fbpx

info@dailyhoney.co.id

Wah, Ternyata Madu Bisa Membantu Mengurangi Depresi dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak, Lho!?

Wah, Ternyata Madu Bisa Membantu Mengurangi Depresi dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak, Lho!?

Stres dan kecemasan adalah salah satu keluhan psikologis yang mungkin banyak dialami oleh orang-orang, terutama oleh generasi muda saat ini. Beberapa penyebab umum stres biasanya berhubungan dengan urusan pekerjaan, akademik, atau masalah pribadi yang belum terselesaikan.

Jika terus dibiarkan, hal ini bisa berujung pada gejala depresi dan bukan tak mungkin akan mengganggu produktivitas kita sehari-hari. Masalah ini tentu tak bisa dibiarkan terjadi, mengingat kesehatan mental adalah sama pentingnya dengan kesehatan fisik dan turut mempengaruhi kualitas hidup.

Salah satu cara yang dilakukan oleh orang-orang dalam mengatasi stres adalah dengan beristirahat sejenak agar bisa menyegarkan kembali pikiran yang sudah jenuh. Beberapa orang mungkin akan mengambil langkah dengan mencari pertolongan psikiater dan mengkonsumsi obat anti-depresan, jika gejala stres yang dialami sudah sampai pada level yang mengkhawatirkan.

Langkah ini mungkin dirasa tepat, karena tidak semua orang mungkin paham tentang kesehatan mental, sehingga berkonsultasi dengan ahli kejiwaan adalah pilihan yang tepat.

Depresi - Gejala, penyebab dan mengobati - Alodokter
Gambar. Stress dan kecemasan berkepanjangan merupakan salah satu dari gejala depresi, ketidakseimbangan kondisi mental yang bisa menganggu produktivitas penderitanya (via freepik.com)

Akan tetapi, pada kenyataannya mungkin tidak semua orang bisa mengambil pilihan tersebut, karena hal itu memerlukan biaya konsultasi yang tidak murah. Selain itu, beberapa obat-obatan anti-depresan, seperti ketamine, clorgyline, fluoxtine, imipramine, dlsb dikhawatirkan memiliki efek samping yang dapat menimbulkan ketergantungan penggunaan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, berbagai pertimbangan ini tentu merangsang kita untuk mencari alternatif yang lebih aman dikonsumsi dan juga efektif.

Salah satu produk makanan alami yang seringkali direkomendasikan adalah madu atau produk lebah turunannya.

Efek madu sebagai anti-depresan

Sebagaimana telah diketahui melalui berbagai studi, madu memiliki properti yang lengkap sebagai antioksidan, antimikroba, anti-peradangan, anti-karsinogen dan anti-depresan sekaligus dalam satu produk. Madu mengandung banyak senyawa bioaktif, seperti fenol dan flovonoid yang berperan dalam membantu mengatasi penyakit neurodegradatif (penurunan fungsi sistem saraf).

Manfaat madu secara psikologis memang baru sedikit diketahui oleh khalayak umum, namun sejauh ini telah ada penelitian yang membuktikan hal itu.

Sebuah studi yang didukung oleh Research Fund of Karadeniz Technical University menemukan bahwa madu, pollen, dan propolis berperan penting dalam menghambat oksidasi monoamine (MAO), yaitu jenis flavoprotein yang terdapat di luar membran mitokondria dari sel-sel syaraf dan non-syaraf.

Penghambat oksidasi monoamine (MAO Inhibitors) ini biasanya digunakan dalam treatment untuk menekan gejala depresi dan penyakit neurodegradatif, seperti Parkinson dan Alzheimer. Efek pencegahan pada propolis ini ditemukan paling siginifikan dalam studi ini. Secara keseluruhan, hasil dari studi ini menyimpulkan bahwa produk lebah tersebut memiliki efek menenangkan dan mungkin saja efektf dalam melindungi manusia dari melawan depresi dan penyakit serupa (Molecules, 2019; Journal of Enzyme Inhibition and Medicinal Chemistry, 2014).

***

Stres dan kecemasan seringkali menyebabkan masalah lainnya bagi si penderita, seperti mengalami kesulitan tidur di malam hari, yang berujung pada insomnia. Padahal, tidur adalah kebutuhan dasar manusia, sama pentingnya dengan aspek kesehatan lainnya sepreti diet dan olahraga.

Ketika kita tidur, napas dan detak jantung kita akan bekerja lambar dan otot-otot kita menjadi relaks. Sistem imun kita akan dipulihkan kembali, sel-sel akan beregenerasi dan memperbaiki diri, dan tubuh kita mengemat energi selama proses itu.

