fbpx

info@dailyhoney.co.id

Tips Mengkonsumsi Madu untuk Diet Mengurangi Berat Badan

Tips Mengkonsumsi Madu untuk Diet Mengurangi Berat Badan

Tips Mengkonsumsi Madu untuk Diet Mengurangi Berat Badan — Mungkin banyak dari kita yang mengetahui tentang manfaat madu bagi kecantikan, tapi tahukah kamu bahwa madu merupakan bahan makanan yang juga efektif untuk menurunkan berat badan? Menurut riset, kamu dapat mengurangi ukuran pinggang dalam waktu 3 minggu, hanya dengan rutin mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur.

Apakah menurutmu fakta itu terlalu dilebih-lebihkan? Nah, untuk itu, mari kita simak penjelasan kenapa madu bekerja dengan baik dalam mengurangi berat badan.

Apa itu diet madu?

Salah satu orang yang mempopulerkan diet madu, Mike McInnes, menemukan bahwa para atlet yang mengkonsumsi makanan yang kaya dengan fruktosa seperti madu membakar lebih banyak lemak dan meningkatakan stamina dengan lebih baik. Madu bertindak sebagai bahan bakar untuk membuat liver memproduksi glukosa. Glukosa ini menjaga kadar gula otak tetap tinggi dan memaksanya melepaskan hormon pembakar lemak.

Penerapan dari diet madu, sederhananya adalah menggantikan gula yang dimakan dengan madu, sepanjang hari. Sebagai tambahan, kamu dapat mengkonsumsi 3 sendok madu dengan dicampur air hangat setiap malam sebelum tidur. Kombinasikan dengan olahraga teratur (coba dan lakukan latihan fisik 3 kali seminggu) dan kamu akan menyadari penurunan yang cukup pesat dari berat badanmu. Studi menemukan bahwa mekanisme di dalam otak yang menyebabkan keinginan untuk mengkonsumsi lebih banyak gula dapat ditekan sepenuhnya dengan diet madu ini secara rutin.

Salah satu cara untuk mengontrol gula darah dalam tubuh adalah dengan melakukan diet karbohidrat. Nilai penting karbohidrat dalam diet sehat seringkali dinyatakan dengan indeks glikemik (GI). Karbohidrat dengan nilai GI minimum dan maksimum menunjukkan secara berturut-turut tingkat gula darah yang rendah dan tinggi. Karbohidrat dengan GI rendah lebih baik daripada karbohidrat dengan GI tinggi.

Oleh karena itu, diet madu dengan GI rendah memberikan keuntungan terhadap metobolisme tubuh, termasuk bagi para penderita diabetes dan jantung koroner. Madu dari jenis flora bunga akasia dan madu kuning merupakan contoh madu dengan nilai GI rendah (dapat dilihat pada jurnal ilmiah Glycemic Index: overview of implications in health and disease, vol. 76, 2002).

Baca juga: Berat Badan Mulai Mengkhawatirkan? Ayo Atasi dengan Diet Madu! Begini caranya…

Lebih lanjut, menurut McInnes, kebanyakan dari kita berusaha keras untuk mengurangi berat badan karena kita mengkonsumsi terlalu banyak gula dan makanan olahan. Ketika kita mengkonsumsi madu sebelum tidur, tubuh mulai membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur. Ketika kamu melanjutkan diet ke tahap selanjutnya dan menggantikan semua gula halus dari dietmu dengan madu, kamu mengatur ulang sinyal di otak yang mendorong kamu untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan manis.

Hasil yang diperoleh dari diet madu telah diketahui secara mengesankan. Tapi, selalu ingat untuk memperhatikan beberapa poin penting berikut ini:

#1. Ganti semua gula dengan madu

Kurangi gula alam dietmu. Ini berarti kamu juga akan harus membuang pemanis buatan. Gunakan madu dalam teh, kopi dan sereal ketimbang gula halus. Selalu perhatikan apapun yang kamu masak, sehingga kamu tidak menggunakan gula juga di dalamanya.

#2. Hindari junk food

Makanan cepat saji atau junk food adalah makanan olahan yang mengandung nol kalori. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari diet madu, berhentilah mengkonsumsi junk food.

#3. Pilihlah karbohidrat yang bukan olahan

Tepung putih olahan dalam pasta putih dan nasi putih dapat menyebabkan kenaikan tajam kadar gula arah. Pilihlah tepung yang sepenuhnya tepung ketimbang sebagaimana mereka bagus untuk dicerna dan akan mejaga kamu teteap kenyang untuk waktu lebih lama.

#4. Mengkonsumsi protein

Tetap jaga asupan protein tapi pastikan kamu mengkonsumsi protein dengan setiap makanan lengkap sebagaimana itu akan menjagamu tetap kenyang dan juga menghinari kenaikan gula arah yang menyebabkan keinginan untuk mengkonsumsi gula lebih.

#5. Perhatikan konsumsi buah-buahan

Buah adalah pilihan yang sesuai selama diet tapi ingat bahwa kebanyakan buah memiliki kadar gula tinggi dan dapat menghambat diet madumu. Baiknya kurangi buah-buahan yang kamu makan atau memilih buah-buahan rendah karbohidrat seperti berry dan kelembak.

#6. Hindari kentang olahan (potatoes)

Segala bentuk kentang dapat menyebabkan kadar insulin tubuhmu menurun. Diet madu mengharuskan kamu untuk menghindari memakan kentang dan olahannya.

Jadi, pada dasarnya, mulailah proses pembakaran lemak dengan menggunakan bahan akselerator alami (madu). Berbagai diet ketat yang mengurangi asupan karbohidrat secara ekstrim hanya akan mengagalkan latihan fisik dalam program dietmu. Dan itu malah kurang baik untuk kesehatan.

Pada dasarnya, kita membutuhkan energi untuk mengeluarkan energi. Pada beberapa diet yang sangat rendah gula, kita akan jadi tidak punya cukup energi, baik secara fisk maupun mental, untuk melakukan latihan fisik secara rutin. Tapi, dengan menggunakan madu sebagai alternatif pemanis makanan secara rutin, hal itu dapat meningkatkan energi sehingga kita bisa melakukan latihan fisik. Ada baiknya mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur secara rutin dengan dibarengi gaya hidup sehat lainya, tentu saja untuk mendapatkan hasil optimal.


Sumber: https://m.timesofindia.com/life-style/health-fitness/diet/Honey-diet-for-weight-loss/amp_articleshow/26841694.cms

One Response

Tinggalkan Balasan