membersihkan 15.000 partikel serbuk sari dalam waktu 3 menit saja.

Bagaimana cara lebah madu membersihkan tubuhnya dari serbuk sari tersebut telah diamati oleh Institut Teknologi Georgia dalam sebuah rekaman video yang diperlambat.

Semoga bermanfaat!


Sumber: https://bobo.grid.id/

Tinggalkan Balasan