Dampak Buruk dari Gangguan Tidur

Bagi sebagian orang, kesulitan tidur bukanlah pilihan, melainkan karena kondisi yang disebabkan oleh masalah psikologis atau penyakit lainnya dalam banyak kasus. Gangguan tidur atau insomnia telah diketahui memiliki sejumlah efek negatif bagi tubuh, seperti:

  1. Refleks tubuh yang lamban,
  2. melemahnya metabolisme,
  3. Berkurangnya fungsi kognitif,
  4. Meningkatnya resiko obesitas dan hipertensi
  5. Penurunan fungsi kekebalan tubuh,
  6. Area hitam di sekitar mata
  7. Penglihatan yang kabur
  8. Kulit pucat dan kusam

Gangguan tidur yang akut juga dapat menyebabkan gangguan emosional, yang mana dapat memicu perilaku agresif, kelelahan, dan goncangan mood (mood swings) antara euforia dan depresi.

10 Dampak Buruk Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuhmu, Hindari Begadang!
Gambar. Kurang tidur memiliki banyak efek negatif bagi tubuh, diantaranya yaitu kelelahan, sulit berkonsentrasi dan timbul kantung mata (via shutterstock.com)

Bahkan, sebuah tes laboratorium yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa tikus putih yang dikondisikan tidak tidur selama berhari-hari pada akhirnya mati setelah hari kesepuluh karena kelelahan.

Walaupun sedang tertidur, otak tetap bekerja

Mungkin banyak orang berpikir bahwa ketika kita tidur berarti tubuh kita beristirahat sepenuhnya. Akan tetapi, otak kita sebenarnya menggunakan banyak energi di malam hari meskipun tubuh sedang beristirahat. Lalu, darimana otak mendapatkan energi selama kita tidur?

Salah satu sumber energi utama untuk otak adalah dari gula, khususnya gula yang tersimpan di organ hati (liver). Glikogen pada liver adalah pemberhentian pertama bagi otak untuk mendapatkan energi. Untuk meningkatkan kemampuan otak berfungsi sepanjang malam, memasok lebih asupan gula adalah kuncinya, dan madu adalah jenis gula alami yang pas untuk itu.

Sering terjaga saat tidur di malam hari?

Pernahkan kamu terjaga sendiri di tengah malam secara tiba-tiba? Entah karena kamu lapar atau hanya merasa tidak nyaman?

Ada kemungkinan besar bahwa otakmu terjaga untuk memberikan sinyal kekurangan energi dan butuh lebih banyak pasokan gula. Hati kita menampung 75-100 gram glikogen pada satu waktu. Sebagai informasi, tubuh kita mengkonsumsi 10 gram glikogen per jamnya.

Kebanyakan kita, cenderung makan malam lebih awal, sekitar pukul 7-8 malam, tapi tidak benar-benar tertidur sampai pada pukul 11-12 malam. Nah, dalam jeda waktu antara makan dan istirahat itu, tubuh kita sebenarnya telah menggunakan secara signifikan porsi glikogen yang telah kita simpan saat makan malam, dan hanya menyisakan kurang dari yang dibutuhkan untuk mengisi 8 jam tidur yang baik.

10 Trik agar Tidur Nyenyak - Health Liputan6.com
Gambar. Mengkonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak karena madu memiliki khasiat sebagai anti-depresan dan mencegah tubuh terbangun di malam hari karena kekurangan pasokan energi untuk otak bekerja (via shutterstock.com)

Jadi, ketika terbangun di tengah tidur malam yang lelap, otak kita sebenarnya memberi tahu tubuh kita, “hei, aku butuh lebih banyak energi!” dan seketika membangunkan kita dari tidur yang indah itu.

Solusi tidur nyenyak dengan madu

Satu sendok teh madu sebelum tidur adalah apa yang direkomendasikan oleh dokter pada umumnya. Cairan manis ini akan mengisi kembali organ hati dengan glikogen yang diperlukan untuk mencegah krisis energi pada otak di malam hari. Gula alami pada madu juga sedikit meningkatkan insulin, memungkinkan triptofan masuk ke otak.

Apa itu triptofan?

Triptofan adalah asam amino yang diubah menjadi niasin, vitamin B esensial. Niacin adalah pemain kunci dalam pembentukan serotonin, neurotransmitter yang diperlukan untuk menghasilkan melatonin dan membuat tubuh kamu tertidur. Tidak ada cara tambahan lain yang diperlukan ketika menggunakan madu untuk membantu tidur kamu dengan lebih baik.

Oh, tentu saja, kamu bisa menambahkan satu atau dua sendok madu ke dalam teh, membuat sedikit ramuan,  menambahkan sedikit kayu manis, atau cukup dengan segelas air hangat.

Selamat mencoba!


Referensi:

  1. https://beekeepersnaturals.com/blogs/blog/sweet-sleep-honey-helps-good-nights-sleep
  2. https://www.google.com/amp/s/www.dabur.com/daburhoney/amp/honey-for-anxiety.html
  3. https://www.benefit-of-honey.com/natural-cure-for-depression.html
  4. Journal of Enzyme Inhibition and Medicinal Chemistry

Tinggalkan Balasan