fbpx

info@dailyhoney.co.id

Wow! Inilah 5 Jenis Madu Terbaik di Dunia (FYI)

Wow! Inilah 5 Jenis Madu Terbaik di Dunia (FYI)

Wow! Inilah 5 Jenis Madu Terbaik di Dunia (FYI)Setiap kali membeli madu kamu mungkin akan menjumpai bahwa madu yang kamu beli tidak persis sama dengan kali pertama kamu membelinya. Perbedaan yang mungkin kamu temui antara lain adalah warna, aroma, rasa, dan bisa juga konsistensi madu tersebut.

Hal ini dirasa wajar karena lebah madu yang diternakkan oleh para petani lebah maupun yang hidup secara alami di hutan, bisa saja menghisap nektar dari berbagai jenis tanaman yang berbeda. Terlepas dari semua itu, Lebah selalu mampu memproduksi madu dengan kualitas yang baik.

clear-glass-bowl-beside-yellow-flower-1638280 (1)
Gambar. Segelas madu segar dari nektar bunga matahari (pexels.com)

Lebih lanjut, banyak faktor yang mempengaruhi kualitas madu antara lain: waktu panen yang tidak tepat dalam artian madu sudah dipanen ketika kandungan airnya masih tinggi, madu terkontaminasi atau tidak steril, mengalami pemanasan, kesalahan dalam penyaringan yang berimbas pada kualitas madu dan lain sebagainya.

Omong-omong tentang madu berkualitas, pernah kah kamu mencicipi salah satu dari 5 jenis madu terbaik di dunia ini? Kira-kira kenapa ya ke 5 madu tersebut bisa dinobatkan sebagai madu terbaik di dunia? Apa yang istimewa dengan ke 5 jenis madu ini sehingga disematkan sebagai madu terbaik?

Menurut Dr. Mochamad Chanda Widjaja seorang pakar lebah dari Beekeeping Galton University Australia, inilah daftar 5 madu tebaik di dunia berikut info selengkapnya..

#5. Madu Beech Honeydew

Beech Honeydew Honey | Exquisite NZ Honeys that Families can Afford
Ilustrasi via mountainvalleyhoney.co.nz

Madu Beech Honeydew memiliki ciri antara lain: berwarna cukup gelap, cairannya kental menyerupai bubur. Tidak seperti madu pada umumnya madu beech honeydew mengandung mineral yang lebih banyak dari madu pada umumnya, dan madu jenis ini tidak mengkristal, lho honey lovers!

#4. Madu Bunga Heather

herbal honey with heather flowers
Ilustrasi via depositphotos.com

Madu Heather merupakan madu yang berasal dari nektar bungan Calluna Vulgaris L. Yang berwarna kuning tua atau merah kecoklatan, meskipun terasa agak sepat namun aromanya enak. Memiliki karakteristik bentuk sarang lebah madu yang cukup tebal kalau diperhatikan, selain itu rasanya teramat manis, dan saat dimakan ada sensasi rasa meleleh didalam mulut.

Kabarnya salah satu madu terbaik jenis ini tidak akan bisa kamu temui di negara manapun, selain di Skotlandia.

#3. Madu Hymettus

Alexandra Pitta-Chazapi talks on how her family company Attiki ...
Ilustrasi via souththesummit.com

Untuk kamu ketahui, honey lover! Madu yang satu ini sudah populer sejak lebih dari 3.000 tahun lalu dan bertahan sampai saat sekarang ini sebagai salah satu dari 5 madu terbaik di dunia.

Sesuai namanya ternyata madu ini berasal dari sebuah gunung bernama Hymettus yang terdapat di wilayah dekat Athena, Yunani. Orang Yunani pada zaman dahulu biasa mengonsumsi madu ini sebagai hidangan penutup, tepatnya dengan cara menuangkan madu hymettus pada yoghurt tawar.

#2. Madu Sidr

Sidr Honey 250g, Food & Drinks, Instant Food on Carousell
Ilustrasi via sg.carousell.com

Madu Sidr Berasal dari daerah pegunungan Hadramaut di negara Yaman dan Arab Saudi, dimana habitat lebah madunya sendiri berada disekitar pohon suci yang bernama Sidr.

Madu Sidr diproduksi hanya dua kali dalam setahun, sehingga tidaklah heran madu jenis ini termasuk dalam jenis madu dengan harga termahal di dunia.

Honey lover, adakah yang berminat? Kalau iya, siap-siap nabung dari sekarang ya.. hehe :3

#1. Madu Manuka

Manuka Honey: Uses, Benefits, and More
Ilustrasi via healthline.com

Nah, dari ke-5 jenis madu yang digadang-gadang sebagai madu terbaik di dunia ini, mungkin inilah satu-satunya jenis madu yang pernah kamu dengar, familiar atau malah kamu sudah punya stoknya di rumah? Yeps! Madu Manuka. Madu jenis ini sudah banyak dijual di Indonesia.

Sudah dari sejak lama madu manuka digunakan dalam proses pengobatan oleh suku bangsa asli di Selandia Baru tepatnya bangsa Maori, tidak lain karena dalam madu ini terkandung Methylglyoxal (MGO) sebagai senyawa antibakteri.

Madu Manuka memiliki rasa yang manis dan lezat dengan madunya berwarna gelap.


Sumber:

  1. https://www.kompasiana.com/maduyaman1532/5ba7aa386ddcae01845158c2/hebat-5-jenis-madu-terbaik-di-dunia
  2. https://www.beritasatu.com/nasional/236272-ini-5-madu-terbaik-di-dunia

Tinggalkan Balasan